Grebek 2 Lokasi, BP2MI Amankan 23 CMI Ilegal


Manado-Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) kembali menggerebek penampungan pengiriman ilegal Calon Pekerja Migran Indonesia (Calon PMI) di dua lokasi sekaligus, Jakarta Pusat dan Jakarta Barat, Senin malam, (19/04/2021).

Kepala BP2MI Benny Rhamdani mengatakan, Calon PMI yang menjadi korban mengaku sudah membayar uang muka hingga puluhan juta, mereka dijanjikan bekerja ke Dubai, Turki, Kanada, dan Inggris pada Januari 2021 lalu.

“Di lokasi penampungan pertama Harmoni Jakarta Pusat kami menemukan 13 Calon PMI dan di lokasi kedua Duri Kosambi, Jakarta Barat, kami menemukan 10 CPMI. Pemerintah wajib melindungi warganya, kami ingin memastikan apakah bapak/ibu diperlakukan dengan baik, apakah tempat penampungan sudah memenuhi protokol kesehatan,” ujar Benny saat penggrebekan, Senin malam.

Benny menambahkan, calon PMI atau anak bangsa ini akan diberangkatkan ke berbagai negara penempatan seperti Kanada, Mesir, Turki, Inggris, dan Dubai. Para Calon PMI ini dijanjikan bekerja pada restoran, pabrik, oleh PT Safana Agency Indonesia.

Setelah dicek pada SISKOP2MI, lanjut mantan Anggota DPD RI ini, PT tersebut “bodong” alias tidak memiliki ijin, berarti perekrutan dan rencana pemberangkatan sudah jelas ilegal atau non prosedural. Diduga kuat PT tersebut bukan P3MI (Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia), namun perusahaan Travel yang tidak memiliki hak memberangkatkan Calon PMI ke negara penempatan.

“Jangankan Travel (perusahaan – red), bahkan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) yang memiliki ijin kegiatan pelatihan saja tidak memiliki ijin untuk menempatkan Calon PMI ke negara penempatan,” tegas Kepala BP2MI.


“Saya tegaskan ini merupakan bagian dari kerja sindikat penempatan ilegal PMI, dan saya ingatkan kembali bahwa bagi mereka tidak peduli keselamatan anak bangsa, mereka hanya berpikir bagaimana mengambil untung sebesar- besarnya dari kegiatn ilegal ini,” tambah mantan Anggota DPRD Provinsi Sulut 3 periode ini.

Dari pengakuan Calon PMI ada yang sudah menyerahkan uang sebesar 5 sd. 40 juta. “Saya menduga pasti lebih dari ini yang dibebankan kepada Calon PMI yang akan mereka berangkatkan dan beban itu akan dipotong dari gajinya dan biasanya dengan bunga di luar batas kewajaran,” ujarnya.

Benny menegaskan, ini merupakan kejahatan yang sistematis dan mengarah pada Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), sehingga harus kita perangi bersama dan hukum harus bekerja untuk itu.

Setelah dari dua lokasi penggrebekan Harmoni Jakarta Pusat dan Duri Kosambi Jakarta Barat, para Calon PMI kemudian dibawa ke UPT BP2MI Jakarta untuk dilakukan pendataan.(*/rls)

COMMENTS

Nama

advetorial,256,berita utama,2057,bitung,330,ekonomi,302,hukrim,389,infrastruktur,197,manado,1499,minahasa,1790,minsel,565,minut,583,mitra,885,nasional,1081,nusa utara,256,olahraga,193,pariwisata,225,politik,913,sulut,3139,tomohon,267,totabuan,385,v,2,video,1,
ltr
item
KabarOk.com - Kabar dikabarkan: Grebek 2 Lokasi, BP2MI Amankan 23 CMI Ilegal
Grebek 2 Lokasi, BP2MI Amankan 23 CMI Ilegal
Grebek 2 Lokasi, BP2MI Amankan 23 CMI Ilegal
https://1.bp.blogspot.com/-DmsdDrnsQUg/YH8aeBISsWI/AAAAAAAAiHM/z9j2QAL0M9UV_ZKO1hVvWZzr5jbBRuqjgCLcBGAsYHQ/s320/Benny-Rhamdani-1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-DmsdDrnsQUg/YH8aeBISsWI/AAAAAAAAiHM/z9j2QAL0M9UV_ZKO1hVvWZzr5jbBRuqjgCLcBGAsYHQ/s72-c/Benny-Rhamdani-1.jpg
KabarOk.com - Kabar dikabarkan
https://www.kabarok.com/2021/04/grebek-2-lokasi-bp2mi-amankan-23-cmi.html
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/2021/04/grebek-2-lokasi-bp2mi-amankan-23-cmi.html
true
3875780352725475842
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU TAG ARCHIVE SEARCH SEMUA BERITA Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy