Dihadiri Wagub Steven, Ini Pesan Jokowi di Peringatan Haornas ke 37


Manado-Wakil Gubernur Sulut Drs Steven OE Kandouw menghadiri peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke 37 yang digelar Ruangan Mapalus Kantor Gubernur Sulut di Jalan 17 Agustus Teling Manado, Rabu (09/09/2020) malam.

Pada peringatan yang berlangsung secara nasional secara virtual itu dipimpin langsung Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo (Jokowi).

Presiden Jokowi berpesan agar semua stakeholder olahraga jangan pernah pesimistis dengan potensi Indonesia. Tidak masuk akal bila Indonesia sebagai negara besar kekurangan calon atlet.

"Ingat penduduk kita 270 juta lebih dan mayoritas generasi muda, sangat tidak masuk akal jika kita kekurangan calon atlet yang berbakat, pasti jutaan yang berbakat

karena ini sistem pembinaan atlet nasional sekali lagi harus ‘direview’ total,” lanjut Jokowi.

Menurut Presiden Jokowi kata Wagub Kandouw, pembinaan atlet harus memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi terbaru.

“Bukan hanya untuk pengembangan pusat pelatihan yang berbasis ‘science’ tapi juga manajemen pelatihan yang lebih baik. Kembangkan sistem informasi dan ‘big data analytic’ yang bisa mendeteksi calon-calon atlet yang berkualitas,” pesan Jokowi.

Presiden Jokowi pun memerintahkan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali untuk mengajak semua pihak terkait dapat merancang ulang sistem pembinaan atlet secara besar-besaran.”Dan segera melaporkan hasilnya kepada saya,” ucapnya.

Presiden Jokowi menegaskan bahwa sebagai suatu negara besar, Indonesia harus punya nama besar di kompetisi olahraga di arena internasional.

“Kita pernah memiliki nama-nama besar di tingkat internasional di beberapa cabang olahraga dan saat ini kita juga masih punya nama-nama besar. Di kesempatan kali ini saya sampaikan penghargaan kepada para atlet yang telah berjuang mengibarkan bendera Merah Putih dan mengumandangkan Indonesia Raya, yang telah mengharumkan nama Indonesia di arena-arena internasional, kontribusi bapak ibu dan saudara-saudara selalu melekat di coretan sejarah olahraga Indonesia,” ujarnya.

Presiden Jokowi juga mengungkapkan bahwa olahraga mempunyai peran yang sangat penting bagi kehidupan baik sebagai individu maupun sebagai masyarakat dan bangsa.

“Pertama, olahraga adalah instrumen penting bagi pendidikan kita, bukan hanya pendidikan jasmani, bukan hanya menguatkan fisik tapi olahraga juga pendidikan karakter,” kata Presiden Jokowi.

Menurut Presiden Jokowi, olahraga membangun karakter disiplin dan sportivitas.

“Bahwa menang dan kalah itu biasa, membangun karakter pejuang dan pekerja keras, memperkuat karakter kolaborasi dalam ‘team work’ dan bahkan memperkokoh jiwa patriotisme dan nasionalisme,” ujarnya.

Dia mengatakan olahraga menjadi alat untuk meningkatkan produktivitas masyarakat. Soalnya mustahil produktif kalau badan tidak sehat.

“Olahraga harus menjadi keseharian bagi warga masyarakat, menjadi keseharian bagi para pegawai, menjadi keseharian bagi kita semua di kantor-kantor pemerintah, perusahaan dan berbagai organisasi lainnya,” ucapnya.

Artinya, menurut Presiden, olahraga bukan hanya urusan individu, juga bukan hanya urusan Kementerian Pemuda dan Olahraga, tapi menjadi urusan seluruh lapisan masyarakat.

“Olahraga harus didukung dengan infrastruktur yang baik, didukung dengan gaya hidup dan didukung dengan teknologi dan manajemen yang baik. Selamat Hari Olahraga Nasional, jadikan olahraga sebagai bagian pola hidup sehat kita. Masyarakat sehat negara kuat, kita mulai semangat baru olahraga untuk negara kita Indonesia Maju,” kata Presiden.

Acara puncak Haornas ke-37 turut dihadiri para menteri kabinet Indonesia Maju, pejabat Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Komite Olimpiade Indonesia (KOI) serta para atlet.(*/rls)



COMMENTS

Nama

advetorial,222,berita utama,1861,bitung,270,ekonomi,268,hukrim,330,infrastruktur,180,manado,1311,minahasa,1718,minsel,545,minut,522,mitra,824,nasional,1008,nusa utara,242,olahraga,186,pariwisata,219,politik,841,sulut,2876,tomohon,263,totabuan,361,v,2,video,1,
ltr
item
KabarOk.com - Kabar dikabarkan: Dihadiri Wagub Steven, Ini Pesan Jokowi di Peringatan Haornas ke 37
Dihadiri Wagub Steven, Ini Pesan Jokowi di Peringatan Haornas ke 37
Dihadiri Wagub Steven, Ini Pesan Jokowi di Peringatan Haornas ke 37
https://1.bp.blogspot.com/-gP_hOXXu0fs/X1oNNrGZxiI/AAAAAAAAc5A/F7KTE5_WSlg-pg4xfdQnUdE4dMALcHaOwCLcBGAsYHQ/s320/IMG-20200909-WA0100-1024x682-1-1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-gP_hOXXu0fs/X1oNNrGZxiI/AAAAAAAAc5A/F7KTE5_WSlg-pg4xfdQnUdE4dMALcHaOwCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200909-WA0100-1024x682-1-1.jpg
KabarOk.com - Kabar dikabarkan
https://www.kabarok.com/2020/09/dihadiri-wagub-steven-ini-pesan-jokowi.html
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/2020/09/dihadiri-wagub-steven-ini-pesan-jokowi.html
true
3875780352725475842
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU TAG ARCHIVE SEARCH SEMUA BERITA Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy