Kabarok.com

Hadiri Peluncuran ETLE oleh Mabes Polri, Wagub: Pemprop Ikut Mensosialisasi


Manado-Wakil Gubernur Sulut Drs Steven OE Kandouw menghadiri secara virtual peluncuran Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Aula Catur Prasetya Mapolda Sulut di Jalan Bethesda Sario Manado, Selasa (23/03/2021) pagi tadi.

Pada peluncuran ETLE secara nasional oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigid Prabowo di Korlantas Polri Jakarta ini, Wagub Kandouw bersama Forkopimda Sulut didampingi langsung Kapolda Sulut Irjen Pol Nana Sudjana.

Wagub Kandouwv mengatakan bahwa Pemprov Sulut mengapresiasi pemberlakuan ETLE Nasional di Sulut khususnya di Kota Manado.

“Pemerintah Provinsi sangat berterima kasih dan salut kepada jajaran Polda Sulut yang sudah melaksanakan program ini,” ujarnya.

Lanjutnya, dengan adanya program ini, yang paling merasakan dampaknya adalah Pemprov Sulut. Khususnya melalui Dinas Pendapatan Sulut (Dispenda). 

Karena lanjut Kandouw, setoran atau pembayaran tilang elektronik dikelola.

Menurut Wagub Kandouw, program secara langsung bisa mengidentifikasi mana wajib pajak yang belum melaksanakan kewajibannya.

“Ini sangat membantu. Oleh karena itu arahan Gubernur, Pemprov Sulut wajib hukumnya membantu Polda Sulut untuk menerapkan ETLE dan diimplementasikan di 15 kabupaten/kota sehingga pelaksanaan lebih optimal,” ujarnya.

Kapolda Sulut Irjen Pol Nana Sudjana dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan ETLE ini merupakan salah satu penjabaran Program Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan) yang digulirkan oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

“Hari ini kita mengikuti secara langsung melalui virtual, launching ETLE secara nasional yang dipimpin langsung oleh Bapak Kapolri. Kita turut bersyukur bahwa Polda Sulawesi Utara merupakan 1 dari 12 Polda yang akan menerapkan penegakkan hukum bidang lalu lintas melalui ETLE,” ujar Kapolda Sulut.

Ini katanya, merupakan jawaban atas perkembangan lingkungan saat ini dimana menuntut Polri bertindak lebih humanis dan transparan dalam mewujudkan kamseltibcar lantas. Dalam Program Prioritas Kapolri, penegakkan hukum yang berkeadilan merupakan program ke-11 dari 16 program prioritas 100 hari Kapolri.

Kapolda berharap keberadaan ETLE ini akan merubah sikap perilaku dalam berkendara di jalan yang berkeselamatan. Juga secara tidak langsung akan merubah budaya berkendara yang lebih disiplin serta menunjang adanya pembangunan kota dengan konsep “smart city”.

Program ETLE ini juga sangat efektif di masa pandemi covid-19, karena mengurangi tatap muka dalam rangka menghindari covid-19.

Saat ini, ETLE di Sulut masih terfokus di Kota Manado, namun demikian kedepan ia berharap ini dapat diperluas ke kabupaten/kota yang lain di jajaran Polda Sulawesi Utara.

“Konsep smart city yang ditunjang dengan teknologi informasi merupakan sebuah kebutuhan yang harus disiapkan di era 4.0 saat ini,” terangnya.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang sudah berperan membantu terwujudnya ETLE ini.

“Terima kasih atas bantuan, kerja sama dan partisipasi yang diberikan oleh Pemprov Sulut dan jajaran serta Walikota Manado sehingga kita bisa ikut launcing tahap pertama,” ungkapnya.
Adapun penerapan ETLE atau tilang elektronik ini merupakan bagian 100 hari kerja Kapolri yang pada tahap pertama berlaku di 12 Polda dan sudah terpasang di 244 lokasi.

Dan secara serentak 12 Polda yang melaunching ETLE yaitu Metro Jaya, Banten, Jabar, Jateng, DIY, Jatim, Sumbar, Lampung, Jambi, Riau Sulsel dan Sulut.

Khusus untuk wilayah hukum Polda Sulut, kamera ETLE ini terpasang di Manado yang tersebar di 11 titik.

Turut hadir dalam launching ETLE diantaranya Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Santos Gunawan Matondang, Kajati Sulut, Danlantamal dan Danrem 131/Santiago.(*/ifa)


COMMENTS

Nama

advetorial,284,berita utama,2312,bitung,465,ekonomi,345,hukrim,469,infrastruktur,207,manado,1730,minahasa,1873,minsel,596,minut,663,mitra,923,nasional,1187,nusa utara,306,olahraga,253,pariwisata,236,politik,1092,sulut,3564,tomohon,282,totabuan,394,v,2,video,1,
ltr
item
KabarOk.com - Kabar dikabarkan: Hadiri Peluncuran ETLE oleh Mabes Polri, Wagub: Pemprop Ikut Mensosialisasi
Hadiri Peluncuran ETLE oleh Mabes Polri, Wagub: Pemprop Ikut Mensosialisasi
Hadiri Peluncuran ETLE oleh Mabes Polri, Wagub: Pemprop Ikut Mensosialisasi
https://1.bp.blogspot.com/-YSIgBIacOQ4/YFnXLrxLUBI/AAAAAAAAhyU/Jl3uvUpPAwoP5STRirQWx532W5HGYRA-ACLcBGAsYHQ/s320/IMG_20210323_191909.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-YSIgBIacOQ4/YFnXLrxLUBI/AAAAAAAAhyU/Jl3uvUpPAwoP5STRirQWx532W5HGYRA-ACLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_20210323_191909.jpg
KabarOk.com - Kabar dikabarkan
https://www.kabarok.com/2021/03/hadiri-peluncuran-etle-oleh-mabes-polri.html
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/2021/03/hadiri-peluncuran-etle-oleh-mabes-polri.html
true
3875780352725475842
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU TAG ARCHIVE SEARCH SEMUA BERITA Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy