Irup Harla Pancasila, ROR: Kita Indonesia, Kita Pancasila


Tondano-Bupati Kabupaten Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi (ROR) bertindak selaku inspektur upacara (Irup) pada peringatan Hari Lahir (Harla) Pancasila ke-74 yang digelar di Halaman Kantor Bupati Minahasa di Tondano, Sabtu (01/06).

Pada kesempatan ini pun Bupati ROR membacakan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia.

“Pada hari ini Sabtu 1 juni 2019, kita patut panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa,karena kita dapat berkumpul dan mengadakan upacara memperingati Hari Kelahiran Pancasila. Pancasila mampu menyatukan kita semua sebagai satu bangsa dan hidup dalam negara kesatuan Republik Indonesia. Sebagaimana yang sudah kita ketahui semua bahwa kondisi geografis yang memposisikan wilayah Indonesia sebagai negara kepulauan makin memperkokoh konsep dan keyakinan akan tanah air Indonesia,” baca Bupati ROR.

“Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi ke-Indonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat pancasila. Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Berkat Pancasila yang berkelindan dengan nilai nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah. Berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan selogan ‘Bhineka Tunggal Ika.’ Dalam konteks itulah, sesuai dengan pesan Presiden Jokowi bahwa memperingati dan merayakan Hari Kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 juni merupakan suatu keniscayaan. Pertama kita berusaha mengenang dan merefleksikan momentum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai nilai fundemental bangsa Indonesia sebagai dasar negara sehingga Bangsa Nusantara yang beragam dapat bersatu dan menyatu sebagai satu Bangsa,” bebernya lagi.

“Peringatan Hari Kelahiran Pancasila 1 juni bukan sesuatu yang terpisah dari momentum perumusan ‘Piagam Jakarta’ oleh ‘Panitia Kecil’ tanggal 22 Juni dan pengesahan Pancasila dalam pembukaan UUD 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 18 agustus 1945. Jadi tiga peristiwa penting tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Dengan demikian, kita harapkan perdebatan tentang kelahiran Pancasila sudah tidak diperlukan lagi. Yang diperlukan mulai saat ini adalah bagaimana kita semua mengamalkan dan mengamankan Pancasila secara simultan dan terus menerus. Kedua, dengan merayakan hari kelahiran Pancasila kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara dan bernegara yang lebih baik. Pancasila sebagai ‘leitstars dinamis,’ bintang penuntun mengandung visi dan misi negara yang memberikan orientasi arah perjuangan dan pembangunan bangsa ke depan. Tema peringatan Hari lahir Pancasila tahun 2019, Kita Indonesia, Kita Pancasila," tandas Bupati ROR.

“Sesuai dengan pesan Presiden Jokowi bahwa memperingati dan merayakan Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni merupakan Keniscayaan. Mari kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. Pancasila sebagai energi positif bangsa, terus memberikan harapan untuk masa depan, khususnya dalam merealisasikan visi dan misi Bangsa Indonesia. Karena Indonesia untuk kita semua dan Pancasila adalah rumah kita semua. ‘Kita Indonesia Kita Pancasila’ adalah sosok yang percaya diri, optimis dan penuh harapan dalam menatap masa depan sebagai bangsa yang maju, adil dan makmur. Mari kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan, urainya.  

Bupati ROR menambahkan, hal ini patut disyukuri karena pemilihan umum sudah terlaksana dan semua sudah berpartisipasi. 

“Kita memberikan apresiasi kepada KPU, Bawaslu, Panwas, PPK sampai kepada petugas KPPS juga Kapolres Minahasa, Dandim 1302 Minahasa, Kajari Minahasa bersama seluruh jajaran yang ada karena sudah melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Di tengah-tengah suasana kita memperingati hari lahir pancasila dan memasuki Hari Raya Idul Fitri kiranya tetap dalam kondisi yang aman dan damai,” ujar Bupati ROR. 

“Kepada saudara-saudaraku umat Muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa yang sebentar lagi akan merayakan Hari Idul Fitri yang adalah Hari Kemenangan, selamat menyongsong hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah,” ucapnya lagi.

Beliau memyampaikan apresiasi kepada kita semua karena oleh karena berkat tuntunan Tuhan, Kabupaten Minahasa boleh mendapat opini WTP dari BPK-RI atas Pengelolaan Keuangan Tahun 2018. 

“Ini merupakan WTP yang ke 5 dan ini juga merupakan kerja keras dan kerjasama dari kita semua,” ujarnya. 
“Kiranya Momentum Opini WTP ini dapat menjadi momentum kita untuk menkoreksi diri lebih disiplin dan lebih teliti lagi dalam pengelolaan keuangan dan aset-aset daerah,” tambahnya lagi.

“Kedepannya setiap 3 bulan akan diadakan rekon untuk seluruh kepala SKPD, kepala sekolah, kepala RSUD dan pihak pengelola keuangan dan pengelola kegiatan. Dan kita sudah masuk dalam bulan Juni untuk itu mari kita tingkatkan penyerapan APBD untuk beberapa bulan ke depan. Dan diimbau pada seluruh SKPD yang membidangi pelayanan publik agar tetap dibuka. Demikian juga mengenai keamanan dan ketertiban harap terus diperhatikan,” jelas Bupati ROR yang juga menyampaikan apresiasi kepada kepala RSUD Dr Sam Ratulangi Tondano beserta jajarannya  yang sudah mendapat akreditasi yang akan memicu dalam peningkatan performance dan pelayanan kepada masyarakat.

“Kepada kita semua yang akan memasuki hari libur panjang marilah kita tinggalkan kantor kita dengan menjaga keamanan listrik agar tidak terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan seperti kebakaran bukan hanya di kantor tetapi juga di rumah, mari kita terus waspada mencegah terjadinya kebakaran, dan yang terakhir beliau menegaskan juga kepada seluruh ASN untuk wajib hadir dalam apel awal bulan Juni pada tanggal 10 Juni 2019, karena daftar hadir akan dikirim di pusat di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia,” pungkasnya. 

Turut hadir pada upacara ini Forkopimda Minahasa, Sekretaris Daerah Minahasa Jeffry Korengkeng SH MSi, dan jajaran Pemkab.(mrk)

COMMENTS

Nama

.Demokrat Sulut,1,advetorial,376,Aldrin Christian,2,Ardiles Mewoh,4,balai wilayah sungai 1 sulut,1,Banteng Muda Indonesia,2,Bantuan Benih Ikan,1,Bapas,5,Bapas Manado,22,Bawaslu,2,Bawaslu Sulut,10,Baznas Boltim,1,Benny Mokoginta SP,1,berita,1,berita utama,3288,Berty Kapoyos,3,Billy Kaeng,1,Billy Lombok,3,bitung,970,BKMT,1,BKPSDM,1,bolmong,86,Bolmut,67,Bolsel,5,Boltim,15,BP2JK,1,BPJN,1,BPJN Sulut,1,BPJS Kesehatan,1,BPK RI,1,braien waworuntu,1,Brigjen TNI Wakyono,1,Budidaya Ikan Air Tawar,1,Bupati Sam Sachrul Mamonto,5,Camat Feine Sumual,1,Damkar Kota Manado,1,Danau Mooat,1,Dapur sehat lembaga pemasyarakatan lapas tondano di resmikan kakanwil kemenkumham sulut .minahasa,1,Demokrat Sulut,6,Desa Buyat,1,Desa Dodap,1,Devi Kumaat,1,Dinas Pertanian Boltim,1,Dispar Boltim,1,Disperik,1,DKPP,1,Donny Rumagit,1,DPM-PTSP,1,DPMD,1,DPMD Boltim,1,DPR RI,4,DPRD Kota Manado,1,DPRD Sulut,35,Drs. Rusmin Mokoagow,1,ekonomi,388,Erwin Tandayu,2,Fabian Kaloh,1,felly estelita runtuwene,19,felly estita runtuwene,3,Ferry Liando,2,Firly Bahuri,1,Forward,1,Fraksi Partai Golkar,1,ganjar pranowo,1,Gerdal Fenomena El-Nino,1,Hendro Kartiko,1,Hendry Walukouw,4,Hotel Discovery Ancol Jakarta,1,hukrim,556,infrastruktur,221,Inggried J.N.N Sondakh,1,Irjen (Pol) Yudhiawan,1,jeane laluyan,1,jems tuuk,5,JKN KIS,1,kaesang pangarep,2,Kanwil Kemenkumham Sulut,1,Kapolda Sulut,1,Karang Taruna Boltim,1,Kebakaran,1,Kemenkeu RI,1,Kemenkumham,3,Komisi 1,1,komisi 3,1,komisi III,1,Korem 131 Santiago,1,korupsi,1,Kotamobagu,49,KPK RI,3,kpu,1,KPU Manado,1,KPU Minsel,1,KPU RI,2,KPU Sulut,12,Liwas,1,manado,1927,manafo,1,melky pangemanan,2,Meykin Modeog,1,Meykin Modeong,1,Mianahasa,6,minahasa,2445,Minahasa-,1,minsel,693,minut,746,mitra,941,MORR III,1,Motongkad,1,Muhammad Jabir,1,Munahasa,1,nasional,1283,Nawawi Pomolango,1,Niklas Silangen,1,nusa utara,384,olahraga,324,Orari Sulut,1,P3K Tenaga Teknis,1,Pansus Ranperda Kebudayaan,1,Panwas Manado,1,pariwisata,255,Partai Golkar,1,Partai Nasdem,7,Partai Nasdem Sulut,3,pdi perjuangan,1,Pegadaian Liga 2,11,pemilihan Umum 2024,1,Pemilu 2024,3,Pemkab Boltim,1,Pemprov,3,Pengucapan Syukur,1,pileg 2024,2,Pilkada Minut,1,Pilkada Sitaro,1,Pilkada Sulut,1,PJ Bupati minahasa Dr.Jemmy Kumendong trimah kunker bupati Semarang Hj.Basri,1,Polda Sulut,4,politi,1,politik,1751,Polri,1,Pondok Pesantren Tebuireng Ireng VII,1,prabowo,1,prabowo subianto,1,Pulau Bombuyanoi,1,Pusat Diving Center,1,q,5,Ranomuut,1,rasky mokodompit,2,Reses DPRD,2,Sam Sachrul Mamonto,4,Sandra Moniaga,1,Sandra Rondonuwu,1,Sekretariat DPRD Sulut,3,Seska Ervina Budiman S. Sos,1,Sosialisasi Izin Usaha,1,sulut,5670,Sulut United,15,Survei Penilaian Integritas,1,surya paloh,1,THL,1,tomohon,369,toni supit,1,totabuan,437,UNAR SULUT,1,v,2,video,1,Viktor Mailangkay,1,WBK,2,William Billy Kaeng,3,yongkie limen,1,
ltr
item
KabarOk.com - Kabar dikabarkan: Irup Harla Pancasila, ROR: Kita Indonesia, Kita Pancasila
Irup Harla Pancasila, ROR: Kita Indonesia, Kita Pancasila
Irup Harla Pancasila, ROR: Kita Indonesia, Kita Pancasila
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjTlteb5fFrwq-mGeqCk-Mu5D3Xge1dp1bYRDuKjXFRGTgPsieDAEEMBshhXfPjUw5XhVJvdTCVGT_IlToR7McDaOaiQA4X2OeAO4cwWatL-mdSIz3uP8IXI24jyYNcCRTJVPqMPQL-R8Y/s640/2c95e886-6fcd-44b9-af3b-ecbf077c31da.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjTlteb5fFrwq-mGeqCk-Mu5D3Xge1dp1bYRDuKjXFRGTgPsieDAEEMBshhXfPjUw5XhVJvdTCVGT_IlToR7McDaOaiQA4X2OeAO4cwWatL-mdSIz3uP8IXI24jyYNcCRTJVPqMPQL-R8Y/s72-c/2c95e886-6fcd-44b9-af3b-ecbf077c31da.jpg
KabarOk.com - Kabar dikabarkan
https://www.kabarok.com/2019/06/irup-harla-pancasila-ror-kita-indonesia.html
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/2019/06/irup-harla-pancasila-ror-kita-indonesia.html
true
3875780352725475842
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU TAG ARCHIVE SEARCH SEMUA BERITA Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy