Bupati Sumendap Sorot Politik Uang di Sosialisasi dan Pengawas Pilhut Mitra


Ratahan-Pemkab Minahasa Tenggara (Mitra) menggelar sosialisasi dan pengawas pemilihan hukum tua, serta deklarasi pemilihan hukum tua (Pilhut) serentak Tahun 2019, di Sport Hall Kantor Bupati, Jumat (13/09).

Dalam sambutannya Bupati Mitra James Sumendap SH, mengatakan bahwa dari 100 desa yang awalnya direncanakan menggelar Pilhut, tiga desa diantaranya harus ditunda pelaksanaannya.

“Jadi hanya 97 desa yang akan menggelar Pilhut serentak ini. Tiga desa lainnya, yakni Ratatotok Muara, Ranoketang atas, dan Minanga, harus ditunda pelaksanaannya karena hanya satu calon,” ungkapnya.

Dikatakannya, Kumtua dan bupati tanggung jawabnya sama, hanya berbeda pada wilayah pemerintahan yang lebih kecil. 

Menurutnya, saat ini yang dicari adalah pemimpin yang berkualitas, bukan sekedar hanya punya dukungan, apalagi uang.

“Sehebat apapun kepala daerah kalau Hukum Tua tak punya kemampuan untuk memimpin, tak pernah punya pengalaman dalam organisasi di gereja atau masjid, tak pernah terlibat dalam sosial masyarakat, hanya karena punya uang lalu ingin menjadi hukum tua maka daerah sulit untuk maju,” tandasnya.

Dirinya mengajak semua masyarakat untuk bersama menjaga marwa demokrasi, apalagi Mitra menjadi yang pertama di Republik Indonesia, dimana dalam Pilhut menyiapkan panwas dan personil untuk pengamanan, serta melakukan fit and proper tes.

“Saya minta semua tokoh masyarakat, tim sukses, calon dan para pendukung, serta seluruh masyarakat untuk bersama menjaga keamanan selama penyelenggaraan Pilhut,” ujarnya.

Lanjut ditambahkannya, kalau ada yang kurang puas karena ada calonya yang tak lolos fit and proper test maka tidak perlu ada riak-riak dan memprovokasi masyarakat.

Dirinya mempersilahkan menempuh jalur Hukum ke PTUN dan nanti tim penguji yang adalah para teknokrat dari Unsrat, Unima, dan Politeknik yang akan membuktikan karena mereka memiliki standar nilai yang bisa dipertanggung jawabkan secara ilmiah.

“Mitra satu-satunya yang lakukan fit and proper test dengan menghadirkan para teknokrat dari Unsrat, Unima, dan Politeknik sebagai tim penguji. Jadi Kalau ada calon yang tidak lolos maka jangan tanya ke Bupati, Kadis PMD dan Camat. Silahkan gunakan jalur yang sepantasnya,” tukasnya.

Ditegaskannya, pihak Kepolisian tidak perlu ragu untuk memberikan penindakan dan menangkap pihak yang melakukan provokasi dengan maksud memecah belah dan mengacaukan daerah.

“Kalau ada yang memprovokasi langsung tangkap. Masa depan seratus desa ini tidak boleh dikorbankan oleh orang-orang yang tidak ingin Indonesia, lebih khusus Mitra bersatu, dan tidak ingin demokrasi menjadi lebih baik,” pungkasnya.

Di akhir kegiatan dilakukan Deklarasi Damai oleh 275 calon hukum tua di 97 desa yang akan menggelar Pilhut, untuk bersama-sama mendukung dan menciptakan Pilhut yang berintegritas, tanpa money politic.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kapolres Minsel AKBP FX Winardi Prabowo dan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Minsel I Wayan Eka Miarta, jajaran Pemkab Mitra, para calon Hukum Tua, serta panitia dan pengawas.(mrk)

COMMENTS

Nama

advetorial,215,berita utama,1792,bitung,258,ekonomi,263,hukrim,322,infrastruktur,176,manado,1241,minahasa,1698,minsel,544,minut,488,mitra,823,nasional,977,nusa utara,237,olahraga,185,pariwisata,218,politik,788,sulut,2772,tomohon,262,totabuan,353,v,2,video,1,
ltr
item
KabarOk.com - Kabar dikabarkan: Bupati Sumendap Sorot Politik Uang di Sosialisasi dan Pengawas Pilhut Mitra
Bupati Sumendap Sorot Politik Uang di Sosialisasi dan Pengawas Pilhut Mitra
Bupati Sumendap Sorot Politik Uang di Sosialisasi dan Pengawas Pilhut Mitra
https://1.bp.blogspot.com/-nGlaLr1Nrgc/XX5SAJAVNfI/AAAAAAAAVDg/iM7J6V27nE8xJxX5GvKOqv0oxRPSmJLzgCLcBGAsYHQ/s640/9e4c156b-70dc-450e-b335-be94842e6a33.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-nGlaLr1Nrgc/XX5SAJAVNfI/AAAAAAAAVDg/iM7J6V27nE8xJxX5GvKOqv0oxRPSmJLzgCLcBGAsYHQ/s72-c/9e4c156b-70dc-450e-b335-be94842e6a33.jpg
KabarOk.com - Kabar dikabarkan
https://www.kabarok.com/2019/09/bupati-sumendap-sorot-politik-uang-di.html
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/2019/09/bupati-sumendap-sorot-politik-uang-di.html
true
3875780352725475842
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU TAG ARCHIVE SEARCH SEMUA BERITA Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy