Ditanya Soal Potensi Sulut di EAEU Moskow Rusia, Gubernur Olly Detail Jelaskan


Manado-Momentum sebagai pembicara di pertemuan bergengsi internasional Negara Persatuan Ekonomi Eurasia atau Eurasian Economic Union (EAEU), Kamis (25/05/2023), Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE tampil brilian.

Saat ditanya "Provinsi yang Anda pimpin kaya akan sumber daya mineral, kelautan dan sektor pariwisata. Jelaskan lebih kepada kami tentang potensi Provinsi Sulawesi Utara?" (Dalam waktu 5-7 Menit,red) Gubernur Olly pun secara mendetail menjelaskan poin-poin penting terkait Bumi Kawanua.

Menurut Gubernur Olly Sulawesi Utara adalah salah satu dari tiga puluh delapan provinsi di Indonesia yang terletak di bagian paling utara berbatasan dengan Filipina. 

Lanjutnya, Sulawesi Utara memiliki posisi strategis secara geografis sebagai pintu gerbang Indonesia di Asia dan Pasifik serta menjadi salah satu dari tiga provinsi di Indonesia yang terkoneksi dengan jalur laut One Belt One Road pemerintah Tiongkok. 


Dan dua koma enam juta masyarakat Sulawesi Utara hidup harmonis dalam keberagaman suku, agama dan budaya di wilayah administrasi pemerintahan yang terbagi dalam sebelas kabupaten dan empat kota dengan luas wilayah empat belas ribu lima ratus kilometer persegi.

Pun

Kerukunan dalam keragaman masyarakat Sulawesi Utara tersebut menjadi modal dasar ekonomi Sulawesi Utara untuk terus bangkit setelah pandemi.

Kata Gubernur Olly, sektor-sektor ekonomi Sulawesi Utara terus bergerak. Tanaman Pangan, Tanaman Hortikultura, Perkebunan, Peternakan, Perikanan, Panas Bumi, Pertambangan Emas, Industri mineral bukan logam, Konstruksi dan sektor ekonomi lainnya berkontribusi terhadap total Produk Domestik Bruto senilai sepuluh koma lima milliar US Dollar di tahun 2022. Pertumbuhan sektor-sektor ekonomi tersebut membawa ekonomi Sulawesi Utara tumbuh di atas rata-rata nasional dan dengan sinergi pemerintah dan masyarakat inflasi dapat dijaga di bawah rata-rata nasional. 

Lebih jauh dikatakan bahwa kinerja positif di bidang ekonomi dipadu dengan intervensi pemerintah di bidang pendidikan dan kesehatan juga terus mendongkrak kualitas hidup manusia di Sulawesi Utara dengan capaian indeks pembangunan manusia terus meningkat dan tetap berada di atas rata-rata nasional.


Ditambahkan bahwa selanjutnya, selain ditopang oleh konsumsi masyarakat dan pemerintah, ekonomi Sulawesi Utara juga ditopang oleh investasi. Untuk mendorong investasi, kami terus memberikan fasilitas fiskal dan pelayanan. Dalam kurun waktu 2019 hingga 2022 hampir empat miliar US dollar penanaman modal dalam negeri dan penanaman modal asing yang masuk ke Sulawesi utara diantaranya di Sektor Pertambangan (Emas), Real Estate, Telekomunikasi, Listrik, Hotel, Konstruksi, Industri Makanan dan Industri mineral non logam (semen). 

Pun selanjutnya ekspor Sulawesi Utara juga memiliki peran yang sangat penting bagi perekonomian Sulawesi Utara. Statistik Ekspor Tahun 2022 mencatat Sulawesi Utara mengekspor seratus lima puluh enam komoditas diantaranya kelapa dan produk turunannya, ikan dan produk turunannya, emas, cengkeh, pala dan produk turunannya, lada, jahe, vanili, dan semen ke delapan puluh empat negara tujuan ekspor dengan total nilai ekspor sebesar satu koma satu milliar US Dollar.

Keberhasilan mewujudkan Sulawesi Utara sebagai pintu gerbang Indonesia di Asia dan Pasifik membutuhkan dukungan pembangunan infrastruktur dan pembangunan kepariwisataan. Untuk itu kami terus membuka kesempatan kerjasama investasi di bidang infrastruktur dan kepariwisataan. 

Adapun beberapa proyek pembangunan infrastruktur dan kepariwisataan yang direncanakan antara lain Kawasan Ekonomi Khusus Bitung, Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Likupang, Kawasan Industri Mongondow, Bitung International Hub Port, Jembatan Bitung-Lembeh, Jalan Tol Manado-Amurang, Jalur Kereta Api Manado-Bitung, Manado Outer Ringroad III, dan Pengolah Sampah menjadi Energi Listrik.


Untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata Sulut seperti sebelum pandemi, kami terus berusaha membuka jalur penerbangan langsung dari bandar udara luar negeri ke bandar udara internasional Sam Ratulangi di Sulawesi Utara. Belum lama ini kami membuka penerbangan dari Narita, Jepang dan Incheon, Korea Selatan. Sebelum pandemi, ada penerbangan langsung dari delapan provinsi di Tiongkok yang mendongkrak jumlah wisatawan mancanegara yang datang dari sekitar empat puluh ribuan menjadi seratus lima puluh ribuan per tahun. Pada kesempatan ini kami mengajak wisatawan dari Russia, Kyrgyz, Armenia, Belarus dan Kazakhstan untuk datang dan menikmati keindahan alam Sulawesi Utara. Sulawesi Utara memiliki lebih dari 95 destinasi wisata yang menawarkan beragam pengalaman wisata mulai dari wisata bahari, pertanian, cagar alam, taman konservasi, olahraga dan adrenalin, religi, sampai wisata sejarah dan budaya. 

Dan jelas Gubernur Olly dalam catatan kami sepanjang tahun 2022 dari lima belas ribu wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Sulawesi Utara  terdapat dua ratus wisatawan asal Rusia. Kami berharap dengan dibukanya penerbangan langsung Rusia ke Indonesia jumlah ini terus bertambah. Masyarakat Rusia dan Masyarakat Sulawesi Utara memiliki kemiripan dalam kekristenan, budaya dan makanan. Lebih khusus Sulawesi Utara memiliki Likupang dengan pesona wisata baharinya yang telah ditetapkan sebagai satu dari lima destinasi super prioritas pariwisata di Indonesia di luar Bali.

Dibukanya kembali jalur penerbangan Rusia-Indonesia pasca pandemi Covid-19, kata Olly, menjadi angin segar untuk peningkatan ekonomi di Sulut.

"Sulawesi Utara memiliki potensi yangp0 pa strategis sepp menjadi salah satu dari tiga provinsi di Indonesia yang terkoneksi dengan jalur laut One Belt One Road pemerintah Tiongkok," ungkap Olly Dondokambey.

Sejumlah sektor ekonomi Sulut pun terus bergerak. Tanaman pangan, holtikultura, perkebunan, peternakan, perikanan, panas bumi, pertambangan emas, industri mineral bukan logam, konstruksi dan sektor ekonomi lainnya berkontribusi terhadap total Produk Domestik Bruto senilai 10,5 Miliar USD di tahun 2022.

Dalam mendorong investasi menurut Olly, Pemprov Sulut terus memberikan fasilitas fiskal dan pelayanan. Misalnya dalam kurun waktu 2019 hingga 2022, hampir 4 Miliar USD penanaman modal dalam negeri dan asing yang masuk ke Sulut, di antaranya dari sektor pertambangan emas, real estate, telekomunikasi,  listrik, hotel, konstruksi, industri makanan dan industri mineral non logam.


Gubernur Olly menerangkan untuk mewujudkan Sulut sebagai pintu gerbang Asia-Pasifik, Pemprov Sulut membutuhkan dukungan pembangunan infrastruktur dan pembangunan kepariwisataan.

"Untuk itu kami terus membuka kesempatan kerjasama investasi di bidang infrastruktur dan kepariwisataan. Sejumlah proyek pembangunan infrastruktur dan kepariwisataan yang direncanakan antara lain Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung, KEK Pariwisata Likupang, Kawasan Industri Mongondow, Bitung International Hub Port, Jembatan Bitung-Lembeh, Jalan Tol Manado-Amurang, Jalur Kereta Api Manado-Bitung, Manado Outer Ring Road III dan Pengelolaan  Sampah Menjadi Energi Listrik," terang Gubernur Olly.

Untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata di Sulut seperti sebelum pandemi, tambah Olly, Pemprov terus berusaha membuka jalur penerbangan langsung dari bandar udara luar negeri ke Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi.

"Belum lama ini kami membuka penerbangan dari Narita Jepang dan Incheon Korea Selatan, sebelum pandemi ada penerbangan langsung dari delapan provinsi di Tiongkok yang mendongkrak jumlah wisatawan mancanegara yang datang dari sekitar empat puluh ribuan menjadi seratus lima puluh ribuan turis per tahun," tambah Gubernur Olly.

Gubernur Olly berharap dengan dibukanya penerbangan langsung Rusia ke Indonesia jumlah turis terus bertambah. Sebab Masyarakat Rusia dan masyarakat Sulut memiliki kemiripan dalam kekristenan, budaya dan makanan. Lebih khusus Sulut memiliki Likupang dengan pesona wisata baharinya yang telah ditetapkan sebagai satu dari lima destinasi super prioritas pariwisata di Indonesia di luar Bali.


"Kesemuanya itu didukung dengan keramahan masyarakat Sulawesi Utara akan memberikan pengalaman yang berkesan bagi wisatawan yang akan berkunjung," pungkasnya.

Adapun EAEU terdiri dari negara Rusia, Armenia, Belarusia, Kazakhstan dan Kyrgyzstan, yang merupakan kawasan ekonomi perekonomian kuat dan potensi pasar yang besar.(ifa)




COMMENTS

Nama

.Demokrat Sulut,1,advetorial,375,Aldrin Christian,2,Ardiles Mewoh,3,balai wilayah sungai 1 sulut,1,Banteng Muda Indonesia,2,Bantuan Benih Ikan,1,Bapas,5,Bapas Manado,8,Bawaslu,2,Bawaslu Sulut,9,Baznas Boltim,1,Benny Mokoginta SP,1,berita,1,berita utama,3263,Berty Kapoyos,2,Billy Kaeng,1,Billy Lombok,2,bitung,967,BKMT,1,BKPSDM,1,bolmong,73,Bolmut,51,Bolsel,5,Boltim,15,BP2JK,1,BPJN,1,BPJN Sulut,1,BPJS Kesehatan,1,braien waworuntu,1,Brigjen TNI Wakyono,1,Budidaya Ikan Air Tawar,1,Bupati Sam Sachrul Mamonto,5,Camat Feine Sumual,1,Damkar Kota Manado,1,Danau Mooat,1,Dapur sehat lembaga pemasyarakatan lapas tondano di resmikan kakanwil kemenkumham sulut .minahasa,1,Demokrat Sulut,6,Desa Buyat,1,Desa Dodap,1,Devi Kumaat,1,Dinas Pertanian Boltim,1,Dispar Boltim,1,Disperik,1,DKPP,1,Donny Rumagit,1,DPM-PTSP,1,DPMD,1,DPMD Boltim,1,DPR RI,1,DPRD Sulut,28,Drs. Rusmin Mokoagow,1,ekonomi,388,Erwin Tandayu,2,Fabian Kaloh,1,felly estelita runtuwene,15,felly estita runtuwene,3,Ferry Liando,2,Firly Bahuri,1,Forward,1,Fraksi Partai Golkar,1,ganjar pranowo,1,Gerdal Fenomena El-Nino,1,Hendro Kartiko,1,Hendry Walukouw,3,Hotel Discovery Ancol Jakarta,1,hukrim,556,infrastruktur,221,Inggried J.N.N Sondakh,1,Irjen (Pol) Yudhiawan,1,jeane laluyan,1,jems tuuk,4,JKN KIS,1,kaesang pangarep,2,Kapolda Sulut,1,Karang Taruna Boltim,1,Kebakaran,1,Kemenkeu RI,1,Kemenkumham,3,Komisi 1,1,komisi 3,1,komisi III,1,Korem 131 Santiago,1,korupsi,1,Kotamobagu,12,KPK RI,3,kpu,1,KPU Minsel,1,KPU RI,1,KPU Sulut,10,Liwas,1,manado,1898,melky pangemanan,2,Meykin Modeog,1,Meykin Modeong,1,Mianahasa,4,minahasa,2392,Minahasa-,1,minsel,693,minut,746,mitra,941,MORR III,1,Motongkad,1,Muhammad Jabir,1,Munahasa,1,nasional,1283,Nawawi Pomolango,1,Niklas Silangen,1,nusa utara,384,olahraga,324,Orari Sulut,1,P3K Tenaga Teknis,1,Panwas Manado,1,pariwisata,255,Partai Golkar,1,Partai Nasdem,3,Partai Nasdem Sulut,3,pdi perjuangan,1,Pegadaian Liga 2,11,Pemilu 2024,1,Pemkab Boltim,1,Pemprov,3,Pengucapan Syukur,1,pileg 2024,1,PJ Bupati minahasa Dr.Jemmy Kumendong trimah kunker bupati Semarang Hj.Basri,1,Polda Sulut,4,politi,1,politik,1731,Polri,1,Pondok Pesantren Tebuireng Ireng VII,1,prabowo,1,prabowo subianto,1,Pulau Bombuyanoi,1,Pusat Diving Center,1,q,5,Ranomuut,1,rasky mokodompit,2,Reses DPRD,2,Sam Sachrul Mamonto,4,Sandra Moniaga,1,Sekretariat DPRD Sulut,2,Seska Ervina Budiman S. Sos,1,Sosialisasi Izin Usaha,1,sulut,5610,Sulut United,15,Survei Penilaian Integritas,1,surya paloh,1,tomohon,353,toni supit,1,totabuan,437,UNAR SULUT,1,v,2,video,1,WBK,2,William Billy Kaeng,3,yongkie limen,1,
ltr
item
KabarOk.com - Kabar dikabarkan: Ditanya Soal Potensi Sulut di EAEU Moskow Rusia, Gubernur Olly Detail Jelaskan
Ditanya Soal Potensi Sulut di EAEU Moskow Rusia, Gubernur Olly Detail Jelaskan
Ditanya Soal Potensi Sulut di EAEU Moskow Rusia, Gubernur Olly Detail Jelaskan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgkh-7wHtyc88BStfsqYjI0b7b1SfOTJl0msOgSOARp7aK-GHiacthrzQRfiWjkJqYnh2vB7mGzKPIeuiMtcCLGsDelxIXlRyBN06_hkO2hrW6QoXtFzfmRAbX2hqtGMTKLsgjYidUUB-wSAWi56ZQAkZ8TXdp8zbyhMM16FGlOfuxpCTHW3ugpxX0F/s320/IMG_20230526_192257.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgkh-7wHtyc88BStfsqYjI0b7b1SfOTJl0msOgSOARp7aK-GHiacthrzQRfiWjkJqYnh2vB7mGzKPIeuiMtcCLGsDelxIXlRyBN06_hkO2hrW6QoXtFzfmRAbX2hqtGMTKLsgjYidUUB-wSAWi56ZQAkZ8TXdp8zbyhMM16FGlOfuxpCTHW3ugpxX0F/s72-c/IMG_20230526_192257.jpg
KabarOk.com - Kabar dikabarkan
https://www.kabarok.com/2023/05/ditanya-soal-potensi-sulut-di-eaeu.html
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/2023/05/ditanya-soal-potensi-sulut-di-eaeu.html
true
3875780352725475842
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU TAG ARCHIVE SEARCH SEMUA BERITA Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy