ODSK Genjot 'Marijo Ba Kobong,' Mentan Akui Kontribusi Pertanian Saat Covid


Manado-Program Pemprov Sulut di bawah pimpinan Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw (ODSK) yang menggenjot sektor pertanian maupun perkebunan melalui kegiatan 'Marijo Ba Kobong' secara tak langsung mendapat apresiasi dari Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia (RI) Syahrul Yasin Limpo.

Hal ini diungkapkan Mentan Limpo saat kunjungan kerja di Provinsi Sulut, Minggu (30/08/2020).

Di hadapan para petani di Desa Tontalete Kecamatan Kema Minahasa Utara (Minut) Mentan Limpo mengakui kontribusi sektor pertanian di saat Pandemi Covid 19.

"Saat pandemi Covid ini, sektor pertanian kita tumbuh hingga 16,4 persen, berdampak pada pertumbuhan perekonomian nasional," ujar Mentan Limpo.

Dikatakannya, selaku bagian dari pemerintah pusat terus memperkuat sektor pertanian di tengah dampak pandemi Covid19 sekarang ini agar pangan tidak bergantung pada import melainkan menjadi terdepan dalam menopang pertumbuhan ekonomi nasional.

Diketahui pula menteri yang telah dua kali menlakukan kunjungan kerja Provinsi Sulut pada tahun 2020 ini (pertama pada tanggal 21 April dan sekarang, 30 Agustus), terkesan memberikan perhatian khusus bagi Provinsi Sulut di sektor pertanian.

Tak hanya itu, Mentan Limpo juga mengapresiasikan dan memuji akan potensi lahan dan keindahan alam Bumi Nyiur Melambai, terutama dalam pengembangan kemajuan pertanian yang digalakkan Pemprov Sulut (Program Marijo Ba Kobong) dibawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw, yang dimana untuk dimasa pandemi Covid19, pertanian merupakan satu hal yang sangat penting bagi masyarakat terlebih khusus petani.


“Bersyukur kepada Tuhan atas angugerah alam di Sulut yang lahannya begitu subur. Pertanian adalah sesuatu yang sangat menjanjikan, dimana petani bukanlah hal memalukan dan petani bukan miskin, pemikiran seperti itu salah! sekarang semua terbalik petani merupakan terkemuka bahkan pertanianlah diutamakan, pertanian tidak akan pernah berhenti. Disaat pandemi Covid, bahkan di negara besar sekalipun seperti Amerika dan Jepang di masa pandemi banyak kembali ke sektor pertanian,” terang Mentan Limpo.

“Bagi kepala daerah saya berpesan bahwa, kalau mau lihat hidup rakyatnya baik, maka perbaiki pertaniannya. Di masa pandemi Covid sekarang ini tidak ada yang lock (lockdown), dalam pertanian sekarang ini kurang lebih sudah mengucurkan 222 Triliun,” ungkapnya seraya kembali berpesan, kepada para kepala dinas pertanian untuk benahi sektor pertanian daerah.

“Provinsi Sulut ini baik sekali untuk sektor pertanian nanti di backup. Nanti tanam kedelainya juga lebih banyak, harganya dibantu. Dari laporan kedelai ini bagus banget dibanding impor, saya harapkan untuk harga bisa bisa 10.000 untuk kedelai. Yang pasti bagi saya, dan saya tau pak Presiden Jokowi sangat pro rakyat,” tambahnya.

"Meski saat ini kemarau, tetapi sektor pertanian di daerah ini tumbuh subur. Seperti jagung yang baru kita panen ini,” ungkapnya.


Dia berjanji Kementan akan terus bersinergi dengan pemerintah di Sulut dalam pengembangan potensi pertanian.

“Saya tentu apresiasi upaya yang dilakukan Pemprov Sulut yang mendorong banyak program guna menunjang ketahanan pangan. Ini harus terus kita prioritaskan bersama,” tuturnya.

Sementara itu sambutan Gubernur Olly yang disampaikan Sekprop Edwin Silangen SE MS mengucapkan rasa terima kasih atas kedatangan menteri ke Sulawesi Utara untuk kedua kalinya.

“Kita sangat bersyukur dan berbangga kembali dikunjungi oleh pak Menteri yang sudah kedua kalinya. Ini bukti merupakan bentuk perhatian pemerintah pusat bagi Sulawesi Utara terlebih bagi masyarakat, di tengah-tengah kesibukan dalam mengurusi 34 provinsi di masa pandemi sekarang pun pak menteri masih bisa datang,” ucap Sekprov dengan menambahkan bahwa kondisi Sulut saat ini masih kondusif disektor pertanian terlebih Pemprov Sulut melalui Gubernur (Olly Dondokambey) yang terus menggalakkan kegiatan ‘Marijo Ba Kobong’.

"Dan memang di saat Pandemi Covid ini pertumbuhan ekonomi kita tumbuh 4,2 persen, dengan sektor pertanian memberikan kontribusi hingga 70 persen," jelas Sekprop Silangen.


Adapun pada kunjungan singkat ini Mentan Limpo yang terus didampingi Sekprop Silangen, hanya melakukan beberapa kegiatan.

Diawali di Desa Tontalete Minut melakukan panen jagung dan kedelai, serta tanam bibit kelapa genja.

Di tempat yang sama, Mentan juga menyaksikan penandatanganan MoU bidang pertanian serta pemberian sejumlah bantuan baik dari pemerintah pusat maupun Pemprov Sulut.

Selanjutnya menuju Kota Bitung untuk melakukan sidak di gudang pupuk.

Kegiatan ditutup dengan kunjungan Mentan Limpo di kompleks Kantor Badan Penelitian Tanaman Palma (BALITPALMA), Minahasa Utara.

Pada kegiatan terakhir ini Mentan Limpo sempat diperlihat sejumlah bibit unggulan jenis-jenis kelapa genja dan pelepasan pupuk ekspor.

Diketahui, untuk lahan di Sulut terdapat kurang lebih 6600 hektar berpotensi untuk diolah. 

Adapun hadir pada kesempatan itu, Pangdam XIII Merdeka, Mayjen TNI Santos G. Matondang, jajaran Forkopimda Sulut dan jajaran Kementerian Pertanian RI, Kepala Dinas Pertanian Peternakan Sulut Ir Novly Wowiling, Kepala Dinas Perkebunan Sulut Ir Refly Ngantung, Asisten II Sekdaprop Praseno Hadi, Bupati Minut, serta para masyarakat penerima bantuan dari Kementan dan Pemprov Sulut.(ifa)

COMMENTS

Nama

advetorial,208,berita utama,1672,bitung,237,ekonomi,240,hukrim,299,infrastruktur,166,manado,1095,minahasa,1669,minsel,534,minut,439,mitra,819,nasional,917,nusa utara,231,olahraga,185,pariwisata,214,politik,694,sulut,2592,tomohon,255,totabuan,333,v,2,video,1,
ltr
item
KabarOk.com - Kabar dikabarkan: ODSK Genjot 'Marijo Ba Kobong,' Mentan Akui Kontribusi Pertanian Saat Covid
ODSK Genjot 'Marijo Ba Kobong,' Mentan Akui Kontribusi Pertanian Saat Covid
ODSK Genjot 'Marijo Ba Kobong,' Mentan Akui Kontribusi Pertanian Saat Covid
https://1.bp.blogspot.com/-LuTN4WEPdd0/X0vm2bexAaI/AAAAAAAAceU/7wukuTdsHsA9-b_YfDuf-geT8NT4YDaXQCLcBGAsYHQ/s640/IMG_20200831_014211.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-LuTN4WEPdd0/X0vm2bexAaI/AAAAAAAAceU/7wukuTdsHsA9-b_YfDuf-geT8NT4YDaXQCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_20200831_014211.jpg
KabarOk.com - Kabar dikabarkan
https://www.kabarok.com/2020/08/odsk-genjot-marijo-ba-kobong-mentan.html
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/2020/08/odsk-genjot-marijo-ba-kobong-mentan.html
true
3875780352725475842
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU TAG ARCHIVE SEARCH SEMUA BERITA Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy