Gubernur Imbau Warga Tak Panik, Alat Deteksi Coronavirus Dipasang di Bandara Samrat


Manado-Pemerintah Provinsi Sulut di bawah pimpinan Guebernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven OE Kandouw (OD-SK) langsung bertindak cepat dalam menghadapi Novel Koronavirus atau Coronavirus yang saat ini sedang menggegerkan dunia.

Melalui instruksi Gubernur Olly langkah-langkah antisipasi sudah mulai dilakukan lewat Dinas Kesehatan Daerah (Dinkesda) dan instansi terkait 

"Sudah dipasang alat thermal scanner di bandara Sam Ratulangi, serta ruangan dengan perlengkapan lengkap," ungkap Gubernur Olly saat di wawancarai di lobi Kantor Gubernur di Jalan 17 Agustus Teling Manado, Jumat (24/01/2020) malam ini.

Untuk itu Gubernur Olly mengimbau warga Sulut untuk tidak panik, namun tetap waspada.

"Warga tak usah panik, dalam  perkembangan dunia saat ini tetap ada saja penyakit-penyakit baru yang timbul seiring perkembangan," terang Gubernur Olly lagi.

Apalagi menurutnya langkah-langkah penanganan juga intens dilakukan pemerintah Republik Rakyat Thiongkok (RRT), dengan mulai mengambil tegas untuk menangani virus yang diduga berasal dari hewan tersebut.

"Pemerintah Cina (RRT,red) saat ini saja sudah menutup Kota Wuhan dari aktivitas, termasuk pelarangan warganya bepergian ke luar negeri," jelas Gubernur Olly yang berpesan agar Warga Sulut dapat menjalankan hidup sehat, seperti cuci tangan sebelum melakukan aktivitas makan minum.

Sebelumnya pada jumpa pers  Jumat pagi, Kepala Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara dr Debbie Kalalo mengakui bahwa pihaknya sudah mengambil langkah-langkah sejak awal Januari lalu.

“Penyakit ini tingkat fatalitasnya (kematian) rendah. Dengarkan advice dari sumber terpercaya dan bila didapati adanya berita meresahkan segera menghubungi Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten Kota. Kedua, masyarakat diimbau tetap waspada terutama bila mengalami gejala demam, batuk, disertai kesulitan bernafas, segera mencari pertolongan ke pelayanan kesehatan IRS terdekat,” ungkap dr Debbie.

Ketiga, adalah Health Advice, yakni dengan melakukan kebersihan tangan rutin, terutama sebelum memegang mulut, hidung dan mata; serta setelah memegang instalasi publik.

“Juga mencuci tangan dengan air dan sabun cair serta bilas setidaknya 20 detik. Cuci dengan air dan keringkan dengan handuk atau kertas sekali pakai. Jika tidak ada fasilitas cuci tangan, dapat menggunakan alkohol 70-80 peraen handrub. Kemudian, menutup mulut dan hidung dengan tissue ketika bersin atau batuk. Dan keempat, ketika memiliki gejala gangguan saluran napas, gunakan masker dan berobat ke fasilitas Iayanan kesehatan,” sarannya.

Dikatakannya, sampai hari ini belum ada laporan ataupun deteksi adanya kasus pneumonia berat dengan penyebab Virus Corona di Provinsi Sulawesi Utara.

“Mengingat bahwa Provinsi Sulawesi Utara memiliki kerentanan terkait perkembangan penyakit ini, maka Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara bekerjasama dengan stakeholder terkait telah mengupayakan Iangkah-Iangkah antisipatif,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, kejadian berjangkitnya penyakit infeksi paru menyerupai Pneumonia dengan penyebab virus corona strain baru ten’adi pada awalnya di Provinsi Wuhan Republik Rakyat Tlongkok.

Sampai tanggal 20 Januari 2020 dilaporkan ada 198 orang yang terinfeksi oleh penyakit ini. Sebagian besar ada di Provinsi Wuhan, terlapor adanya penyebaran ke Beijing. Otoritas Kesehatan di Jepang dan Thailand juga melaporkan adanya 3 kasus yang dicurigai, walaupun belum terkonfirmasi. Ada 3 kasus kematian akibat penyakit ini. Kasus kematian terjadi pada orang tua dan orang orang yang memiliki masalah kesehatan lainnya.

Otoritas kesehatan di China berhipotesa bahwa penyakit ini terjangkit dari hewan liar yang dijual di pasar hewan ke manusia. Dilaporkan adanya transmisi (perjangkitan) dari manusia ke manusia walaupun dengan probabilitas yang sangat kecil.(ril)

Langkah-langkah Antisipatif Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulut:

1. Membuat Surat Edaran kewaspadaan Pnemonia kepada Dinas Kesehatan Kabupaten/kota dan Rumah Sakit baik pemerintah maupun swasta pada tanggal 8 Januari 2020;
2. Membuat surat Surveilans Aktif RS dan Surveilans Pasif RS ke rumah sakit rumah sakit agar dapat pro-aktif melaporkan kejadian penyakit berpotensi KLB termasuk kejadian pneumonia pada tanggal 14 Januari 2020;
3. Meningkatkan upaya pengamatan Penyakit menyerupai Influenza (Influenza like illnesses) di Puskesmas-puskesmas.
4.Melakukan pemantauan pelaku perjalanan dari luar negeri di Pintu Masuk Negara di Bandara Sam Ratulangi Manado bekerja sama dengan KKP Kelas II Manado;dengan alat pemantau suhu (thermal Scanner).
5.Melakukan Surveilans Aktif Rumah Sakit (SARS) ke rumah-rumah sakit di Manado dan kabupaten lainnya, untuk memonitor kejadian penyakit menular potensial KLB termasuk kejadian pneumonia;
6. Melakukan Edukasi kepada masyarakat tentang cara-cara pencegahan dan pengendalian penyakit pneumonia.
7. Menyiapkan logistik terkait upaya pencegahan penyakit pneumonia ini.

Turut hadir Johanes Patari Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan, Handry Serang dari RSUP Prof Kandouw, Kabid Pencegahan Penyakit, Steven Dandel.(ifa)

COMMENTS

Nama

advetorial,139,berita utama,1154,bitung,115,ekonomi,160,hukrim,226,infrastruktur,138,manado,618,minahasa,1209,minsel,352,minut,238,mitra,546,nasional,659,nusa utara,122,olahraga,162,pariwisata,184,politik,531,sulut,1992,tomohon,137,totabuan,177,v,1,video,1,
ltr
item
KabarOk.com - Kabar dikabarkan: Gubernur Imbau Warga Tak Panik, Alat Deteksi Coronavirus Dipasang di Bandara Samrat
Gubernur Imbau Warga Tak Panik, Alat Deteksi Coronavirus Dipasang di Bandara Samrat
Gubernur Imbau Warga Tak Panik, Alat Deteksi Coronavirus Dipasang di Bandara Samrat
https://1.bp.blogspot.com/-iV2CGr1Dmbo/XirbHFarOVI/AAAAAAAAWXE/0XYJ-mcDM7EWrWNeIOKSOxsdTQinZPYewCLcBGAsYHQ/s640/IMG-20200124-WA0067.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-iV2CGr1Dmbo/XirbHFarOVI/AAAAAAAAWXE/0XYJ-mcDM7EWrWNeIOKSOxsdTQinZPYewCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200124-WA0067.jpg
KabarOk.com - Kabar dikabarkan
https://www.kabarok.com/2020/01/gubernur-imbau-warga-tak-panik-alat.html
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/2020/01/gubernur-imbau-warga-tak-panik-alat.html
true
3875780352725475842
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU TAG ARCHIVE SEARCH SEMUA BERITA Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy