Hasilkan Pupuk Organik, dr Andy Silangen Apresiasi Kelompok Tani Binaan Jems Tuuk


Bolmong- Dibawah Binaan Ir.Jems Tuuk, Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara dr. Fransiscus Andi Silangen Apresiasi Terobosan Alfons Aleng, Ir. Robin Mamengko dan David Lumonon Hasilkan Pupuk Organik Untuk Petani Sulawesi Utara.

Kesulitan mendapatkan bantuan bibit tanaman serta langkanya pupuk tak membuat petani di Kecamatan Dumoga Raya Kabupaten Bolaang Mongondow putus asa.

Namun sebaliknya persoalan tersebut menjadi tantangan petani setempat untuk membuat terobosan melalui pembuatan pupuk organik bagi kebutuhan petani di wilayah tersebut.

Hal ini dibuktikan Alfons Aleng selaku ketua kelompok Tani Kembang Mekar sekaligus Ketua KTNA dan Penyuluh swadaya Kecamatan Dumoga Timur sukses memproduksi pupuk dan pestisida berbahan organik untuk memenuhi kebutuhan tanaman bekerja sama dengan pakar/ahli pupuk Organik Ir. Robin Mamemgko serta David Lumonon.

Menurut Alfons, keberhasilan menciptakan pupuk organik tersebut juga tidak lepas dari peran anggota DPRD Sulut Julius Jems Tuuk yang terus memberikan support bahkan mendatangkan salah satu tenaga ahli pertanian untuk melakukan pendampingan sehingga produk tersebut saat ini sudah dimanfaatkan petani di kecamatan Dumog Raya.

“Pak Jems Tuuk selalu memotivasi kami untuk tidak putus asa ditengah harga pupuk yang sangat mencekik saat ini, dengan dukungan beliau berhasi menciptakan pupuk dan pestisida organik. ” ungkap Alfons.

Tak hanya itu pupuk yang diproduksi Alfons bersama kelompok tani Tunas Mekar sudah dipresentasikan dihadapan Pangdam XIII Merdeka untuk menjadi percontohan bagi para Babinsa dalam melakukan pendampingan bagi petani di desa – desa.

Hal ini juga ikut menyita perhatian Ketua DPRD Sulut dr Fransiskus Andi Silangen SpB. KBD sekaligus dikenal sosok yang selalu membela kepentingan petani saat menghadiri kegiatan penanaman cabe organik Jumat ( 14/10) di lokasi perkebunan Kelurahan Imandi Kecamatan Dumoga Timur bersama Anggota Komisi II DPRD Sulut Ir. Julius Jems Tuuk, Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi I (BWS I) I Komang Sudana, Dandim 1303 Bolmong Letkol (Inf) Topan Angker, serta Asisten 1 Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Deker Rompas di lokasi perkebunan Kelurahan Imanadi Jumat (14/10).

Kepada Wartawan, Ketua DPRD Sulut dr. Fransiscus Andi Silangen menyampaikan apresiasi atas upaya petani di wilayah tersebut yang bisa mandiri tidak bergantung bantuan dari pemerintah.

“Ini contoh bagi masyarakat Sulawesi Utara, dimana kita membangun bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tapi masyarakat turut berperan aktif.” kata FAS sapaan akrabnya.

Ia juga menegaskan sektor pertanian merupakan salah satu tulang punggung perekonomian yang sangat penting di Sulawesi Utara sehingga terobosan para petani di kecamatan Dumoga ini perlu mendapatkn dukungan semua pihak.

“Ini prakarsa pak Jems, lewat LSM yang bergerak dibidang pertanian perikanan. Jadi tulang punggung perekonomian Sulawesi Utara selain hasil tambang, hasil sandang pangan ini luar biasa, sungguh luar biasa ini, penghargaan kepada pak Jems Tuuk ya,” ujar FAS.

“Ini kan hampir semua petani mengeluh tidak ada pupuk, tapi ini kan inovasi yang luar biasa, kembali ke alam.” ucapnya.

Legislator Dapil Nusa Utara ini juga mengungkapkan issu nasional yang disampaikan Presiden Jokowi. Salah satunya terkait dengan pemanfaatan sumber alam energi hijau.

“Dan issu secara nasional ada 5 issu yang pak Jokowi tuturkan. Yang pertama mengenai konsolidasi demokrasi karena kita akan menghadapi pesta demokrasi supaya tetap terjaga, kedua itu Energi Hijau, kembali lagi ke pertanian organik supaya hasilkan tanaman pangan yang baik untuk kita konsumsi untuk kesehatan. Baru ketiga energi biru nah itu ekosistim laut, itu perlu dijaga, keempat yang menjadi isu nasional iti adalah mengenai Ibu Kota Negara (IKN).”

“Hingga apa yang dilakukan oleh petani dibawah binaan pak Jems Tuuk ini kedepan akan jadi percontohan untuk seluruh sulawesi utara, dan kita sebagai unsur penyelenggara pemerintahan bersama pemerintah daerah untuk supaya bisa memperhatikan hal ini. Karena pemerintah harus berperan aktif, masyarakat sudah berperan aktif, terus apa yang jadi program dengan kegiatan kita untuk menunjang semangat dari para masyarakat petani.” jelas FAS.

Lanjutnya, secara kelembagaan di lembaga legislatif Sulut dirinya kan mendorong para wakil rakyat Sulut untuk mendorong hal ini melalui kebijakan politik anggaran.

” Kedepan teman – teman kit di legislatif harus punya pemahaman untuk menyelesaikan ini. ” pungkasnya. (***/Oby)

COMMENTS

Nama

advetorial,375,berita utama,2772,bitung,745,bolmong,7,Bolsel,64,ekonomi,380,hukrim,503,infrastruktur,214,manado,1800,minahasa,2003,minsel,691,minut,718,mitra,931,nasional,1257,nusa utara,369,olahraga,299,pariwisata,253,politik,1420,q,1,sulut,4522,tomohon,317,totabuan,422,v,2,video,1,
ltr
item
KabarOk.com - Kabar dikabarkan: Hasilkan Pupuk Organik, dr Andy Silangen Apresiasi Kelompok Tani Binaan Jems Tuuk
Hasilkan Pupuk Organik, dr Andy Silangen Apresiasi Kelompok Tani Binaan Jems Tuuk
Hasilkan Pupuk Organik, dr Andy Silangen Apresiasi Kelompok Tani Binaan Jems Tuuk
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhmrc9i0Q97eyOIxu0N6bEfpiiYiNzrNdAZSaH7blVtHksWM-jR9fIJ3xzBmn_7X2W9chwNgTQhgh4UdIxbKWNkw_lQiPulsUY7k9DCwf1Jc__0_QEZ7bBVauzOYRh7iFozKdAuQhX4Bxzlv8Nuzhjsf6pnMF5Kn8z283RYkyvQGAgui9QXalIRvKcd/s1600/IMG-20221015-WA0098-300x178.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhmrc9i0Q97eyOIxu0N6bEfpiiYiNzrNdAZSaH7blVtHksWM-jR9fIJ3xzBmn_7X2W9chwNgTQhgh4UdIxbKWNkw_lQiPulsUY7k9DCwf1Jc__0_QEZ7bBVauzOYRh7iFozKdAuQhX4Bxzlv8Nuzhjsf6pnMF5Kn8z283RYkyvQGAgui9QXalIRvKcd/s72-c/IMG-20221015-WA0098-300x178.jpg
KabarOk.com - Kabar dikabarkan
https://www.kabarok.com/2022/10/hasilkan-pupuk-organik-dr-andy-silangen.html
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/2022/10/hasilkan-pupuk-organik-dr-andy-silangen.html
true
3875780352725475842
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU TAG ARCHIVE SEARCH SEMUA BERITA Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy