Bupati JS Ingatkan Kumtua Bayar Pajak di Rakerga


Manado-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) menggelar Rapat Kerja Gabungan (Rakerga), bersama seluruh jajaran pejabat Pemkab di aula Sport Hall Mitra, Selasa (18/02/2020).

Raker tersebut dihadiri Bupati James Sumendap, Wakil Bupati (Wabup) Jesaja J O Legi, Sekretaris Daerah (Sekda) David Lalandos, bersama jajaran Pemkab Mitra lainnya.

Kegiatan yang diprakarsai Sekretariat Daerah Mitra ini juga turut dihadiri oleh pihak Bank Sulut Go, BPS Minahasa Selatan (Minsel), dan KPP Pratama, serta BPKP.

Dan diikuti 997 perangkat kecamatan, perangkat desa, kepala Puskesmas dan kepala sekolah yang ada di Minahasa Tenggara, dengan membahas sejumlah program pemerintah untuk tahun 2020 ini, diantaranya penggunaan sistem non tunai dalam dana desa.

Bupati James Sumendap mengingatkan kepada jajarannya, terutama hukum tua terkait pentingnya bayar pajak.

“Bayar pajak itu penting karena ini menjadi rekam jejak kita. Jadi kalau tidak ada rekam jejak ini kemudian hukum tua sudah punya mobil atau rumah besar langsung ketahuan,” tukas Bupati JS.

Dirinya juga mengingatkan khusus bagi para hukum tua terkait penggunaan sistem non tunai.

“Jadi sekarang bendahara, apalagi hukum tua tidak lagi pegang uang. Semua sudah menggunakan sistem non tunai. Dengan begitu hukum tua tidak perlu disibukan dengan pembayaran barang,” tuturnya.

Wakil Bupati Jesaja Legi mengharapkan agar materi yang diberikan nantinya bisa dipahami dan diterapkan sesuai dengan mekanisme yang dipaparkan.

“Beberapa pokok bahasan kali ini yang terkait program non tunai, penggunaan aplikasi kas daerah (Kasda) online, sensus penduduk, dan persoalan pajak diharapkan dapat diikuti dengan baik dan dapat diterapkan oleh peserta,” ungkap Wabup Legi.

Sementara itu, Sekda Mitra David Lalandos menegaskan, hasil yang didapat dalam rapat kerja ini nantinya bisa diteruskan kepada jajaran yang lain dan juga masyarakat.

“Salah satu yang nantinya bakal dibahas, yakni masalah sensus penduduk karena diketahui Kabupaten Mitra masih terendah dalam memasukan data penduduk. Untuk itu perlu adanya kerjasama antara pemerintah dan masyarakat dalam menyikapinya,” tandas David Lalandos.

Selain itu, terkait dengan kas daerah (Kasda) pada Tahun 2020 ini, Badan Keuangan Daerah (BKD) Mitra bakal menggunakan sistem online dalam mengelola keuangan daerah.

Terkait hal ini Kepala Badan (Kaban) Keuangan Mecky Tumimomor mengatakan, diharapakan kepada para pejabat desa agar bisa lebih paham terkait sistem kasda online yang mulai diterapkan tahun ini.

“Dengan program ini, semua bisa lebih praktis lagi dalam kepengurusan masalah administrasi karena kita bekerjasama dengan Bank Sulut Go. Bila kita memahami sistem dan semua berjalan sesuai dengan tupoksi maka program ini bisa meminimalisir penyalahgunaan Dana Desa (Dandes) nantinya,” ujar Mecky Tumimomor.

Dengan adanya ketentuan ini yang diatur dalam UU terkait sistem non tunai maka Pemkab Mitra terus bergerak menyikapi hal tersebut.

“Merujuk pada aturan Permendagri No 8, sistem non tunai ini sangat penting bagi kita semua. Selain terhindar dari penyalahgunaan dan mempermudah pemeriksaan BPK. Karena semua jelas sesuai dengan yang tercatat dalam aplikasi khasda versi terbaru 4.0,” pungkasnya.(mrk)

COMMENTS

Nama

advetorial,256,berita utama,2057,bitung,330,ekonomi,302,hukrim,389,infrastruktur,197,manado,1499,minahasa,1790,minsel,565,minut,583,mitra,885,nasional,1081,nusa utara,256,olahraga,193,pariwisata,225,politik,913,sulut,3139,tomohon,267,totabuan,385,v,2,video,1,
ltr
item
KabarOk.com - Kabar dikabarkan: Bupati JS Ingatkan Kumtua Bayar Pajak di Rakerga
Bupati JS Ingatkan Kumtua Bayar Pajak di Rakerga
Bupati JS Ingatkan Kumtua Bayar Pajak di Rakerga
https://1.bp.blogspot.com/-fC1kOJN21oQ/Xkx4A1kdwwI/AAAAAAAAW1k/7EQNlkFOvnwS9FLNJg79tgvsxYC7P23VACLcBGAsYHQ/s640/IMG-20200219-WA0001.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-fC1kOJN21oQ/Xkx4A1kdwwI/AAAAAAAAW1k/7EQNlkFOvnwS9FLNJg79tgvsxYC7P23VACLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200219-WA0001.jpg
KabarOk.com - Kabar dikabarkan
https://www.kabarok.com/2020/02/manado-pemerintah-kabupaten-pemkab.html
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/2020/02/manado-pemerintah-kabupaten-pemkab.html
true
3875780352725475842
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU TAG ARCHIVE SEARCH SEMUA BERITA Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy