Irup Upacara Sumpah Pemuda, Wagub Kandouw Ingatkan Persatuan dan Kesatuan


Manado-Pemprov Sulut ikut memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-91, dengan menggelar upacara bendera di Lapangan Kantor Gubernur, Senin (28/10).
Sebagai inspektur upacara dipercayakan kepada Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw. Wagub Kandouw pun membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali. Ia menegaskan tentang persatuan. Dengan persatuan akan mewujudkan cita-cita bangsa.
“Pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing,” kutip Wagub Kandouw.
Namun pada sisi yang Iain, perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari pornografl, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara.
Menurut Menpora Zainudin Amali, pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dan tuntas.
“Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional,” tandas Amali.
Adapun tema Hari Sumpah Pemuda tahun 2019 ini adalah ‘Bersatu Kita Maju’, sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemudalah Indonesia bisa Iebih maju.
Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia.
Pemuda adalah masa depan bangsa dan negara, pemuda juga harapan bagi dunia, pemuda Indonesia harus maju dan berani menaklukan dunia, saya berharap kedepan akan banyak muncul tokoh-tokoh muda yang mendunia.
“Gerakan revolusi mental menemukan relevansinya, dengan pembangunan karakter, kita bisa kuat, tanggguh dan kokoh ikut serta dalam percaturan pemuda di dunia. Kita tidak lagi harus bertahan dan mengahadapi dampak negatif dari modernisasi dan globalisasi, tapi kita harus mampu memberikan warna untuk mengubah dunia dengan tekat dan semangat dan tentunya didukung oleh ilmu pengetahuan dan teknologi,” kata Wagub Kandouw.
Kemajuan tidak akan pernah tercapai dalam arti yang sesungguhnya, kalau masa depan itu hanya dipandang sekedar sebagai proses Ianjut dari masa kini yang akan tiba dengan sendirinya.
Tapi bagaimana generasi muda merespon kemajuan itu dengan kearifan menghargai keluhuran perjuangan dari generasi sebelumnya tanpa terjebak dalam kejayaan dan romantisme masa lalu, serta kenyataan-kenyataan masa kini sehingga membuat mereka tidak lagi sanggup keluar untuk menatap masa depan.
Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang Iebih baik.
“Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad, dan cita-cita, pengorbanan dan perjuanganmu tidak tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia,” seru Wagub Kandouw mengutip sambutan Menpora.
Diakhir sambutan, Wagub Kandouw menegaskan bahwa semangat para pemuda dalam menatap dan ikut membangun dunia harus terus menjadi obor penyemangat bagi pengabdian pemuda Indonesia dalam ikut serta berpartisipasi mengangkat bangsa dan tanah air tercinta di kancah dunia.
Usai upacara diserahkan piala kepada Pemprov Sulut yang menjuarai Basketball Competition ODSK Cup yang diterima Wagub Kandouw dan penyerahan penghargaan oleh Wagub Kandouw kepada para penerima penghargaan.
Upacara Hari Sumpah Pemuda ini turut dihadiri unsur Forkopimda Sulut, Sekretaris Daerah Provinsi Sulut Edwin Silangen, Ketua KNPI Sulut Jackson Kumaat, para pejabat, ASN dan THL lingkup Pemprov Sulut, TNI/Polri serta para siswa-siswi SMA/SMK.(ifa)

COMMENTS

Nama

advetorial,139,berita utama,1166,bitung,118,ekonomi,161,hukrim,229,infrastruktur,138,manado,628,minahasa,1231,minsel,357,minut,243,mitra,563,nasional,669,nusa utara,128,olahraga,167,pariwisata,184,politik,535,sulut,2004,tomohon,141,totabuan,182,v,1,video,1,
ltr
item
KabarOk.com - Kabar dikabarkan: Irup Upacara Sumpah Pemuda, Wagub Kandouw Ingatkan Persatuan dan Kesatuan
Irup Upacara Sumpah Pemuda, Wagub Kandouw Ingatkan Persatuan dan Kesatuan
Irup Upacara Sumpah Pemuda, Wagub Kandouw Ingatkan Persatuan dan Kesatuan
https://1.bp.blogspot.com/-ty9yTgWSbHo/XbkeA4Ok5EI/AAAAAAAAVkI/vD2xK-1nSIUrrZf_xBmNGFWXo0iZDmdHQCLcBGAsYHQ/s640/IMG-20191028-WA0002.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-ty9yTgWSbHo/XbkeA4Ok5EI/AAAAAAAAVkI/vD2xK-1nSIUrrZf_xBmNGFWXo0iZDmdHQCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20191028-WA0002.jpg
KabarOk.com - Kabar dikabarkan
https://www.kabarok.com/2019/10/irup-upacara-sumpah-pemuda-wagub.html
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/2019/10/irup-upacara-sumpah-pemuda-wagub.html
true
3875780352725475842
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU TAG ARCHIVE SEARCH SEMUA BERITA Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy