Dipimpin Ibu Rita, Dekranasda Sulut Tampilkan Kerajinan Kualitas Ekspor di Pameran Kriyanusa


Manado-Tim Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sulut yang dipimpin langsung Ny Ir Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, mengunggulkan berbagai hasil kerajinan unik dan memiliki kualitas ekspor di Pameran Kriyanusa 2019 ditelah digelar di Balai Kartini Jakarta, Rabu (11/09).

Adapun yang ditampilkan Dekranasda Sulut di Pameran tersebut seperti kerajinan dari bambu batik, kerajinan dari batang kelapa dan tempurung.

“Batang kelapa itu dibuat dari berbagai bentuk yang sangat unik. Selain itu, kerajinan kabela dari Bolmong. Juga ada anyaman dari bambu, tenun dari kain kofo yang terbuat dari serat pisang abaka,” ujar Ibu Rita di sela-sela Pembukaan Pameran Kriyanusa.

Pameran yang dibuka Ibu Negara RI, Iriana Joko Widodo merupakan kegiatan nasional yang diinisiasi Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas).

Menurut Ibu Rita, Tim Dekranasda Sulut juga menampilkan kerajinan yang memanfaatkan limbah, yakni jaring-jaring yang tidak digunakan lagi.


“Jaring tersebut dibuat keranjang belanjaan sebagai pengganti kantong plastik. Itu sangat baik untuk mengurangi sampah plastik,” kata Ibu Rita.

Bukan hanya itu, Dekranasda Sulut juga menampilkan kerajinan dari berbagai bentuk yang memiliki kualitas eksport, bahkan ada juga perhiasan yang terbuat dari sisik ikan dan berbagai jenis kain daerah dengan berbagai motif kain, seperti bentenan, kain Manado, kain batik Minahasa, batik sisi, batik lenso, kain kofo dan kain karawang dari Sangihe dan kain Pinawetengan.

“Pada pelaksaan Pameran Kriya, Dekranasda juga mengikut sertakan UKM untuk berpartisipasi langsung. Sehingga diharapkan para pelaku IKM/UKM di daerah akan semakin giat lagi meningkatkan usahanya. Sebab pasar sudah tersedia dan terbuka,” tandas Ibu Rita.

Diketahui, Pameran Kriyanusa 2019 ini diikuti Deskranada seluruh Indonesia yang memfasilitasi perajin di daerahnya masing-masing, dimana sejumlah BUMN dan Kementerian yang memfasilitasi mitra binaannya.

Kegiatan ini diikuti 265 stan, yang terdiri dari 37 stan Kementerian dan BUMN, 170 stan Dekranasda, 25 stan individu, 8 stan mitra, dan 6 stan asosiasi.

“Pameran kriya ini menampilkan semua hasil karya kerajinan unggulan daerah,” tandas Ibu Rita Tamuntuan.

Diketahui, ajang yang sarat kreativitas tersebut, Ibu Negara ikut didampingi istri Wakil Presiden RI, Mufidah Jusuf Kalla beserta para menteri Kabinet Kerja yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Kabinet Kerja (OASE Kabinet Kerja).

Melalui tema “Peningkatan Daya Saing Produk Kerajinan Melalui Pengembangan Kreatifitas dan Kewirausahaan” tersebut diharapkan menjadi kesempatan untuk lebih meningkatkan kualitas kerajinan.

Pada momentum istimewa itu, Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Mufidah Jusuf Kalla mengatakan pameran Kriyanusa 2019 berhasil menampilkan karya-karya kreatif yang luar biasa, khususnya di bidang kerajinan.

“Industri kerajinan harus terus didorong karena merupakan bagian dari ekonomi kreatif. Dan sejauh ini pertumbuhannya sangat cepat. Baik dari skala mikro, kecil sampai menengah,” sebutnya.

Peran industri kerajinan, sambung Mufidah cukup strategis bagi perekonomian nasional. Sebab secara histori, industri ini merupakan keseharian dari kehidupan rakyat Indonesia.

“Pengembangan produk kerajinan, memiliki potensi yang dapat dijadikan sebagai mata pencaharian yang mampu mendorong perekonomian. Bahkan pemanfaatan sumber daya setempat,” ungkap Mufidah. 

Sementara itu, Ketua Penyelenggara Pameran Kriyanusa 2019, Erni Guntarti Cahyo Kumolo menambahkan pameran Kriyanusa bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas. Terutama dalam menghadapi persaingan global.

“Kedepan persaingan global akan menjadi tantangan yang berat. Karena akan bersaing dengan produk sejenis dari negara ASEAN. Sebut saja, Thailand dan Vietnam yang memiliki produk berkualitas,” ujarnya.

Turut hadir juga pada kegiatan tersebut, Wakil Ketua TP-PKK Sulut dr. Kartika Devi Kandouw-Tanos, Ketua DWP Sulut Dra. ivone Silangen-Lombok, Ketua Dekranasda Kab. Minahasa Dra Fenny Ch M Roring, Ketua Dekranasda Bitung Khouni Lomban-Rawung, Ketua Dekranasda Manado Prof DR Paula Lumentut Runtuwene MSI serta Kadisperindag Sulut Jenny Karouw. (*/ifa)

COMMENTS

Nama

advetorial,215,berita utama,1791,bitung,258,ekonomi,263,hukrim,322,infrastruktur,176,manado,1240,minahasa,1698,minsel,544,minut,488,mitra,823,nasional,977,nusa utara,237,olahraga,185,pariwisata,218,politik,787,sulut,2771,tomohon,262,totabuan,352,v,2,video,1,
ltr
item
KabarOk.com - Kabar dikabarkan: Dipimpin Ibu Rita, Dekranasda Sulut Tampilkan Kerajinan Kualitas Ekspor di Pameran Kriyanusa
Dipimpin Ibu Rita, Dekranasda Sulut Tampilkan Kerajinan Kualitas Ekspor di Pameran Kriyanusa
Dipimpin Ibu Rita, Dekranasda Sulut Tampilkan Kerajinan Kualitas Ekspor di Pameran Kriyanusa
https://1.bp.blogspot.com/-pxmZu8wnvNM/XXm6gBtYzFI/AAAAAAAAVAU/yKNpJqK4Zj0t4IPKXeiZTvPvuZBCU6YQgCLcBGAsYHQ/s640/dekranasda-pameran.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-pxmZu8wnvNM/XXm6gBtYzFI/AAAAAAAAVAU/yKNpJqK4Zj0t4IPKXeiZTvPvuZBCU6YQgCLcBGAsYHQ/s72-c/dekranasda-pameran.jpeg
KabarOk.com - Kabar dikabarkan
https://www.kabarok.com/2019/09/dipimpin-ibu-rita-dekranasda-sulut.html
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/2019/09/dipimpin-ibu-rita-dekranasda-sulut.html
true
3875780352725475842
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU TAG ARCHIVE SEARCH SEMUA BERITA Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy