FDW-PYR Apresiasi Kemenkop-UKM RI Gelar Rakor Perumusan Rekomendasi Kebijakan Factory Sharing Sentra/UKM di Minsel


Amurang-Wakil Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Pdt Petra Yani Rembang MTh (PYR), mewakili Bupati Franky Donny Wongkar,SH (FDW), menghadiri Rapat Koordinasi Perumusan Rekomendasi Kebijakan Factory Sharing Sentra/UKM yang diprakarsai oleh Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia. Bertempat Hotel Sutanraja Amurang, Kamis (10/02/2022).

Dalam sambutannya Wabup Petra Rembang mengatakan, Pemkab Minsel menyambut baik pelaksanaan kegiatan tersebut, sekaligus memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada pihak Kementerian Koperasi dan UKM RI yang telah memfasilitasi pelaksanaan kegiatan ini.


“Harapan kami, melalui rapat ini akan menghasilkan rumusan-rumusan rekomendasi kebijakan untuk kelancaran pembangunan factory sharing serta optimalisasi pemanfaatannya,”  jelas Wabup PYR.

Lanjutnya, Kbupaten Minsel sungguh berbangga dapat terpilih sebagai salah satu dari 5 daerah di Indonesia yang akan menjadi lokasi pembangunan rumah produksi bersama atau berbagi pabrik untuk pengembangan sentra UKM berbasis produk unggulan daerah potensi ekspor komoditas kelapa.

“Saya yakin, kehadiran factory sharing ini nantinya akan menjadi momentum besar bagi peningkatan daya saing, nilai tambah dan perluasan pasar produk ukm di minahasa selatan," terangnya lagi.


Lebih jauh dikatakan bahwa sektor pertanian dan perkebunan adalah salah satu prioritas unggulan di Kabupaten Minsel. 

"Khusus untuk komoditas kelapa, sesuai dengan data badan pusat statistik, pada tahun 2020 Minahasa Selatan telah menghasilkan 46.241,40 ton kelapa dengan luas tanam 46.735,52 hektar," terangnya.

Wabup menambahkan, kelapa merupakan salah satu komoditas yang memiliki nilai ekonomi yang baik bagi petani, karena hampir semua bagian yang ada pada tumbuhan ini dapat dimanfaatkan untuk kehidupan manusia.

"Di Minahasa Selatan sendiri, kelapa telah diolah menjadi berbagai produk, seperti kopra, bahan kerajinan, maupun bahan makanan," katanya.


“Namun disadari baik dari segi teknologi, sumber daya manusia, maupun permodalan kami masih sangat terbatas sehingga produktivitas komoditas kelapa oleh petani di minahasa selatan belum maksimal”  tutur Wabub PYR.

Harapan Rembang, kiranya pembangunan rumah produksi bersama atau factory sharing oleh Kementerian Koperasi dan UKM RI akan berjalan dengan lancar. Sehingga nantinya akan memberikan dampak positif bagi para petani kelapa maupun pelaku UKM di Minahasa Selatan dalam upaya peningkatan kualitas produk, perluasan pasar serta membuka kesempatan kerja, yang pada akhirnya akan bermuara pada peningkatan perekonomian masyarakat, Koperasi dan UMKM yang maju dan berdaya saing.

Sementara untuk pengembangan sektor UMKM di Minahasa Selatan, sekitar 23.994 UMKM yang terdaftar di Kabupaten Minahasa Selatan pada umumnya, semua merasakan dampak dari pandemi ini.

"Namun, saya tetap mendorong semangat para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan untuk berani melangkah dan menghasilkan produk-produk maupun layanan yang kreatif dan inovatif,” katanya.

Tahun 2022 telah kami canangkan sebagai tahun ‘marijo ba tanam’ dalam upaya pemulihan ekonomi di Kabupaten Minahasa Selatan, akibat pandemi covid-19 dan berbagai bencana alam yang terjadi. Melalui pencanangan ‘marijo batanam’ di tahun 2022 ini, sektor pertanian dan perkebunan akan menjadi sektor unggulan dan perhatian pemerintah,” terangnya.

"Kami optimis sektor-sektor ini mampu mendukung pemulihan dan peningkatan ekonomi di tengah pandemi covid-19. Selain prioritas sektor pertanian dan perkebunan, melalui “marijo batanam” kita juga akan berupaya menumbuhkan berbagai sektor perekonomian masyarakat agar semakin kuat, mampu bertahan bahkan dapat mempergunakan pandemi menjadi lompatan kebangkitan ekonomi masyarakat di berbagai bidang," jelasnya lagi.

“Tentu Pemkab Minsel mengharapkan bantuan dan dukungan dari Kementerian Koperasi dan UKM RI, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional RI, serta pemerintah Provinsi Sulawesi Utara untuk terus bersinergi dalam rangka pembangunan roda pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Minahasa Selatan maju, berkepribadian dan sejahtera” tutup Wabup PYR.(andi)


COMMENTS

Nama

advetorial,317,berita utama,2616,bitung,615,ekonomi,372,hukrim,493,infrastruktur,213,manado,1785,minahasa,1940,minsel,684,minut,707,mitra,929,nasional,1248,nusa utara,352,olahraga,269,pariwisata,249,politik,1222,sulut,4115,tomohon,287,totabuan,408,v,2,video,1,
ltr
item
KabarOk.com - Kabar dikabarkan: FDW-PYR Apresiasi Kemenkop-UKM RI Gelar Rakor Perumusan Rekomendasi Kebijakan Factory Sharing Sentra/UKM di Minsel
FDW-PYR Apresiasi Kemenkop-UKM RI Gelar Rakor Perumusan Rekomendasi Kebijakan Factory Sharing Sentra/UKM di Minsel
FDW-PYR Apresiasi Kemenkop-UKM RI Gelar Rakor Perumusan Rekomendasi Kebijakan Factory Sharing Sentra/UKM di Minsel
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjKbon3y9AQM4tQZfnVBL_P44ofKOIKMqUBwuHnUxBkyYo6Ucx7Dii3MXHkfHuFv2RG8AcmcsO3wVJg0DE2J27K8_pHAI9pmRpRgR0WBKG8XiveR_KR6Mo8GItS79cOHi8CzYxqmiV8QDXE0Navtq_KGXuC-FxS6JMQspsxZShCVf10rshJVnl5xJDX=s320
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjKbon3y9AQM4tQZfnVBL_P44ofKOIKMqUBwuHnUxBkyYo6Ucx7Dii3MXHkfHuFv2RG8AcmcsO3wVJg0DE2J27K8_pHAI9pmRpRgR0WBKG8XiveR_KR6Mo8GItS79cOHi8CzYxqmiV8QDXE0Navtq_KGXuC-FxS6JMQspsxZShCVf10rshJVnl5xJDX=s72-c
KabarOk.com - Kabar dikabarkan
https://www.kabarok.com/2022/02/fdw-pyr-apresiasi-kemenkop-ukm-ri-gelar.html
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/2022/02/fdw-pyr-apresiasi-kemenkop-ukm-ri-gelar.html
true
3875780352725475842
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU TAG ARCHIVE SEARCH SEMUA BERITA Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy