Kabarok.com

Silangen Buka Rapat Konsultasi Publik Penyempurnaan RPJMD Sulut 2021-2026


Manado-Pihak Pemprop Sulawesi Utara (Sulut) menggelar rapat konsultasi publik dalam rangka penyempurnaan rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Sulut Tahun 2021-2026, yang dilaksanakan di Manado, Kamis (15/04/2021).

Rapat yang dilaksanakan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulut itu, dibuka Sekdaprov Edwin Silangen.

Diketahui, Visi Pembangunan Daerah Provinsi Sulut tahun 2021-2026 adalah; “Sulawesi Utara Maju dan Sejahtera sebagai Pintu Gerbang Indonesia ke Asia Pasifik”. Sedangkan misi pembangunan yakni; Peningkatan kualitas manusia Sulawesi Utara; Penguatan ekonomi yang bertumpu pada industri pertanian, perikanan, pariwisata dan jasa; Pembangunan infrastruktur dan perluasan konektivitas; Pembangunan daerah yang berkelanjutan; Pemerintahan yang baik dan bersih didukung oleh sinergitas antar daerah.

Adapun arah kebijakan pembangunan per tahun (tahun 2022 hingga tahun 2026), dimana untuk:

Tahun 2022 “Mempercepat Pemulihan ekonomi daerah melalui reformasi sosial, ketahanan pangan dan pembangunan infrastruktur”;

Tahun 2023 “Meningkatkan Daya Saing Daerah melalui Pembangunan SDM dan infrastruktur yang berkualitas dan berwawasan lingkungan."

Tahun 2024 “Meningkatkan Kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan yang merata dan berwawasan lingkungan serta suksesnya pelaksanaan Pemilu”;

Tahun 2025 “Sulawesi Utara sebagai Super Hub di Kawasan Timur Indonesia”;

Tahun 2026 “Sulawesi Utara sebagai pintu gerbang Indonesia di kawasan Asia Pasifik."

Sebelumnya, di tahun 2021 yang juga tahun pertama RPJMD ini secara bersama-sama Pemprov Sulut dibawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw (Olly-Steven) masih dalam giat pembangunan untuk pemulihan dan reformasi sosial sebagai dampak pandemi Covid-19.

Diharapkan kebijakan Vaksinasi akan berhasil dengan didukung penerapan protokol kesehatan yang disiplin, sehingga mampu menghadirkan kondisi yang kondusif untuk melaksanakan semua rencana pembangunan di Sulut demi kemajuan dan kesejahteraan.

Dalam kesempatan itu, Sekdaprov Silangen menyampaikan kembali arahan pemerintah pusat kepada pemerintah provinsi dan kabupaten/kota dalam mengalokasikan anggaran sebagai bagian dari implementasi atau penjabaran RPJMD itu benar-benar harus fokus dan tidak disebar-sebar ke perangkat daerah.

“Sesuai dengan konsep yang dijelaskan oleh Bappeda Provinsi Sulut, karena Provinsi Sulut mempunyai 15 kabupaten/kota maka proses perencanaan dalam RPJMD ini melihat dari konsep kawasan berdasarkan evaluasi kemampuan dari 15 kabupaten/kota,” kata Silangen.

Silangen optimis penyempurnaan RPJMD berdampak positif dan mewujudkan Sulut yang lebih hebat dalam pembangunan di berbagai bidang.

“Kalau kita memiliki konsep yang jelas dalam RPJMD dan konsisten, saya yakin bahwa Sulawesi Utara ini akan menjadi provinsi yang lebih hebat dibawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw,” ujarnya.

Oleh karena itu, Silangen meminta semua ASN dan pejabat terkait yang diberi tugas dan tanggung jawab nantinya akan secara optimal mengeksekusi persebaran dari RPJMD ini.

“Saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada tim termasuk bapak/ibu kepada Perangkat Daerah yang hadir, bukan hanya konsultasi publik ini tetapi hadir dalam proses penyusunan RPJMD ini yang artinya bahwa sejak proses penyusunan awal sampai nanti bulan juni ditetapkan RPJMD ini dalam Peraturan Daerah (Perda), kita tahu persis, kita pahami dan ketika akan dijabarkan ini tidak mengalami masalah,” terangnya.

Silangen mengucapkan terima kasih kepada tim ahli, pakar, staf ahli, staf khusus termasuk organisasi kemasyarakatan, tokoh agama yang berpartisipasi dalam kegiatan penyusunan RPJMD ini karena konsultasi publik ini adalah bagian dari perencanaan partisipatif semua stakeholder yang punya kepentingan terhadap RPJMD untuk kesejahteraan rakyat.

“Mari kita memberikan masukkan substansi agar RPJMD ini benar-benar mampu kita jabarkan demi untuk kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat di Provinsi Sulut. Kabupaten/kota dalam menyusun perencanaan kabupaten/kota yang disebut RPJMD kabupaten/kota juga akan menjabarkan RPJMD Provinsi Sulut, sehingga dari pusat, provinsi dan kabupaten/kota dalam melaksanakan pembangunan konsisten dan bersinergi,” tutupnya.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh para Kepala Perangkat Daerah dan pejabat terkait di lingkup Pemprov Sulut.(*/rls)


COMMENTS

Nama

advetorial,259,berita utama,2198,bitung,400,ekonomi,334,hukrim,439,infrastruktur,203,manado,1643,minahasa,1841,minsel,581,minut,610,mitra,915,nasional,1145,nusa utara,288,olahraga,223,pariwisata,232,politik,1002,sulut,3365,tomohon,280,totabuan,391,v,2,video,1,
ltr
item
KabarOk.com - Kabar dikabarkan: Silangen Buka Rapat Konsultasi Publik Penyempurnaan RPJMD Sulut 2021-2026
Silangen Buka Rapat Konsultasi Publik Penyempurnaan RPJMD Sulut 2021-2026
Silangen Buka Rapat Konsultasi Publik Penyempurnaan RPJMD Sulut 2021-2026
https://1.bp.blogspot.com/-9zhEU743O8k/YHhjP6uBneI/AAAAAAAAiBM/zhb1Qlz_qAID81LYRmBxSLPQHKq0kJ7ewCLcBGAsYHQ/s320/IMG_20210416_000043.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-9zhEU743O8k/YHhjP6uBneI/AAAAAAAAiBM/zhb1Qlz_qAID81LYRmBxSLPQHKq0kJ7ewCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_20210416_000043.jpg
KabarOk.com - Kabar dikabarkan
https://www.kabarok.com/2021/04/silangen-buka-rapat-konsultasi-publik.html
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/2021/04/silangen-buka-rapat-konsultasi-publik.html
true
3875780352725475842
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU TAG ARCHIVE SEARCH SEMUA BERITA Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy