Kabarok.com

Hendry Walukouw Pimpin Pembahasan Pansus Ranperda Tata Cara Perencanaan Propemperda


Manado - Agenda Panitia Khusus Rancangan Peraturan Daerah Tata Cara Penyusunan Perencanaan Program dan Pembentukan Peraturan Daerah, kembali menggelar rapat dengar pendapat bersama dengan stakeholder terkait diantaranya Biro Hukum Pemprov Sulut, serta Tim Ahli Propemperda DPRD Sulut, Tim Ahli Fraksi Partai Nyiur Melambai, Tim Ahli Fraksi Partai Golkar dan Staf Sekretariat DPRD Sulut bertempat di Ruang Komisi I DPRD Sulut, Senin (4/10/2021).

Ketua Pansus Henry Walukouw, SE membuka gelar RDP dan memberi kesempatan kepada Kepala Biro Hukum Pemprov Sulut, DR. Flora Krisen untuk menjelaskan maksud dan tujuannya pembentukan ranperda tata cara penyusunan Propemperda. Yakni perda ini dimaksudkan untuk mempedomani kepada pemda dan dprd dalam penyusunan propempereda sebagai instrumen perencanaan pembentukan perda yang disusun secara terencana, terpadu dan tersistematis,”paparnya.


Diayat selanjutnya disebutkan propemperda itu tidak lain adalah mencantumkan daftar rancangan peraturan daerah yang disusun berdasarkan metode dari barometer tertentu sebagai bagian integral dari sistem perundang – undangan yang tersusun secara hirarki dalam sistem hukum nasional.” ucap Krisen.

“Tujuan dilakukannya pembentukan peraturan daerah; pertama, memberikan gambaran objektif tentang kondisi umum pembentukan perda. Kedua, menetapkan skala perioritas penyusunan peraturan daerah sebagai pedoman bersama pembentukan perda. Ketiga menjadi sarana pengendali kegiatan pembentukan perda.” jelas Krisen.

Ketua pansus Henry Walukouw, mengapresiasi tentang arti, maksud dan tujuan penyusunan suatu perda usai dibacakan Karo Hukum Flora Krisen.

Disamping pembahasan pasal demi pasal oleh Karo Hukum, dikesempatan yang sama secara bergilir Ketua Pansus membuka kesempatan kepada seluruh anggota pansus yang hadir secara fisik maupun virtual.

Diantaranya anggota pansus Berty Kapojos, mengajukan pertanyaan terkait data apa yang digunakan sebelum pembentukan propemperda ini, karena menurutnya yang kami lihat ini, di tata tertib (tatib) memang sudah jelas bagaimana kalau ada naskah akademik.

Sementara anggota lainnya, Herry Rotisulu turut menanggapi bahwa ada pun tahapan penyusunan yang harus ditambahkan oleh Karo Hukum yaitu standar dan kualitas.

“Apabila ada standar dan kualitas, ranperda itu kemudian ditetapkan menjadi program pembentukan perda itu sendiri. Jika ada standar dan kualitas kita tidak sembarang menetapkan perda, kan saat ini harus menciptakan perda yang berkualitas dan punya kekuatan,” katanya.

Hal tersebut dibenarkan Karo Hukum, dimana DPRD memiliki aturan. Ranperda Peraturan DPRD yang mengacu pada permendagri,

"Sesuai ketentuan Pasal 16 Ayat 3, Permendagri Nomor 120 tahun 2018 bahwa ranperda Propemperda ditetapkan dengan Perda, jadi tata cara dalam hal ini seperti naskah yang kita bagikan harus ditetapkan dalam ranperda,"ujar Karo Hukum Flora Krisen. (**/Oby)

COMMENTS

Nama

advetorial,284,berita utama,2310,bitung,465,ekonomi,345,hukrim,469,infrastruktur,207,manado,1728,minahasa,1873,minsel,596,minut,663,mitra,923,nasional,1187,nusa utara,306,olahraga,253,pariwisata,236,politik,1091,sulut,3563,tomohon,282,totabuan,394,v,2,video,1,
ltr
item
KabarOk.com - Kabar dikabarkan: Hendry Walukouw Pimpin Pembahasan Pansus Ranperda Tata Cara Perencanaan Propemperda
Hendry Walukouw Pimpin Pembahasan Pansus Ranperda Tata Cara Perencanaan Propemperda
Hendry Walukouw Pimpin Pembahasan Pansus Ranperda Tata Cara Perencanaan Propemperda
https://1.bp.blogspot.com/-ODb4fF2TNK8/YVw2ylzRQeI/AAAAAAAAlXE/abDbGNxPss01-Tl89iogG6nAmWGcEsQXACLcBGAsYHQ/s0/20211005_192230.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-ODb4fF2TNK8/YVw2ylzRQeI/AAAAAAAAlXE/abDbGNxPss01-Tl89iogG6nAmWGcEsQXACLcBGAsYHQ/s72-c/20211005_192230.jpg
KabarOk.com - Kabar dikabarkan
https://www.kabarok.com/2021/10/hendry-walukouw-pimpin-pembahasan.html
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/2021/10/hendry-walukouw-pimpin-pembahasan.html
true
3875780352725475842
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU TAG ARCHIVE SEARCH SEMUA BERITA Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy