Disaksikan 11 Kementerian, ROR Teken Kesepakatan Penyelamatan Danau Tondano

Tondano-Bupati Kabupaten Minahasa Ir Royke Oktavian Roring MSi (ROR) menandatangani kesepakatan tentang Penyelamatan Danau Prioritas Nasional, dengan disaksikan 11 Kementerian bersama 15 kepala daerah baik gubernur serta bupati yang memiliki danau prioritas, yang digelar di Auditorium Dr Soejarwo Manggala Wanabhakti, Gatot Subroto Jakarta, Selasa (26/03).

Selain menandatangani kesepakatan tentang penyelamatan danau prioritas nasional, Bupati ROR juga menerima rencana pengelolaan danau prioritas dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI Siti Nurbaya.

Menteri LHK RI Siti Nurbaya menyampaikan bahwa Indonesia memiliki lebih dari 840 danau besar dan 735 danau kecil yang tersebar di seluruh wilayah Nusantara dengan ekosistem yang sangat kaya, bentuk karaktaristik yang beranekaragama hayati yang tinggi, sumber air yang potensial, serta kondisi sosial budaya yang diwarnai karifan lokal. 

Menteri menyampaikan bahwa danau memiliki multi fungsi, karena itu peran institusi riset dan pakar sangat penting, penyelamatan ekosistem danau memerlukan upaya terpadu antar aspek, oleh karena itu rumusan program penyelamatan danau harus strategis dan menjawab keterpaduan penanganan.

"Penyelamatan ekosistem danau bersifat multi stacholder, tidak bisa diselesaikan dengan hanya satu pihak atau satu sektor karena itu sangat diperlukan kolaborasi semua pihak. Peran masyarakat juga sangat penting, di sisi lain antusiasisme masyarakat, komunitas dan aktivis serta dunia usaha dalam keterlibatan pengelolaan danau perlu mendapat tempat dan fasilitas yang baik dari pemerintah," ungkap Menteri Nurbaya.

Sementara Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengunkapkan target pada tahun 2020 akan fokus melindungi dan merestorasi ekosistem terkait sumber daya air termasuk pegunungan, hutan lahan basah, sungai, air tanah dan danau, dengan indikatornya jumlah danau yang ditingkatkan kualitas airnya, jumlah Danau yang pendangkalannya kurang dari 1% dan jumlah danau yang menurun tingkat erosinya.

"Pada tahun 2030 targetnya yaitu meningkatkan kualitas air dengan mengurangi polusi, menghilangkan pembuangan dan meminimalkan pelepasan material dan bahan kimia berbahaya, mengurangi setengah proporsi air limbah yang tidak diolah dan secara signifikasn meningkatkan daur ulang serta penggunaan kembali barang daur ulang yang aman secara global," jelasnya.

Dalam pertemuan itu Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan terkait Danau Tondano bahwa kementerian yang dipimpinnya, sudah mulai menangani. 

"Sebagaimana kami menangani Citarum, begitu juga Danau Tondano, apalagi pak Bupati Minahasa orang PU juga, jadi untuk danau Tondano sudah masuk dalam prioritas," ungkapnya.

Bupati ROR mengatakan bahwa hari ini sudah ditandatangani kesepakatan penyelamatan 15 danau prioritas nasional dengan sejumlah kementerian terkait.

"Ini tentu sesuatu yang sangat menjanjikan kedepan karena sebagaimana betapa berbahayanya nanti apabila ke 15 danau prioritas ini tidak menjadi perhatian," ungkap Bupati ROR, yang didampingi Kadis LH Minahasa Alva Montong, Kabag Humas dan Protokol Moudy Pangerapan, Kasubag Protokol Ariel Wowor.

Dia menambahkan bahwa Danau Tondano adalah salah satu 15 danau yang menjadi danau prioritas nasional, selaku Bupati juga berkomitmen bersama sama dengan provinsi untuk mendukung semua program penyelamatan danau tondano. Dengan himbauwan mengajak seluruh masyarakat yang ada di seputar danau tondano marilah kita betul betul peduli terhadap penyelamatan danau tondano, bukan hanya yang berada di seputaran danau tetapi juga yang berada di seputaran DAS tondano.

“Mari kita jaga, tentu mulai dari hutan, sungai-sungai dan juga tentu danau tondano. Kepada seluruh rakyat minahasa mari kita bersama berdoa dan berusaha dalam rangka penyelamatan danau tondano, kiranya Tuhan berkenan untuk tetap mewariskan danau ini kepada anak cucu atau kepada generasi penerus kita," tutupnya.(mrk)


COMMENTS

Nama

advetorial,222,berita utama,1896,bitung,271,ekonomi,269,hukrim,332,infrastruktur,181,manado,1338,minahasa,1721,minsel,545,minut,528,mitra,824,nasional,1015,nusa utara,242,olahraga,187,pariwisata,219,politik,874,sulut,2928,tomohon,263,totabuan,381,v,2,video,1,
ltr
item
KabarOk.com - Kabar dikabarkan: Disaksikan 11 Kementerian, ROR Teken Kesepakatan Penyelamatan Danau Tondano
Disaksikan 11 Kementerian, ROR Teken Kesepakatan Penyelamatan Danau Tondano
Disaksikan 11 Kementerian, ROR Teken Kesepakatan Penyelamatan Danau Tondano
https://2.bp.blogspot.com/-HYHhsuiiFa8/XJ0UzkYjnGI/AAAAAAAAQ9k/M6ybTnZdbekE4nV8zyoUbqo8cYjpA94swCLcBGAs/s640/aed91c3d-43e1-48e4-8518-fddf9cf282fd.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-HYHhsuiiFa8/XJ0UzkYjnGI/AAAAAAAAQ9k/M6ybTnZdbekE4nV8zyoUbqo8cYjpA94swCLcBGAs/s72-c/aed91c3d-43e1-48e4-8518-fddf9cf282fd.jpg
KabarOk.com - Kabar dikabarkan
https://www.kabarok.com/2019/03/disaksikan-11-kementerian-ror-teken.html
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/2019/03/disaksikan-11-kementerian-ror-teken.html
true
3875780352725475842
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU TAG ARCHIVE SEARCH SEMUA BERITA Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy