Kapolda Lumowa Siap Berantas PETI di Mitra, JS Apresiasi


Ratahan-Pertambangan Emas Tanpa Ijin (PETI) di Ratatotok Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) memdapat perhatian serius dari Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Drs Royke Lumowa,M.M.

Hal ini terungkap saat Kapolda Lumowa melakukan kunjungan dadakan ke Kabupaten Mitra Rabu (11/03/2020).

Di depan Bupati Mitra James Sumendap (JS) dan Kapolres Mitra AKBP Robby Rahardian, 
Kapolda Lumowa pun mengatakan, tambang ilegal apapun bentuknya tidak boleh dibiarkan.

“Kenapa tidak boleh dibiarkan karena ini merusak lingkungan dan ada banyak kriminalitas, yakni ada yang terbunuh dan dibunuh. Terbunuh artinya mungkin bisa tertimbun tanah dalam lubang atau kena excavator, sedangkan dibunuh karena perebutan lahan atau rejeki,” ungkap Irjen Pol Royke Lumowa.

Tetapi menurutnya, yang paling utama adalah tambang ilegal merusak lingkungan dan hal tersebut merupakan kejahatan yang luar biasa.

Ancamannya paling tidak 10 tahun penjara berdasarkan UU Nomor 4 Tahun 2009 tentang pertambangan Mineral dan Batubara (Minerba). Belum lagi ancaman tentang lingkungan hidup, ada juga tentang kehutanan, dan lainnya. Ini memang berbahaya

Oleh karena itu ditegaskannya bahwa pada intinya semua yang berbentuk ilegal harus dihentikan, makanya baik tambang manual (tambang rakyat), apalagi menggunakan alat berat, itu harus ditindak tegas dan ditangkap pelakunya, diberikan police line wilayahnya, dan periksa saksi.

“Tidak perlu sosialisasi lagi untuk yang gunakan alat berat, langsung ditindak dan tangkap pelakunya. Kalau untuk penambang manual kita sosialisasi baik-baik untuk pengurusan ijinnya,” pungkasnya.

Lanjut dijelaskannya, bumi, tanah, air, gunung, hutan dan lainnya itu berhubungan dengan hajat hidup orang banyak, jadi harus diatur oleh pemerintah.

“Walaupun itu lahan milik pribadi, tapi tidak boleh sembarangan melakukan penggalian, tetap harus ada ijinnya. Begitu juga dengan pohon di hutan atau lahan milik sendiri, juga harus ada ijin,” tandasnya.

Ditambahkannya, kerusakan lingkungan tidak akan terasa, sekarang warga menikmati hasilnya, yakni emas, tapi kasihan anak cucu 100 tahun ke depan.

Lanjut dikatakannya bahwa sebagai mana kata sitou timou tumou tou, manusia hidup untuk memanusiakan orang lain, warga harus memikirkan masa depan.

“Bumi dan lingkungan akan menyapu kita. Alam akan mengamuk kalau kita mengganggunya. Jadi kita harus menjaganya, demi anak cucu kita. Bukan hanya untuk sekarang, namun masa yang akan datang, kita harus menghargai manusia dan kita hidup untuk manusia lain. Bagaimana implementasinya, ya kita jaga lingkungan,” tuturnya.(mrk)

COMMENTS

Nama

advetorial,208,berita utama,1690,bitung,246,ekonomi,248,hukrim,302,infrastruktur,174,manado,1123,minahasa,1675,minsel,539,minut,451,mitra,821,nasional,935,nusa utara,232,olahraga,185,pariwisata,215,politik,711,sulut,2625,tomohon,256,totabuan,336,v,2,video,1,
ltr
item
KabarOk.com - Kabar dikabarkan: Kapolda Lumowa Siap Berantas PETI di Mitra, JS Apresiasi
Kapolda Lumowa Siap Berantas PETI di Mitra, JS Apresiasi
Kapolda Lumowa Siap Berantas PETI di Mitra, JS Apresiasi
https://1.bp.blogspot.com/-HuNp0u1z1_s/XmmUn4lfELI/AAAAAAAAXMI/kmdI1CScCQwD-hsGHUF2qBjEq6pMEA0ZwCLcBGAsYHQ/s640/IMG-20200311-WA0069.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-HuNp0u1z1_s/XmmUn4lfELI/AAAAAAAAXMI/kmdI1CScCQwD-hsGHUF2qBjEq6pMEA0ZwCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200311-WA0069.jpg
KabarOk.com - Kabar dikabarkan
https://www.kabarok.com/2020/03/kapolda-lumowa-siap-berantas-peti-di.html
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/2020/03/kapolda-lumowa-siap-berantas-peti-di.html
true
3875780352725475842
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU TAG ARCHIVE SEARCH SEMUA BERITA Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy