Disaksikan Jokowi, Wagub Kandouw Penandatangan Kerjasama PMA/PMDN


Manado-Penandatanganan Kerja Sama dalam rangka Kemitraan Penanaman Modal Asing (PMA)/Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dengan UMKM secara virtual di Kantor Gubernur Sulut, Senin (18/1/2021), dihadiri Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O.E. Kandouw.

Penandatanganan kerja sama tersebut disaksikan langsung Presiden Joko Widodo dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi mengharapkan agar kemitraan usaha besar dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki kontribusi yan signifikan bagi pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

Kemitraan ini melibatkan 56 perusahaan besar asing maupun dalam negeri yang akan bermitra dengan 196 UMKM.

“Pada kesempatan yang baik ini, saya mengajak Bapak, Ibu, dan Saudara-saudara untuk menjamin agar kontrak kerja ini betul-betul memberikan kontribusi yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi yang inklusif,” ujarnya.

Hal tersebut dapat tercapai, pertama dengan memastikan kontrak kerja antara UMKM dan usaha besar tersebut berlangsung secara berkelanjutan sekaligus meningkat nilai dan cakupannya.

“Kalau sekarang kontraknya mungkin baru Rp1 miliar, tahun depan bisa Rp5 miliar, tahun depannya lagi bisa Rp10 miliar, tahun depannya lagi bisa Rp100 miliar, itu yang kita inginkan. Sehingga secara signifikan meningkatkan kelas dan daya saing UMKM kita di pasar global, ini penting,” pintanya.

Kedua, melalui kemitraan ini, Presiden mengharapkan agar UMKM di Indonesia dapat terus belajar meningkatkan kualitas produk, memperbaiki manajemen, memperbaiki desain produk sesuai keinginan pasar serta memanfaatkan kolaborasi dengan usaha besar agar bisa menaikkan level kelasnya.

“Juga meningkatkan kualitas usaha UMKM menjadi lebih kompetitif. Kualitas produknya menjadi lebih baik, desainnya menjadi lebih baik, manajemennya menjadi lebih baik, dan lebih bankable, karena bisa belajar dari perusahaan-perusahaan besar, baik itu perusahaan besar dalam negeri maupun perusahaan besar asing,” ujarnya.

Ketiga, ia juga meminta kemitraan antara pelaku usaha besar dan UMKM ini dapat diperluas. Salah satunya dengan pelibatan UMKM dalam kegiatan ekspor.

“Para eksportir itu bisa mengajak UMKM, ini akan segera menaikkan kelas. Karena kalau yang membawa itu eksportir, yang pasti mereka sudah biasa dengan yang namanya harga yang kompetitif, kualitas produk yang baik, kemudian delivery pengiriman yang on time, akan belajar ke sana,” tuturnya.

Kepala Negara menambahkan, kemitraan pelaku usaha besar dan UMKM ini sangat penting agar UMKM bisa masuk dalam rantai produksi global (global value chain). Menutup sambutannya, Presiden kembali menegaskan upaya tersebut dilakukan untuk menuju ke sebuah pertumbuhan ekonomi yang inklusif, berkeadilan, dan merata.

Sebagaimana disampaikan oleh Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, penandatangan kerja sama kemitraan antara pelaku usaha besar dan UMKM ini merupakan tindak lanjut atas arahan Presiden yang telah disampaikan dalam berbagai kesempatan, yang menginginkan adanya kolaborasi atau keterlibatan UMKM dengan usaha besar demi peningkatan kualitas UMKM dan pemerataan ekonomi.

Kerja sama ini melibatkan 29 PMA dan 27 PMDN yang akan bermitra dengan 196 UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia dengan potensi nilai kontrak mencapai Rp1,5 triliun.(*/rls)


COMMENTS

Nama

advetorial,255,berita utama,2080,bitung,331,ekonomi,308,hukrim,390,infrastruktur,198,manado,1515,minahasa,1797,minsel,572,minut,584,mitra,893,nasional,1089,nusa utara,251,olahraga,193,pariwisata,227,politik,914,sulut,3163,tomohon,269,totabuan,387,v,2,video,1,
ltr
item
KabarOk.com - Kabar dikabarkan: Disaksikan Jokowi, Wagub Kandouw Penandatangan Kerjasama PMA/PMDN
Disaksikan Jokowi, Wagub Kandouw Penandatangan Kerjasama PMA/PMDN
Disaksikan Jokowi, Wagub Kandouw Penandatangan Kerjasama PMA/PMDN
https://1.bp.blogspot.com/-qkIU8yxlnjk/YAW-i6lXNyI/AAAAAAAAgw4/cVqXUPL9LdQeHFw99t53Jtsr90l4u5uyACLcBGAsYHQ/s320/IMG-20210118-WA0056-768x512-2.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-qkIU8yxlnjk/YAW-i6lXNyI/AAAAAAAAgw4/cVqXUPL9LdQeHFw99t53Jtsr90l4u5uyACLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20210118-WA0056-768x512-2.jpg
KabarOk.com - Kabar dikabarkan
https://www.kabarok.com/2021/01/disaksikan-jokowi-wagub-kandouw.html
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/2021/01/disaksikan-jokowi-wagub-kandouw.html
true
3875780352725475842
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU TAG ARCHIVE SEARCH SEMUA BERITA Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy