Selaku Ketua BKPRS, Gubernur Olly Buka Musrenbang Regional Sulawesi Tahun 2022 di Makassar


Manado-Ketua Umum Badan Kerja Sama Pembangunan Regional Sulawesi (BKPRS), Olly Dondokambey SE yang juga Gubernur Provinsi Sulawesi Utara membuka Musrenbang Regional Sulawesi Tahun 2022 di Makassar, Jumat (01/04/2022).

Dalam kesempatan itu, Gubernur Olly mengatakan, Pulau Sulawesi menjadi penopang pertumbuhan di Kawasan Indonesia Timur.

“Untuk itu, maka pemerintah daerah baik Provinsi, Kabupaten dan Kota diharapkan terus menggali dan memanfaatkan potensi dan keunggulan setiap daerah,” ujar orang nomor satu di Sulut ini.

Lanjut kata Gubernur Olly, berdasarkan hasil kesepakatan bersama pada Pertemuan Pra Musrenbang Regional Sulawesi tanggal 11 Maret 2022, maka Tema Musrenbang Regional Sulawesi Tahun 2022 ini adalah Peningkatan Infrastruktur Antarwilayah Regional Sulawesi untuk Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan serta Berdaya Saing.

”Kegiatan Musrenbang Regional yang kita laksanakan pada hari ini, merupakan salah satu agenda tahunan, memiliki fungsi dan peran yang sangat penting dalam pembangunan di Sulawesi, khususnya dalam rangka koordinasi perencanaan,” kata Gubernur Olly.

Menurutnya, Musrenbang Regional Sulawesi ini adalah ajang forum Musyawarah bagi Pemangku Kepentingan Sulawesi untuk mematangkan isu-isu strategis program pembangunan Sulawesi tahun 2023.

Program-programnya, tambah Gubernur Olly, disusun berdasarkan kompilasi seluruh usulan dari masing-masing Provinsi, berdasarkan hasil forum-forum yang telah dilaksanakan sebelumnya.


“Ini merupakan wadah bagi kita bersama untuk mensinergikan program kegiatan pembangunan Kementerian/ Lembaga dan Pemerintah Provinsi se-Sulawesi, serta untuk memantapkan kembali berbagai program dan kegiatan lintas wilayah dengan pembiayaan dari berbagai sumber yang akan diusulkan pada Musrenbang Nasional,” terang Gubernur Olly.

Output yang dihasilkan dari pelaksanaan Musrenbang Regional ini adalah kesepakatan dan komitmen di antara para Pelaku Pembangunan yang ada di Daerah maupun Pusat, yakni dalam bentuk kesepakatan Pemerintah se-Sulawesi tentang usulan program dan kegiatan strategis Regional Sulawesi tahun 2023.

Usulan itu mencakup fokus konektivitas, kedaulatan pangan, kedaulatan energi, kemaritiman dan kawasan perbatasan, industri dan pariwisata, serta sumber daya alam dan lingkungan hidup berkelanjutan di Regional Sulawesi.

Luas wilayah sekitar 188.552 Km Persegi, Karakter topografi Pulau Sulawesi yang terdiri dari sebagian besar bergunung, dan wilayah datar (di bawah 50 Mdpl) hanya sekitar 10,3% dari luas wilayah keseluruhan.

Keberadaan daerah Sulawesi terbentuk melalui interaksi Tiga Lempeng Utama, yakni Lempeng Eurasia, Pasifik, dan Australia. Selain Lempeng Utama itu, daerah Sulawesi juga terpengaruh oleh adanya Lempeng Filipina (Manyoe and Bahutala, 2017).

Interaksi Lempeng ini menyebabkan daerah Sulawesi kaya akan sumber daya alam yang melimpah, mulai sumber daya panas bumi dan sumber daya mineral seperti emas, dan lainnya.

”Pulau Sulawesi masih menjadi penopang pertumbuhan di Kawasan Indonesia Timur dengan didorong oleh investasi untuk hilirisasi sumber daya alam, peningkatan konektivitas sentra industri, dan sebagai pusat perdagangan Kawasan Timur Indonesia,” tandas Gubernur Olly.

Namun, pembangunan wilayah Sulawesi masih menghadapi permasalahan, antara lain:

Pertama, Belum optimalnya hilirisasi potensi unggulan berbasis sumber daya alam;

Kedua, Belum terwujudnya pengembangan Hub Internasional untuk Kawasan Timur Indonesia;

Ketiga, Masih lemahnya upaya kesiapsiagaan, mitigasi, dan adaptasi bencana;

Keempat, Masih terbatasnya akses dan mutu layanan dasar;

Kelima, Belum optimalnya peningkatan produktivitas sektor tanaman pangan untuk mendukung

peran Sulawesi sebagai lumbung pangan

Nasional;

Keenam, Belum optimalnya tata kelola dan kelembagaan pengelola kawasan metropolitan; dan

Ketujuh, Masih rentannya ketahanan fisik dan sosial atas perubahan iklim, bencana, polusi, dan abrasi pantai, serta rentan terhadap kesenjangan sosial dan kemiskinan perkotaan.

Dalam RPJMN 2020-2024, kebijakan pembangunan wilayah Sulawesi diarahkan; untuk memperkuat peran Sulawesi sebagai salah satu pintu gerbang Indonesia dalam perdagangan internasional dan pintu gerbang Kawasan Timur Indonesia; pengembangan industri berbasis logistik; lumbung pangan Nasional dengan pengembangan industri berbasis kakao, padi, jagung; pengembangan industri berbasis rotan, aspal, nikel, bijih besi dan gas bumi; percepatan pembangunan ekonomi berbasis maritim (kelautan) melalui pengembangan industri perikanan dan pariwisata bahari.

Transformasi ekonomi di wilayah Sulawesi diarahkan untuk mewujudkan hilirisasi industri berbasis pertanian, perkebunan, perikanan dan tambang untuk menciptakan nilai tambah melalui pengolahan bahan baku menjadi bahan setengah jadi atau bahan akhir.

Selain itu, wilayah Sulawesi memiliki potensi bencana alam yang beragam

dan tinggi, maka pembangunan wilayah Sulawesi perlu mempertimbangkan pendekatan mitigasi dan adaptasi bencana.

Sementara itu, arah kebijakan pengembangan wilayah Sulawesi berdasarkan RKP Tahun 2022 adalah:

Pertama, Meningkatkan produktivitas sektor unggulan (tanaman pangan kelautan dan perikanan, serta pertambangan) untuk mendukung peran Sulawesi sebagai lumbung pangan Nasional.

Kedua, Melakukan pemerataan akses dan mutu layanan dasar melalui percepatan penerapan SPM.

Ketiga, Meningkatkan tata kelola dan kapasitas pemerintahan daerah.

Keempat, Mendorong KEK/KI dan kawasan pariwisata unggulan sebagai pusat pertumbuhan ekonomi serta mengoptimalkan pelayanan perizinan investasi melalui kepastian hukum.

Kelima, Mengembangkan kawasan perkotaan dan mengoptimalkan tata kelola dan kelembagaan pengelola kawasan metropolitan.

Keenam, Memperkuat peran Sulawesi sebagai salah satu pintu gerbang Indonesia dalam perdagangan internasional dan pintu gerbang Kawasan Timur Indonesia melalui pembangunan infrastruktur konektivitas wilayah.

Ketujuh, Melakukan upaya pengurangan risiko bencana melalui peningkatan kesiapsiagaan, mitigasi, dan adaptasi bencana, serta mengoptimalkan pemulihan kembali pasca bencana.

Sedangkan, tahun 2022, Sasaran Utama pengembangan wilayah Sulawesi difokuskan pada:

(1) Percepatan laju pertumbuhan ekonomi;

(2) Penurunan tingkat kemiskinan; serta

(3) Peningkatan lapangan kerja yang berkualitas.

Gubernur Olly berharap melalui Musrenbang Regional Sulawesi tahun 2022 ini, usulan program kegiatan pembangunan Regional Sulawesi dapat bersinergi dengan program/kegiatan pembangunan Kementerian/Lembaga pada bidang infrastruktur (konektivitas), kedaulatan energi, kedaulatan pangan, kemaritiman, kawasan perbatasan, industri dan pariwisata, serta sumber daya alam dan lingkungan hidup sekaligus dapat menghasilkan rumusan-rumusan usulan program pembangunan strategis Regional Sulawesi tahun 2023 untuk diusulkan dalam Musrenbang Nasional.(*/ifa)


COMMENTS

Nama

.Demokrat Sulut,1,advetorial,376,Aldrin Christian,2,Ardiles Mewoh,4,balai wilayah sungai 1 sulut,1,Banteng Muda Indonesia,2,Bantuan Benih Ikan,1,Bapas,5,Bapas Manado,11,Bawaslu,2,Bawaslu Sulut,10,Baznas Boltim,1,Benny Mokoginta SP,1,berita,1,berita utama,3269,Berty Kapoyos,2,Billy Kaeng,1,Billy Lombok,2,bitung,967,BKMT,1,BKPSDM,1,bolmong,73,Bolmut,56,Bolsel,5,Boltim,15,BP2JK,1,BPJN,1,BPJN Sulut,1,BPJS Kesehatan,1,braien waworuntu,1,Brigjen TNI Wakyono,1,Budidaya Ikan Air Tawar,1,Bupati Sam Sachrul Mamonto,5,Camat Feine Sumual,1,Damkar Kota Manado,1,Danau Mooat,1,Dapur sehat lembaga pemasyarakatan lapas tondano di resmikan kakanwil kemenkumham sulut .minahasa,1,Demokrat Sulut,6,Desa Buyat,1,Desa Dodap,1,Devi Kumaat,1,Dinas Pertanian Boltim,1,Dispar Boltim,1,Disperik,1,DKPP,1,Donny Rumagit,1,DPM-PTSP,1,DPMD,1,DPMD Boltim,1,DPR RI,4,DPRD Kota Manado,1,DPRD Sulut,30,Drs. Rusmin Mokoagow,1,ekonomi,388,Erwin Tandayu,2,Fabian Kaloh,1,felly estelita runtuwene,19,felly estita runtuwene,3,Ferry Liando,2,Firly Bahuri,1,Forward,1,Fraksi Partai Golkar,1,ganjar pranowo,1,Gerdal Fenomena El-Nino,1,Hendro Kartiko,1,Hendry Walukouw,3,Hotel Discovery Ancol Jakarta,1,hukrim,556,infrastruktur,221,Inggried J.N.N Sondakh,1,Irjen (Pol) Yudhiawan,1,jeane laluyan,1,jems tuuk,4,JKN KIS,1,kaesang pangarep,2,Kapolda Sulut,1,Karang Taruna Boltim,1,Kebakaran,1,Kemenkeu RI,1,Kemenkumham,3,Komisi 1,1,komisi 3,1,komisi III,1,Korem 131 Santiago,1,korupsi,1,Kotamobagu,12,KPK RI,3,kpu,1,KPU Manado,1,KPU Minsel,1,KPU RI,2,KPU Sulut,12,Liwas,1,manado,1904,melky pangemanan,2,Meykin Modeog,1,Meykin Modeong,1,Mianahasa,5,minahasa,2409,Minahasa-,1,minsel,693,minut,746,mitra,941,MORR III,1,Motongkad,1,Muhammad Jabir,1,Munahasa,1,nasional,1283,Nawawi Pomolango,1,Niklas Silangen,1,nusa utara,384,olahraga,324,Orari Sulut,1,P3K Tenaga Teknis,1,Panwas Manado,1,pariwisata,255,Partai Golkar,1,Partai Nasdem,7,Partai Nasdem Sulut,3,pdi perjuangan,1,Pegadaian Liga 2,11,pemilihan Umum 2024,1,Pemilu 2024,3,Pemkab Boltim,1,Pemprov,3,Pengucapan Syukur,1,pileg 2024,2,Pilkada Sulut,1,PJ Bupati minahasa Dr.Jemmy Kumendong trimah kunker bupati Semarang Hj.Basri,1,Polda Sulut,4,politi,1,politik,1742,Polri,1,Pondok Pesantren Tebuireng Ireng VII,1,prabowo,1,prabowo subianto,1,Pulau Bombuyanoi,1,Pusat Diving Center,1,q,5,Ranomuut,1,rasky mokodompit,2,Reses DPRD,2,Sam Sachrul Mamonto,4,Sandra Moniaga,1,Sekretariat DPRD Sulut,2,Seska Ervina Budiman S. Sos,1,Sosialisasi Izin Usaha,1,sulut,5629,Sulut United,15,Survei Penilaian Integritas,1,surya paloh,1,tomohon,353,toni supit,1,totabuan,437,UNAR SULUT,1,v,2,video,1,Viktor Mailangkay,1,WBK,2,William Billy Kaeng,3,yongkie limen,1,
ltr
item
KabarOk.com - Kabar dikabarkan: Selaku Ketua BKPRS, Gubernur Olly Buka Musrenbang Regional Sulawesi Tahun 2022 di Makassar
Selaku Ketua BKPRS, Gubernur Olly Buka Musrenbang Regional Sulawesi Tahun 2022 di Makassar
Selaku Ketua BKPRS, Gubernur Olly Buka Musrenbang Regional Sulawesi Tahun 2022 di Makassar
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiFdUTnLOrmI1XFyG1DzhQBkuCF3nRAs2TMInKdTf4JiJJfeR2uOb6SXNhMiLPBBu432VrjIQcpqugoOCL7vUX_G1R1OI-NQ07CUkIXjr1mXe9DJEdzdtQwbNqJhS4xOG-PwRjQ3cJmvNUf76h6FPsmKpYA4KAI6YcsUt5-08EYdLLtUk5B8zdsBBBt/s320/IMG_20220404_062256.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiFdUTnLOrmI1XFyG1DzhQBkuCF3nRAs2TMInKdTf4JiJJfeR2uOb6SXNhMiLPBBu432VrjIQcpqugoOCL7vUX_G1R1OI-NQ07CUkIXjr1mXe9DJEdzdtQwbNqJhS4xOG-PwRjQ3cJmvNUf76h6FPsmKpYA4KAI6YcsUt5-08EYdLLtUk5B8zdsBBBt/s72-c/IMG_20220404_062256.jpg
KabarOk.com - Kabar dikabarkan
https://www.kabarok.com/2022/04/selaku-ketua-bkprs-gubernur-olly-buka.html
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/2022/04/selaku-ketua-bkprs-gubernur-olly-buka.html
true
3875780352725475842
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU TAG ARCHIVE SEARCH SEMUA BERITA Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy