Genjot Realisasi Anggaran, Ditjen Keuda Kemendagri Minta Pemda Inovasi dan Kreatif


DIREKTUR Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Agus Fatoni menekankan kepada pemerintah daerah (pemda) agar mempercepat realisasi pendapatan maupun belanja dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Hal itu dapat dilakukan dengan meningkatkan inovasi dan kreativitas. 

Fatoni mengimbau para kepala daerah agar tidak takut dalam berinovasi. 

Dirjen Bina Keuda Kemendagri Agus Fatoni (kanan) saat memimpin Webinar Series Keuda Update Seri 14 yang digelar Ditjen Bina Keuda dengan tema “Optimalisasi Percepatan Realisasi APBD Tahun Anggaran 2022 dan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri di Lingkungan Pemerintah Daerah," Kamis (14/04/2022).



Pasalnya, amanat berinovasi telah didukung oleh regulasi yang lengkap, mulai dari Undang-Undang, Peraturan Pemerintah, Peraturan Presiden, hingga Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri). 

“Kita harus punya kreasi, kita bisa melakukan kegiatan-kegiatan yang inovatif untuk melakukan percepatan-percepatan dengan melakukan terobosan-terobosan, namun tetap berpedoman pada peraturan perundang-undangan,” ujar Fatoni dalam Webinar Series Keuda Update ke-14 bertajuk “Optimalisasi Percepatan Realisasi APBD Tahun Anggaran 2022 dan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri di Lingkungan Pemerintah Daerah”, Kamis (14/4/2022). 

Dirjen Bina Keuda Kemendagri-RI Agus Fatoni.


Ia menambahkan, kebijakan dalam melakukan inovasi telah mendapatkan jaminan perlindungan hukum, salah satunya seperti yang diatur dalam Pasal 389 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. 

"Inovasi bisa dilakukan dengan perlindungan hukum, bahkan inovasi yang sasarannya tidak memenuhi sasaran tidak bisa dipidanakan, ini sudah ada perlindungan hukum," sambung Fatoni. 

Berbagai landasan hukum tersebut, lanjut dia, dibuat agar inovasi dapat tumbuh pesat sehingga berdampak pada peningkatan pelayanan publik, kesejahteraan masyarakat, dan daya saing daerah. Oleh karena itu, saat ini daerah perlu didorong untuk lebih giat menghasilkan inovasi. 

Webinar Series Keuda Update Seri 14 yang digelar Ditjen Bina Keuda dengan tema “Optimalisasi Percepatan Realisasi APBD Tahun Anggaran 2022 dan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri di Lingkungan Pemerintah Daerah," Kamis (14/04/2022).


"Sehingga Bapak/Ibu tidak perlu takut melakukan inovasi asalkan dalam proses-proses dan tahapan sesuai dengan peraturan perundang-undangan, walaupun hasilnya tidak memenuhi sasaran itu sudah bisa dipertanggungjawabkan dan tidak bisa dipidanakan," tambahnya. 

Di sisi lain, ia mengingatkan pemda untuk menggelar rapat koordinasi internal bersama seluruh staf organisasi perangkat daerah (OPD). Langkah ini perlu dilakukan untuk menyisir berbagai program yang dapat segera direalisasikan sesuai aturan. Rapat koordinasi juga perlu digelar gubernur selaku wakil pemerintah pusat di daerah bersama bupati dan wali kota di wilayahnya masing-masing. 

"Rapat koordinasi dan evaluasi, analisis, penting dilakukan agar kita bisa belajar dari setiap apa yang sudah kita capai dan kemudian itulah yang akan kita jadikan patokan. Kita akan jadikan langkah dalam rangka untuk mengambil langkah-langkah pada bulan-bulan berikutnya," tandas Fatoni. 

Sebagai informasi, Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Keuda Kemendagri menggelar Webinar Series Keuda Update setiap minggunya, yakni pada hari Rabu atau Kamis. Gelaran ini sebagai upaya menyosialisasikan peraturan perundang-undangan, sekaligus memberikan informasi terkini terkait pengelolaan keuangan daerah dan informasi penting lainnya.(Puspen Kemendagri/*)


COMMENTS

Nama

advetorial,317,berita utama,2614,bitung,611,ekonomi,372,hukrim,493,infrastruktur,213,manado,1784,minahasa,1940,minsel,684,minut,707,mitra,929,nasional,1248,nusa utara,348,olahraga,269,pariwisata,249,politik,1220,sulut,4109,tomohon,287,totabuan,407,v,2,video,1,
ltr
item
KabarOk.com - Kabar dikabarkan: Genjot Realisasi Anggaran, Ditjen Keuda Kemendagri Minta Pemda Inovasi dan Kreatif
Genjot Realisasi Anggaran, Ditjen Keuda Kemendagri Minta Pemda Inovasi dan Kreatif
Genjot Realisasi Anggaran, Ditjen Keuda Kemendagri Minta Pemda Inovasi dan Kreatif
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh2nIlOjh3ZPEioiVkAfvV4xWgthvIlaVnbfvk9eAxEvDLsJuhJeOyR5tV4zHJ8qPzHwWwsVu_vTjSLSwvwipKqzjWVeMmcx-rzIPZVva0JtPfIyG3VdtU0DlpGfxDrqdu3Cb8acXjTlhWUQVnSUuBCMCBppG36s1Lltqf_M7ztDkQCVzl6lwJS-GND/s320/IMG_20220416_192550.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh2nIlOjh3ZPEioiVkAfvV4xWgthvIlaVnbfvk9eAxEvDLsJuhJeOyR5tV4zHJ8qPzHwWwsVu_vTjSLSwvwipKqzjWVeMmcx-rzIPZVva0JtPfIyG3VdtU0DlpGfxDrqdu3Cb8acXjTlhWUQVnSUuBCMCBppG36s1Lltqf_M7ztDkQCVzl6lwJS-GND/s72-c/IMG_20220416_192550.jpg
KabarOk.com - Kabar dikabarkan
https://www.kabarok.com/2022/04/genjot-realisasi-anggaran-ditjen-keuda.html
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/2022/04/genjot-realisasi-anggaran-ditjen-keuda.html
true
3875780352725475842
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU TAG ARCHIVE SEARCH SEMUA BERITA Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy