Pimpin Dekranasda Sulut di Rakernas Dekranas 2019, Ibu Rita Dorong Potensi Kerajinan Daerah


DEWAN Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulut, yang dipimpin langsung Ketua Ny Ir Rita Dondokambey-Tamuntuan menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dekranas 2019 di Lantai 16 Gedung Serba Guna Jenderal AH Nasution, Kementerian Pertahanan RI, Jakarta, Selasa (10/09). 

Adapun kegiatan yang digelar Kementerian Pertahanan selaku tuan rumah Rakernas Dekranas 2019 ini mengusung tema ‘Bekerja Dengan Hati Untuk Memajukan Kerajinan Indonesia.’ 

Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu didampingi istri tercinta Ny Nora Ryamizard-Ryacudu berkesempatan menyambut Ketua Umum Dekranas, yang juga Ibu Kerajinan Nasional dan Ibu Wakil Presiden Mufidah Jusuf Kalla dan juga Presiden RI ke-5 Hj DR (HC) Megawati Soekarnoputri.

Foto bersama Dekranasda Sulut bersama pengurus  Dekranasda pusat usai pembukaan Rakernas Dekranasda di Jakarta, Selasa (10/09).
   
Ketua Dekranasda Sulut Ny Ir Rita Dondokambey di sela-sela acara mengatakan, Dekranasda Sulut menjadi salah satu peserta Rakernas Dekranas 2019, dan juga di hari berikutnya, akan mengikuti gelaran Pameran Karya Nusantara (Kriyanusa) 2019 yang dimulai dari 11–15 September 2019 di Balai Kartini Jakarta.

Menurut istri tercinta Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE itu, ajang Rakernas Dekranas ini momentum ini untuk mendorong kreativitas dan potensi kerajinan kecil atau rumahan di daerah lebih bekembang serta dipromosikan di level nasional.      
   
“Dekranasda Sulut akan mengikuti pameran Kriyanusa 2019. Kita akan tampilkan produk kerajinan unggulan Sulut,” ungkap Ibu Rita.

Ketua Dekranasda Sulut Rita Tamuntuan tampak bersama pengurus pusat pada salah satu kegiatan di Rakernas.


Berkaitan dengan Rakernas ini, Ibu Rita menjelaskan bahwa salah satu program dari Dekranas untuk mengevaluasi program, baik yang dilaksanakan oleh pungurus pusat, maupun daerah provinsi dan kabupaten/kota.

“Rakernas ini juga dilaksanakan untuk memberikan arah kebijakan tentang pengembangan indutri kecil menengah di daerah yang secara bersama bersinergi dengan program Dekranas pusat,” katanya.

Di samping Rakernas, pameran Kriyanusa juga akan menampilkan produk hasil karya kerajinan para IKM dan UKM.

Ketua Ibu Rita di saat pembukaan Rakernas Dekranas 2019 di Jakarta, Selasa (10/09).   

“Dengan demikian akan memotivasi para pengrajin di daerah untuk terus meningkatkan kreativitas dan inovasi sehingga dapat merebut pasar nasional dan internasional sebagai produk ekspor,” tutup sosok yang juga Ketua TP PKK Sulut itu.

Sebelumnya pada pembukaan Rakernas ini ditandai dengan pemukulan alat musik talempong oleh Ketua Umum Dekranas Ny Mufidah Jusuf Kalla dengan didampingi Ny Nora Ryamizard Ryacudu dan Ibu Mendagri Ny dr Erni Tjahjo Kumolo.

Ketua Umum Dekranas Ny Mufidah Jusuf Kalla dalam sambutannya berharap bahwa penyelenggaraan Rakernas 2019 ini akan menjadi momentum bagi pengembangan kerajinan nasional Indonesia dari berbagai daerah sebagai bentuk ciri khas dan seni tradisional yang melambangkan kemajemukan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang bersatu dalam bingkai Kebhinekaan.

Suasana pembukaan Rakernas Dekranas 2019 di Jakarta, Selasa (10/09).   

“Dekranas merupakan lembaga mitra pemerintah khususnya dalam membina dan mengembangkan produk kerajinan yang bernilai budaya menjadi produk bernilai ekonomi, yang dapat mengangkat harkat dan martabat perajin Indonesia. Hasil Perajin saat ini telah menjadi salah satu penyumbang perekonomian dari sektor ekonomi kreatif, fashion, dan kuliner,” kata Mufidah.

Lanjutnya, dengan tema ‘Bekerja dengan Hati untuk Memajukan Kerajinan Indonesia,’ ini mengandung makna yaitu bertekad, bekerja keras, serta ikhlas tanpa pamrih untuk memajukan produk kerajinan demi memenangkan persaingan di pasar global. Katanya, kerajinan tumbuh sangat bervariasi dari skala mikro kecil sampai skala menengah dengan berbagai kendala yang ada. Seperti pemasaran, permodalan dan teknik produksi. Beberapa produk sudah berhasil menembus pasar ekspor namun persaingan di pasar global semakin ketat.

Untuk itu, katanya, diperlukan upaya nyata untuk mendorong pengrajin agar dapat bersaing di pasar global. Peran Dekranas dan Dekranasda sangat diperlukan terutama dalam penigkatan kompetensi sumber daya manusia perajin serta progam pembinaan yang tepat sehingga pada gilirannya dapat menghasilkan produk kerajianan yang kreatif, berkualitas berbasis tradisi dan warisan budaya yang menguasai pasar dalam negeri dan internasional.

Wakil Ketua TP PKK Sulut Devi Kandouw-Tanos bersama sejumlah perwakilan dari kabupaten kota asal Sulut juga turut hadir pada pembukaan Rakernas Dekranas 2019.
   

Dia juga mengajak seluruh peserta untuk meningkatkan kemampuan sumber daya, kreatifitas dan teknologi untuk memenuhi selera pasar yang diminati dan memiliki daya saing di pasar nasional dan global.

“Semoga pencerahan yang diberikan narasumber dalam Dekranas dapat dijadikan bekal bagi Dekranas dan Dekranasda untuk memaksimalkan produk kerajinan,” ungkapnya.

Masih dalam satu rangkaian Rakernas Dekranas 2019, ditampilkan juga materi pencerahan mengenai ‘Hak Kekayaan Intelektual’ yang dibawakan oleh Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri.

Megawati menjelaskan akan pentingnya hak paten masuk dalam sebuah ilmu yaitu hak kekayaan intelektual. 

“Pada prinsipnya hak paten akan bisa dilakukan secara lokal dan internasional. Sebaiknya produk-produk dipatenkan dari hulu ke hilir untuk menghindari pemalsuan produk,” kata Megawati.

Untuk itu perlu adanya kerjasama dengan pemerintah dalam hal ini Kementerian Hukum dan HAM dengan harapan dapat menggerakkan para pengrajin mengingat pesaing terberat Indonesia saat ini dalam masalah HAKI adalah Thailand, Vietnam, dan Myanmar.

(Advetorial Biro Protokol dan Humas Setdaprov) 

COMMENTS

Nama

advetorial,139,berita utama,1157,bitung,115,ekonomi,160,hukrim,226,infrastruktur,138,manado,620,minahasa,1209,minsel,353,minut,238,mitra,546,nasional,661,nusa utara,124,olahraga,163,pariwisata,184,politik,533,sulut,1995,tomohon,138,totabuan,177,v,1,video,1,
ltr
item
KabarOk.com - Kabar dikabarkan: Pimpin Dekranasda Sulut di Rakernas Dekranas 2019, Ibu Rita Dorong Potensi Kerajinan Daerah
Pimpin Dekranasda Sulut di Rakernas Dekranas 2019, Ibu Rita Dorong Potensi Kerajinan Daerah
Pimpin Dekranasda Sulut di Rakernas Dekranas 2019, Ibu Rita Dorong Potensi Kerajinan Daerah
https://1.bp.blogspot.com/-cyqqsGG7zfc/XXhi3eamV0I/AAAAAAAAU80/HYc5ZEPRumIUzgJMAQ2qfob8wk0NZzHoACLcBGAsYHQ/s640/12d73a1f-4c1b-4039-aeda-4823a7a86b32.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-cyqqsGG7zfc/XXhi3eamV0I/AAAAAAAAU80/HYc5ZEPRumIUzgJMAQ2qfob8wk0NZzHoACLcBGAsYHQ/s72-c/12d73a1f-4c1b-4039-aeda-4823a7a86b32.jpg
KabarOk.com - Kabar dikabarkan
https://www.kabarok.com/2019/09/pimpin-dekranasda-sulut-di-rakernas.html
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/2019/09/pimpin-dekranasda-sulut-di-rakernas.html
true
3875780352725475842
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU TAG ARCHIVE SEARCH SEMUA BERITA Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy