Incar WTP, ROR Ingatkan Kepala SKPD Tak Keluar Daerah Saat Pemeriksaan BPK


Tondano-Tim auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), mendatangi Kantor Bupati Minahasa terkait Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2018. Mereka pun diterima langsung Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring MSi (ROR) bersama jajaran Pemkab di ruang sidang Kantor Bupati Minahasa, Jumat (08/02/2019).

Ketua Tim BPK Elivira Amelia Kaligis mengatakan bahwa objek pemeriksaan akan mencakup semua data dan dokumen yang dibutuhkan di tiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). "Ini merupakan pemeriksaan interim dan tim kami akan bertugas selama 35 hari, dimulai tanggal 6 Februari dan berakhir 17 Maret," papar Elivira.

Dijelaskan, tujuan dilakukannya pertemuan ini yaitu sebagai entry maping agar tidak ada salah persepsi antara BPK dengan pihak terperiksa. Sebab dari hasil pemeriksaan inilah BPK akan mengeluarkan opini penilaian terhadap LKPD Kabupaten Minahasa tahun 2018.

"Makanya kami harap agar dokumen yang diberikan SKPD bebar-benar real dan apa adanya, supaya kami tidak salah dalam menyimpulkan. Karena seperti yang saya jelaskan, hasil pemeriksaan ini akan mempengaruhi opini atas penilaian laporan keuangan," tutup Kaligis.

Bupati ROR di hadapan seluruh jajaran Pemkab yang hadir, mengingatkan seluruh jajarannya agar koperatif terhadap tim auditor BPK. Bahkan pejabat diminta harus berada di tempat saat jadwal pemeriksaan.

"Saya ingatkan jangan ada pejabat yang keluar daerah ketika ada jadwal pemeriksaan dari tim BPK,” tegasnya.

Bagi pejabat yang telah dimutasikan ke instansi atau bagian lain, Bupati ROR meminta agar tetap memberi pendampingan saat ada pemeriksaan di instansi tempat tugasnya yang lama. "Walau sudah dimutasi bukan berarti tanggung jawab di tempat yang lama diabaikan. Karena yang menjadi objek pemeriksaan ini menyangkut laporan keuangan tahun 2018, tentu yang lebih menguasai semua dokumen adalah pejabat yang lama," katanya lagi.

Bupati ROR juga meminta agar pimpinan SKPD bersikap koperatif dan menyiapkan semua dokumen yang dibutuhkan. Apabila ada dokumen yang kurang maka harus segera dilengkapi.

"Jadi apapun dokumen atau data yang diminta tim auditor harus diberikan, tidak ada alasan. Makanya dari jauh-jauh hari saya sering ingatkan semua SKPD untuk menyiapkan semua dokumen yang diperlukan supaya saat ada pemeriksaan semuanya berjalan lancar dan tidak ada salah persepsi antara BPK dengan SKPD yang diperiksa," jelasnya.

Jika semua SKPD bekerja dengan baik dan sesuai aturan, Bupati ROR optimis laporan keuangan Pemkab Minahasa tahun 2018 dapat meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).  "Semua tergantung hasil pemeriksaan yang nantinya akan dijadikan dasar oleh BPK untuk mengeluarkan penilaian atau opini terhadap pengelolaan keuangan Pemkab Minahasa tahun 2018. Makanya dokumen yang nantinya diserahkan harus sesuai, agar BPK tidak salah dalam menyimpulkan," pesan Bupati ROR.

Ada pun tim BPK yang akan bertugas di Kabupaten Minahasa, yakni Tangga Mulaiman Purba sebagai Penanggung Jawab, Aris Asmono Wakil Penanggung Jawab dan Ruspita Dewi selaku Pengendali Teknis. Sedangkan tim pemeriksa terdiri dari Elivira Amelia Kaligis selaku ketua tim bersama tiga anggotanya yakni Luana Nogita Malau, Ilham dan Novarina Lumban Gaol.

Dalam pertemuan ini Bupati turut didampingi, Sekda Jeffry Korengkeng SH MSi, para asisten, para pimpinan SKPD, kepala bagian dan para camat di 25 kecamatan se Kabupaten Minahasa.(mrk)


COMMENTS

Nama

advetorial,208,berita utama,1658,bitung,234,ekonomi,238,hukrim,294,infrastruktur,166,manado,1070,minahasa,1658,minsel,534,minut,436,mitra,817,nasional,912,nusa utara,231,olahraga,185,pariwisata,211,politik,690,sulut,2562,tomohon,254,totabuan,333,v,2,video,1,
ltr
item
KabarOk.com - Kabar dikabarkan: Incar WTP, ROR Ingatkan Kepala SKPD Tak Keluar Daerah Saat Pemeriksaan BPK
Incar WTP, ROR Ingatkan Kepala SKPD Tak Keluar Daerah Saat Pemeriksaan BPK
Incar WTP, ROR Ingatkan Kepala SKPD Tak Keluar Daerah Saat Pemeriksaan BPK
https://3.bp.blogspot.com/-pJ87qcRN9pY/XF8KUsryX-I/AAAAAAAAPd8/lh_XBspzv5MbJYKACAwhiE44WpFXosPbgCLcBGAs/s640/0b5fe8e8-63ab-47b2-b8f3-0da86c5033c1.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-pJ87qcRN9pY/XF8KUsryX-I/AAAAAAAAPd8/lh_XBspzv5MbJYKACAwhiE44WpFXosPbgCLcBGAs/s72-c/0b5fe8e8-63ab-47b2-b8f3-0da86c5033c1.jpg
KabarOk.com - Kabar dikabarkan
https://www.kabarok.com/2019/02/incar-wtp-ror-ingatkan-kepala-skpd-tak.html
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/2019/02/incar-wtp-ror-ingatkan-kepala-skpd-tak.html
true
3875780352725475842
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU TAG ARCHIVE SEARCH SEMUA BERITA Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy