Visi AA-RS 3R Pengelolaan Sampah di Kota Manado Dinilai Tepat


Manado-Warga Kota Manado menilai visi calon Walikota Andrei Angouw SE dan Wakil Walikota dr Richard Sualang (AA-RS), soal pengelolaan sampah yang baik dan profesional merupakan suatu upaya untuk menjadikan kota Manado yang bersih dan sehat. 

Program 3R (Reduce, Reuse dan Ricycle) yang menjadi program AARS adalah dalam rangka untuk mengurangi sampah dan akan memberikan nilai ekonomis bagi masyarakat. 


Hal itu dikatakan mantan anggota DPRD Sulut Elisabeth Lihiang, SE, dan mantan anggota DPRD Manado Roy Maramis, SH, yang dihubungi terpisah.
Menurut mereka mengelolah sampah dengan cara menimbun dalam tanah tidak bisa lagi.
Menurut keduanya untuk menyelesaikan masalah sampah membutuhkan leadership yang kuat. 

"Program AARS untuk melibatkan peran aktif dari masyarakat beserta seluruh elemen yang ada adalah bukti bahwa AARS peduli dan serius untuk menangani masalah sampah di Kota Manado. Sebab itu deklarasi AARS dilakukan di TPA Sumompo beberapa waktu lalu," kata Lihiang.

Sementara Maramis menilai gerakan pengurangan Sampah yang akan diterapkan di sekolah-sekolah (Eco School) juga sangat tepat, karena hal itu merupakan edukasi kepada anak-anak usia sekolah dan suatu upaya untuk menanamkan budaya 3 R (Reduce, Reuse dan Recycle). 

"Anak-anak sekolah tidak lagi membawah makanan atau minuman yang dibungkus kertas atau plastik. Sehingga tidak ada sampah di sekolah," paparnya.

Menyinggung program AARS soal pengelolaan pasar tradisional, lanjut Maramis, harus diapresiasi karena pasar tradisional memang harus dikelolah secara profesional. Sehingga para penjual dan pembeli merasa nyaman dan sehat.

"Pasar harus bersih dan diatur sehingga para pembeli merasa nyaman. Kami menilai AARS adalah calon yang paling tepat untuk memimpin kota Manado lima tahun kedepan. Karena program-program yang disampaikan tidak muluk-muluk, dan akan diwujudnyatakan," tambah Maramis.

Sementara itu, Richard Sualang menyebut
masalah sampah merupakan hal utama yang sering dikeluhkan masyarakat, apalagi Manado pernah mendapat predikat salah satu kota terkotor di Indonesia.

"Kami akan memulai perjuangan dengan menata Manado lebih baik dan mulai dari TPA kami akan menata satu masalah yang dirasakan masyarakat," katanya.
Ketua DPC PDIP Manado ini menyebut, AARS ingin merefleksikan kehidupan masyarakat yang perlu ada sentuhan lewat program-program pembangunan kedepan. Artinya jika dipercaya masyarakat Kota Manado, maka AARS akan mengedepankan kepentingan rakyat banyak.

"Provinsi saat ini sedang membangun lokasi TPA regional, pekerjaan sedang berlangsung, dan membutuhkan sekitar 2 tahun kedepan sebelum bisa digunakan, pastinya akan dikelolah secara profesional, sehingga bisa menjadi fasilitas publik. Jadi kita akan menjadikan TPA wilayah yang ramah lingkungan dan bisa menjadi tempat rekreasi serta ada taman untuk masyarakat Manado," ungkap Penatua Pria Kaum Bapa GMIM El Manibang Malalayang ini.(*/rls)

COMMENTS

Nama

advetorial,222,berita utama,1896,bitung,271,ekonomi,269,hukrim,332,infrastruktur,181,manado,1338,minahasa,1721,minsel,545,minut,528,mitra,824,nasional,1015,nusa utara,242,olahraga,187,pariwisata,219,politik,874,sulut,2928,tomohon,263,totabuan,381,v,2,video,1,
ltr
item
KabarOk.com - Kabar dikabarkan: Visi AA-RS 3R Pengelolaan Sampah di Kota Manado Dinilai Tepat
Visi AA-RS 3R Pengelolaan Sampah di Kota Manado Dinilai Tepat
Visi AA-RS 3R Pengelolaan Sampah di Kota Manado Dinilai Tepat
https://1.bp.blogspot.com/-e4P4BenujV8/X5GBXHi59qI/AAAAAAAAepg/AC2ZU9YVqeE-jMUO9CqGB6AFkEdnUAb3gCLcBGAsYHQ/s320/IMG-20201001-WA0045-1-e1603370400708.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-e4P4BenujV8/X5GBXHi59qI/AAAAAAAAepg/AC2ZU9YVqeE-jMUO9CqGB6AFkEdnUAb3gCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20201001-WA0045-1-e1603370400708.jpg
KabarOk.com - Kabar dikabarkan
https://www.kabarok.com/2020/10/visi-aa-rs-3r-pengelolaan-sampah-di.html
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/2020/10/visi-aa-rs-3r-pengelolaan-sampah-di.html
true
3875780352725475842
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU TAG ARCHIVE SEARCH SEMUA BERITA Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy