Wagub Kandouw Gaungkan Kerukunan di Sidang MPL dan Konsultasi BIPRA SAG Suluttenggo


Manado-Pesan kerukunan umat beragama bergaung pada pembukaan Sidang Majelis Pekerja Lengkap (MPL) dan Konsultasi BIPRA Sinode Am Gereja-gereja (SAG) Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (Suluttenggo), yang digelar di Gereja KGPM Sentrum Kawangkoan, Kabupaten Minahasa, Selasa (05/04/2022).

Adalah Gubernur Propinsi Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey SE yang diwakili Wakil Gubernur (Wagub), Pnt Drs Steven Kandouw, juga memberikan ucapan selamat berpuasa saat memberikan kata sambutannya.

Adapun kegiatan diawali dengan ibadah bersama dipimpin Sekretaris Umum MPH PGI Pdt Jaclevyn F. Manuputty pada acara yang dihadiri Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno, Wakil Pangdam XIII/Merdeka Brigjem Erdy Lumintang, Bupati Minahasa Roy Roring, Anggota DPR RI Vanda Sarundajang, Wakil Bupati Minahasa Selatan Petra Rembang, 

Ketua Komisi WKI SAG Sulutteng, Pnt Peggy Adeline Mekel SE MA, peserta Sidang MPL, dan perwakilan 13 Komisi WKI di Sinode Gereja

"Tak ada kata lain selain bersyukur, puji Tuhan. Secara khusus diucapkan selamat ibadah puasa pada pak Kapolda, hingga dapat melaksanakan ibadah puasa dengan tuntas," ucap Wagub Kandouw dalam sambutannya.

"Di minggu-minggu sengsara ini seiring dengan saudara-saudara Muslim kita yang menjalankan ibadah puasa, ini adalah momentum yang pas bagi kita untuk kontenplsi, intropeksi, evaluasi semua keberadaan kita," ungkap sosok yang baru saja terpilih sebagai Wakil Ketua BPMS GMIM Bidang Pengembangan Sumber Daya dan Diakonia itu.

"Bersyukur, puji Tuhan kita boleh melaksanakan acara ini di Kawangkoan. Ada ragey, ada kacang, ada biapong. Saya tambahkan ada air panas. Ada Bukit Kasih di Kanonang. Itu melambangkan kerukuran di Sulawesi Utara, pak Kapolda,"ujarnya seraya mengucapkan selamat beribadah puasa kepada Kapolda Sulut.

Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw (kanan) mengikuti ibadah saat pembukaan Sidang MPL dan Konsultasi BIPRA SAG Suluttenggo di Gereja KGPM Sentrum Kawangkoan,Minahasa, Selasa (05/04/2022)


Kandouw juga menyampaikan, Gereja GKPM merupakan Gereja kaum nasionalis seperti BW Lapian (Pahlawan Nasional), Dr Sam Ratulangi (Pahlawan Nasional). Meski berbeda dengan gerejanya. Namun simbol-simbol ini menunjukan kerukunan, perdamaian dan harmonisasi terus menerus terpelihara sejak dulu hingga sekarang. Hal itu dibuktikan dengan dirilisnya kota-kota di Sulawesi Utara salah satunya KotaTomohon berada di nomor dua paling rukun (toleran) di Indonesia.

"Kalau gereja saya, gereja Belanda. Sengaja saya singgung ini. Ini menjadi simbol-simbol perdamaian, simbol-simbol hamoni. Mudah-mudahan ini menjadi inspirasi, aspirasi untuk kita semua,"paparnya.

Disamping itu, Wagub Kandouw juga mengajak kepada Sinode Am Suluttenggo bersama-sama dengan Pemerintah Provinsi untuk memperluas kerjasama disemua aspek, bukan hanya masalah religi tetapi hal-hal yang ada di masyarakat. 

"Terutama upaya, ikhtiar semangat kita memerangi Covid 19. Puji Tuhan, kemarin Sulawesi Utara laporannya nol kasus. Tetapi, kita tetap alert. Tetap antisipasi. Dan membuktikan penetrasi, upaya melawan Covid 19 ini, melalui tokoh tokoh agama paling efektif. 

Untuk itu saya menghimbau, mari kita gelorakan semangat untuk melawan Covid 19,"ajaknya.

Di sisi lain, Wagub memberi apresiasi kepada jajaran Polda Sulut dalam satu bulan (Maret 2022) berhasil memberantas penyakit masyarakat dengan mengungkap 11 kasus peredaran obat terlarang narkotika di Kota Manado dan sekitarnya.

"Terima kasih kepada jajaran pak Kapolda. Ternyata narkoba di Sulut bukan datang dari luar negeri. Itu dari Sulteng, ke Gorontalo baru masuk ke torang (Sulut) Manado. Jaringan internasioan sekarang dari Tawau (Malaysia) masuk Sulteng, baru menyebar. Penyakit ini harus torang hadapi bersama. Gereja harus menjadi garda terdepan perangi penyakit masyarakat ini,"ujarnya. 

Diakhir sambutan, Wagub Kandouw yang juga Wakil Ketua Bidang Pengembangan Sumber Daya dan Dana Sinode (BPMS) GMIM ini mengingatkan soal iman dan gereja yang harus saling menjaga. Ia kemudian menganalogikan gereja berupa rantai yang mengikat kapal dan jangkar. 

"Jangkar itu adalah iman. Gereja itu rantai untuk menjaga kapal ini tidak hanyut terkena arus gelombang. Pakai terus, kuatkan terus jangkar ini. Jangan sampai karatan. Kalau jangkar ini putus, umat yang akan hanyut,"ujarnya.

Meski begitu, ia mengingatkan agar dalam hidup menggereja jangan bersikap eksklusif melainkan terbuka dengan umat yang lain. Menurutnya, hidup di NKRI sesuatu yang luar biasa dalam keberagaman. Apalagi kata Kandouw, ada lima agama yang diakui pemerintah, dan semua itu harus saling menghormati satu sama lain.

"Perlu juga diingat. Jangan pakai rantai ini untuk mengikat kita. Mengikat gereja, mengikat umat. Jangan kita menjadi eksklusif, sebab kita hidup di NKRI. Kita hidup ditengah beragam. Mari kita menempatkan diri yang baik supaya kita keluar dari hal-hal eksklusif ini. Setahu saya, PGI mengutamakan inklusif,"kata Kandouw.

Kandouw juga mengingatkan agar rantai tersebut tidak mengakibatkan lahirnya orang-orang radikal atau esktrimis. Orang-orang yang memaksakan kehendak dengan kekerasan. Apalagi kata dia, bibit ekstrimis, radikal bukan hanya ada di satu agama. 

"Ini perlu dijaga baik baik. Jangan kita jadi radikalis Kristen, ekstrimis Kristen. Terakhir, up to date di tengah-tengah kita. Kita bersama sama di dunia ini. Jangan biarkan kita. Memupuk diri kita, menjadi orang fatalisme (merasa dikuasai takdir). Orang yang pasrah. Menyerah dengan keadaan. Kita punya motto yang sangat gerejani "Ora et Labora" bekerja dan berdoa. Mari kita bawa umat kita, Sinode Am ini supaya anti fatalis. Mari bekerja dan berdoa," tutupnya.(*/ifa)

COMMENTS

Nama

.Demokrat Sulut,1,advetorial,376,Aldrin Christian,2,Ardiles Mewoh,4,balai wilayah sungai 1 sulut,1,Banteng Muda Indonesia,2,Bantuan Benih Ikan,1,Bapas,5,Bapas Manado,12,Bawaslu,2,Bawaslu Sulut,10,Baznas Boltim,1,Benny Mokoginta SP,1,berita,1,berita utama,3271,Berty Kapoyos,3,Billy Kaeng,1,Billy Lombok,3,bitung,967,BKMT,1,BKPSDM,1,bolmong,73,Bolmut,64,Bolsel,5,Boltim,15,BP2JK,1,BPJN,1,BPJN Sulut,1,BPJS Kesehatan,1,braien waworuntu,1,Brigjen TNI Wakyono,1,Budidaya Ikan Air Tawar,1,Bupati Sam Sachrul Mamonto,5,Camat Feine Sumual,1,Damkar Kota Manado,1,Danau Mooat,1,Dapur sehat lembaga pemasyarakatan lapas tondano di resmikan kakanwil kemenkumham sulut .minahasa,1,Demokrat Sulut,6,Desa Buyat,1,Desa Dodap,1,Devi Kumaat,1,Dinas Pertanian Boltim,1,Dispar Boltim,1,Disperik,1,DKPP,1,Donny Rumagit,1,DPM-PTSP,1,DPMD,1,DPMD Boltim,1,DPR RI,4,DPRD Kota Manado,1,DPRD Sulut,35,Drs. Rusmin Mokoagow,1,ekonomi,388,Erwin Tandayu,2,Fabian Kaloh,1,felly estelita runtuwene,19,felly estita runtuwene,3,Ferry Liando,2,Firly Bahuri,1,Forward,1,Fraksi Partai Golkar,1,ganjar pranowo,1,Gerdal Fenomena El-Nino,1,Hendro Kartiko,1,Hendry Walukouw,4,Hotel Discovery Ancol Jakarta,1,hukrim,556,infrastruktur,221,Inggried J.N.N Sondakh,1,Irjen (Pol) Yudhiawan,1,jeane laluyan,1,jems tuuk,5,JKN KIS,1,kaesang pangarep,2,Kapolda Sulut,1,Karang Taruna Boltim,1,Kebakaran,1,Kemenkeu RI,1,Kemenkumham,3,Komisi 1,1,komisi 3,1,komisi III,1,Korem 131 Santiago,1,korupsi,1,Kotamobagu,12,KPK RI,3,kpu,1,KPU Manado,1,KPU Minsel,1,KPU RI,2,KPU Sulut,12,Liwas,1,manado,1906,melky pangemanan,2,Meykin Modeog,1,Meykin Modeong,1,Mianahasa,5,minahasa,2426,Minahasa-,1,minsel,693,minut,746,mitra,941,MORR III,1,Motongkad,1,Muhammad Jabir,1,Munahasa,1,nasional,1283,Nawawi Pomolango,1,Niklas Silangen,1,nusa utara,384,olahraga,324,Orari Sulut,1,P3K Tenaga Teknis,1,Pansus Ranperda Kebudayaan,1,Panwas Manado,1,pariwisata,255,Partai Golkar,1,Partai Nasdem,7,Partai Nasdem Sulut,3,pdi perjuangan,1,Pegadaian Liga 2,11,pemilihan Umum 2024,1,Pemilu 2024,3,Pemkab Boltim,1,Pemprov,3,Pengucapan Syukur,1,pileg 2024,2,Pilkada Minut,1,Pilkada Sitaro,1,Pilkada Sulut,1,PJ Bupati minahasa Dr.Jemmy Kumendong trimah kunker bupati Semarang Hj.Basri,1,Polda Sulut,4,politi,1,politik,1751,Polri,1,Pondok Pesantren Tebuireng Ireng VII,1,prabowo,1,prabowo subianto,1,Pulau Bombuyanoi,1,Pusat Diving Center,1,q,5,Ranomuut,1,rasky mokodompit,2,Reses DPRD,2,Sam Sachrul Mamonto,4,Sandra Moniaga,1,Sandra Rondonuwu,1,Sekretariat DPRD Sulut,3,Seska Ervina Budiman S. Sos,1,Sosialisasi Izin Usaha,1,sulut,5641,Sulut United,15,Survei Penilaian Integritas,1,surya paloh,1,THL,1,tomohon,353,toni supit,1,totabuan,437,UNAR SULUT,1,v,2,video,1,Viktor Mailangkay,1,WBK,2,William Billy Kaeng,3,yongkie limen,1,
ltr
item
KabarOk.com - Kabar dikabarkan: Wagub Kandouw Gaungkan Kerukunan di Sidang MPL dan Konsultasi BIPRA SAG Suluttenggo
Wagub Kandouw Gaungkan Kerukunan di Sidang MPL dan Konsultasi BIPRA SAG Suluttenggo
Wagub Kandouw Gaungkan Kerukunan di Sidang MPL dan Konsultasi BIPRA SAG Suluttenggo
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhBSg4bKSVjfe6LEzkMT0umepSpHa4g7NOQWuQzAF72eMrnkeshiVPWuRaOvJ2kfQGdz_JRwYnFXhc7maEfzRRZBBQIPDITRXAax7GmaQD5W23_m2ENebSuDHdaTHPK3zR-Jre0GR2uVNxtChXgZMabq3eWbBkHxcbVenAabrNzu9jTLz8LxwS65l5H/s320/IMG_20220405_220840.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhBSg4bKSVjfe6LEzkMT0umepSpHa4g7NOQWuQzAF72eMrnkeshiVPWuRaOvJ2kfQGdz_JRwYnFXhc7maEfzRRZBBQIPDITRXAax7GmaQD5W23_m2ENebSuDHdaTHPK3zR-Jre0GR2uVNxtChXgZMabq3eWbBkHxcbVenAabrNzu9jTLz8LxwS65l5H/s72-c/IMG_20220405_220840.jpg
KabarOk.com - Kabar dikabarkan
https://www.kabarok.com/2022/04/wagub-kandouw-gaungkan-kerukunan-di.html
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/2022/04/wagub-kandouw-gaungkan-kerukunan-di.html
true
3875780352725475842
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU TAG ARCHIVE SEARCH SEMUA BERITA Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy