Gubernur Ingatkan Kepala Daerah di Sulut Jangan Persulit Investor



Manado-Gubernur Sulut Olly Dondokambey  SE mengingat
kan pimpinan daerah, dalam hal ini bupati dan walikota tidak mempersulit investor yang masuk ke daerah ini.

“Jangan persulit investor. Kalau hanya mengurus perizinan tidak perlu sampai berlarut-larut. Alasannya karena dapat berdampak pada proses hukum. Dalam kondisi yang demikian diperlukan komitmen dari pemda,” kata Gubernur Olly saat membuka kegiatan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Daerah Provinsi Sulut, dalam Rakor Pimpinan Daerah Dalam Rangka Penyelenggaraan PTSP Prima di Provinsi Sulut, Kamis (21/11).

Olly berharap proses perizinan investor dapat dipersingkat. Tidak perlu takut asal saja bukan di sektor industi kimia, pabrik pengolah limbah.

“Tidak usah takut. Kalau hanya berkaitan dengan surat perizinan hotel, konveksi atau usaha lainnya. Sebab kebijakan yang dikeluarkan cuman surat, PTSP keluarkan saja. Yang penting ada pernyataan dari perusahaan untuk menyanggupi tahapan selanjutnya,” tandasnya.
Olly juga menambahkan, kesulitan perizinan hanya akan mengganggu pertumbuhan investasi.

“Yang perlu adalah cepat prosesnya, tentu saja dengan tetap melakukan koordinasi dalam rangka menyelesaikan perizinan, maka tidak ada masalah. Investasi akan datang dengan mudah ke Sulut. Contohnya pabrik Conch semen yang berhasil menorehkan sucess story,” tukasnya.

Gubernur Olly juga mengimbau seluruh jajaran DPM-PTSP se-Sulut dapat terus berbenah diri, dan menciptakan berbagai inovasi dan kreativitas guna memberikan pelayanan publik terbaik bagi masyarakat.
Olly menerangkan penyelenggaraan PTSP prima harus terus dipacu dan ditunjang peraturan yang mendukung pelaksanaannya.
Lanjut Olly, regulasi ini sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk menindaklanjuti pesan Presiden Joko Widodo soal upaya mempermudah proses perizinan di Indonesia.

“Bagaimana tugas tanggung jawab kita pemerintah daerah menyerap apa yang disampaikan Pak Presiden Joko Widodo dalam pelaksanaan tugas daerah untuk mempercepat seluruh perijinan yang ada,” ungkap Olly.

Olly juga mengapresiasi pemerintah pusat yang memberikan ruang yang sebebas-bebasnya bagi pemda dalam melakukan kebijakan terkait perizinan. Terbukti hal itu mendorong peningkatan jumlah investasi di Sulut.

“Kita berterima kasih karena target RPJMD tentang investasi di Sulut sebesar Rp2,5 triliun sudah melampaui. Karena saat ini realisasi investasi di Sulut sudah mencapai Rp9,7 triliun. Jadi kalau target dari BKPM sebesar Rp10 Triliun, maka tinggal Rp300 miliar lah sudah tercapai,” sebutnya.

“Kalau akhir tahun ini ada izin di kabupaten/kota bisa berjalan dengan baik, maka target akan tercapai,” katanya lagi.

Gubernur Olly mengajak seluruh pemerintah kabupaten dan kota untuk melaksanakan PP 24 tahun 2019 tentang pemberian insentif dan kemudahan investasi di daerah.

“Dalam PP nomor 24 tahun 2019 telah diatur untuk memberikan insentif bagi setiap investasi. Dan ini akan kita lakukan. Saya juga minta koordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota dan provinsi yang menjadi wilayah pertumbuhan ekonomi baru,” sebutnya.

Direktur Dekonsentrasi Tugas Pembantuan Dan Kerja Sama Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri Sugiarto, menambahkan  agar kualitas pegawai PTSP lebih fokus dalam memberikan layanan.

“Untuk itu sebagai upaya mendorong peningkatan kinerja, pemerintah akan memberikan dukungan perencanaan dan pengaggaran dana dekonsentrasi sehingga berdampak pada kesejahteraan,” katanya.
Sebelumnya, Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Sulut Franky Manumpil menjelaskan pentingnya sinergitas dalam pelayanan PTSP.

“Sasaran agar tugas dan fungsi kelembagaan sesuai nomenklatur, yakni mengedepankan koordinasi kabupaten/kota demi terwujdnya mekanisme PTSP, pimpinan daerah hingga kepala dinas PTSP dan instansi terkait,” tutupnya.

Dalam Rakorpimda nampak hadir, Sekdaprov Edwin Silangen, bupati dan walikota se-Sulut.(ifa)

COMMENTS

Nama

advetorial,139,berita utama,1157,bitung,115,ekonomi,160,hukrim,226,infrastruktur,138,manado,620,minahasa,1209,minsel,353,minut,238,mitra,546,nasional,661,nusa utara,124,olahraga,163,pariwisata,184,politik,533,sulut,1995,tomohon,138,totabuan,177,v,1,video,1,
ltr
item
KabarOk.com - Kabar dikabarkan: Gubernur Ingatkan Kepala Daerah di Sulut Jangan Persulit Investor
Gubernur Ingatkan Kepala Daerah di Sulut Jangan Persulit Investor
Gubernur Ingatkan Kepala Daerah di Sulut Jangan Persulit Investor
https://1.bp.blogspot.com/-OHw5GfW0Tnk/XeYc_zH9ajI/AAAAAAAAWEQ/7GRKZCSb0TQmuG6lh9L7lz7YJdglGLiQACLcBGAsYHQ/s640/P_20191121_112550_1-39rvwg0s2u7rp5chlyqayy.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-OHw5GfW0Tnk/XeYc_zH9ajI/AAAAAAAAWEQ/7GRKZCSb0TQmuG6lh9L7lz7YJdglGLiQACLcBGAsYHQ/s72-c/P_20191121_112550_1-39rvwg0s2u7rp5chlyqayy.jpg
KabarOk.com - Kabar dikabarkan
https://www.kabarok.com/2019/11/gubernur-ingatkan-kepala-daerah-di.html
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/2019/11/gubernur-ingatkan-kepala-daerah-di.html
true
3875780352725475842
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU TAG ARCHIVE SEARCH SEMUA BERITA Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy