Kabarok.com

Terkait Smart City Kota Bitung, Rudy Theno: Master-Plannya Segera Dipercepat


Bitung—Ditetapkanya Kota Bitung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI, sebagai kota urutan ke 35 di Indonesia dalam daftar kabupaten/kota yang terpilih melaksanakan Program Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) terus disikapi Pemerintah Kota Bitung.

Pemkot Bitung di bawah pimpinan Walikota Ir Maurits Mantiri dan Wawali Hengky Honandar semakin memotivasi dan mengambil sikap kerja cepat untuk segera menyusun masterplannya.

Hal ini ditegaskan mantan Kadis Kominfo Bitung Ir. Rudy Theno, S.T., M.T  yang juga selaku Ketua Tim Teknis Bitung Kota Digital.

Kata Theno, langkah cepat harus dilakukan untuk Pemkot Bitung guna menyusun master plan smart city.

"Sebenarnya master-plannya sudah ada apalagi visi dan misi walikota dan Wakil Walikota Bitung adalah kota digital smart city sehingga jika terjadi penambahan atau perubahan dalam master plan itu hanya sedikit," jelasnya.

“Kami malahan tahun lalu sudah membentuk dewan bitung kota digital dan tim teknis bitung kota digital  yang nantinya akan mendorong percepatan Bitung menjadi kota cerdas/pintar," ujarnya 

 “Smart city itu bukan berarti membeli teknologi, komputer atau aplikasi,  melainkan melayani masyarakat dengan lebih baik. Fokusnya adalah bagaimana kita mengubah proses bisnis dan tata cara pemerintah daerah dalam melayani. Sedangkan jaringan, tekonologi, aplikasi itu hanya enabler atau pendukung,” jelas Theno, mengutip kembali  pernyataan Menteri Kominfo-RI soal Smart City.

Ia memaparkan, salah satu keunggulan dari kota cerdas adalah mendorong agar masyarakat tidak lagi mengunakan uang tunai atau cashless.

“Sedangkan soal teknologi apa yang ingin dipakai, Pemkot harus punya keberanian mendorong dunia usaha dan masyarakat untuk menggunakan teknologi-teknologi seperti QR code, e-banking, dan e-wallet,’ dalam setiap transaksinya,” ucap Theno.

Dijelaskan, turunan dari kota cerdas tersebut adalah smart village atau kelurahan cerdas, guna membangun desa dan kawasan yang cerdas. ada enam hal yang harus dilakukan, yaitu:

1. Branding desa: Mengembangkan brand desa sebagai motivasi dengan menciptakan potensi lokal berkelas global;

2. Hunian sehat: Terwujudnya hunian yang sehat untuk menghasilkan keluarga yang bahagia, sehat, dan cerdas;

3. Lingkungan sehat: Membangun tata lingkungan desa dan kawasan yang cerdas dan dikelola dengan baik dalam harmoni, merubah bencana menjadi manfaat;

4. Pemerintah desa cerdas: Membangun sistem penyelenggara administrasi pemerintahan yang cerdas;

5. Masyarakat cerdas: Pengembangan tata kemasyarakatan yang harmonis, cerdas, guyub, bahagia; 

6. Ekonomi cerdas: Tata ekonomi masyarakat desa yang tangguh, cerdas, dan sejahtera. Mengembangkan tatanan ekonomi yang kemasyarakat dan badan usaha yang tangguh.(serdy)


COMMENTS

Nama

advetorial,294,berita utama,2452,bitung,485,ekonomi,356,hukrim,477,infrastruktur,210,manado,1756,minahasa,1895,minsel,631,minut,693,mitra,926,nasional,1207,nusa utara,315,olahraga,264,pariwisata,244,politik,1162,sulut,3794,tomohon,282,totabuan,394,v,2,video,1,
ltr
item
KabarOk.com - Kabar dikabarkan: Terkait Smart City Kota Bitung, Rudy Theno: Master-Plannya Segera Dipercepat
Terkait Smart City Kota Bitung, Rudy Theno: Master-Plannya Segera Dipercepat
Terkait Smart City Kota Bitung, Rudy Theno: Master-Plannya Segera Dipercepat
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjlDxDigDqXDuASTXfqOLllVCdtzNEZufS-w-8Zj-Mop3Cw_wwnPa5y3NLvflYxFZ1OpJnyCyeVn2G6A3TQmmKpLtEYANUwbtGGCduyk2boSnRKWsJ5KY_dRH9bmrvT_jZT55Q7T0IiOW7RFf20_YiBxELAcMtTFdNc9wC2EHgDF8-_FRBupogooEee=s320
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjlDxDigDqXDuASTXfqOLllVCdtzNEZufS-w-8Zj-Mop3Cw_wwnPa5y3NLvflYxFZ1OpJnyCyeVn2G6A3TQmmKpLtEYANUwbtGGCduyk2boSnRKWsJ5KY_dRH9bmrvT_jZT55Q7T0IiOW7RFf20_YiBxELAcMtTFdNc9wC2EHgDF8-_FRBupogooEee=s72-c
KabarOk.com - Kabar dikabarkan
https://www.kabarok.com/2022/01/terkait-smart-city-kota-bitung-rudy.html
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/2022/01/terkait-smart-city-kota-bitung-rudy.html
true
3875780352725475842
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU TAG ARCHIVE SEARCH SEMUA BERITA Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy