Rumah Diduga Sengaja Dibakar, Laporan "Menggantung" Oknum Kapolsek Diduga Memeras Pelapor




MANADO- Pepatah mengatakan sudah jatuh tertimpa tangga pula. Maksud hati mencari keadilan yang didapatkan malahan ketidakpastian.

Itulah yang dihadapi oleh Idris Makainginang korban kebakaran rumah di Kampung Baru, Lingkungan 2 Kelurahan Buha Kecamatan Mapanget pada Sabtu (05/02/2022) lalu.

Pada kabarok.com dirinya merasa menjadi korban pemerasan oleh oknum Polisi mantan Kapolsek Mapanget berinisial YK alias Yusi.

Sampai saat ini saya belum juga mendapatkan kejelasan atas laporan yang dirinya sampaikan Februari tahun lalu.

Pasalnya, kasus kebakaran rumah yang menyeret beberapa oknum polisi belum juga selesai. Bahkan terduga pelaku yang diduga melakukan pembakaran rumah tidak pernah diproses oleh pihak polsek mapanget.
"Katanya sudah pernah ditangkap tapi telah melarikan diri. Kalau lari kan harusnya dicari,"ujar Idris geram.

Kronologi kejadian, berawal dari korban kebakaran rumah di Kampung Baru, Lingkungan 2 Kelurahan Buha Kecamatan Mapanget pada Sabtu (05/02/2022) lalu bernama Idris Takainginang langsung melaporkan kejadian kebakaran rumahnya ke polsek mapanget dengan nomor: LP/B/28/II/2022/SPKT/Sek. Rudal Mpgt, yang diduga dengan sengaja dibakar oleh terduga pelaku bernama Meldy Dalughu.


Berharap dengan melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Mapanget bisa mendapat keadilan. Malahan dalam proses penyelidikan Idris Takainginang korban rumah dibakar diduga diperas oleh oknum polisi YK kapolsek rural mapanget saat itu.

Menurut Idris Takainginang, usai kebakaran rumahnya langsung melaporkan ke Polsek mapanget. Namun usai melaporkan kejadian tersebut di polsek mapanget, pihak polisi polsek mapanget arahkan untuk dilaporkan ke Polresta Manado.

"Saya dan istri langsung pergi ke polresta, sesampai di polresta saya langsung melaporkan kejadian kebakaran. Tapi yang menerima laporan di polresta kembali mengarahkan saya ke polsek mapanget, karena menurut polisi di polresta sudah melaporkan di polsek, jadi baik saja ke polsek," kata Idris, Selasa (07/02/2023) di Pangiang, Kecamatan Bunaken, Kota Manado.

Lanjut Idris, melalui telepon kapolsek mapanget mengatakan laporannya sudah diterima, biar kami yang proses laporannya.

"Setelah itu polsek mapanget langsung proses masalah saya, laporan sudah di BAP oleh Kanit reskrim polsek mapanget. Dari hasil pengecekan tim inafis polresta manado terdapat kejanggalan bahwa rumah tersebut sengaja dibakar oleh orang yang belum diketahui. Setelah mendapatkan info dari tetangga, sebelum kejadian kebakaran rumah, seorang lelaki bernama Meldi Dalughu memanjat rumah saya dan ditegur oleh tetangga," kata Idris.

Idris mengatakan, usai ditegur oleh tetangga, lelaki meldi menghentikan perbuatannya. Namun terjadinya kebakaran rumah saya. Dengan adanya kejadian itu, dugaan kuat pelakunya lelaki Meldi Dalughu.

"Berjalannya waktu saya dapat info terduga pelaku sudah ditangkap sama anggota polisi. Ya saya sudah senang, karena saya pikir mau klarifikasi kejadian kebakaran rumah saya," kata Idris.

Namun, kata Idris, setelah mau mau minta klarifikasi ke terduga pelaku, dapat info lagi dari pihak polisi. Terduga pelaku kata polisi telah melarikan diri.

"Dari kejadian terduga pelaku melarikan diri, sampai saat ini sudah satu tahun dua hari dihitung sampai hari ini Selasa (07/02/2023) pelaku tidak ditangkap oleh pihak polisi," kata Idris.

Setelah berjalannya waktu diperkirakan akhir Februari 2022, lanjut Idris, kapolsek managet Yusi Kristiana menghubunginya. Kata Kapolsek pihak polisi butuh Labfor bisa disebut Laboratorium Forensik, jadi mau tidak mau polsek tidak ada biaya operasional kalau bisa pihak korban yang menyediakan semua biaya operasional.

"Berjalannya waktu saya dipanggil oleh kapolsek mapanget, saya dan istri langsung pergi ketemu kapolsek. Dalam pertemuan itu, kapolsek mengatakan apa pihak korban siap untuk mendatangakan Labfor?, Saya menjawab kalau memang itu biaya labfor dibiayakan ke saya mau tidak mau untuk mengungkapkan kasus ini ya silahakan," kata Idris.

Setelah tidak lama kemudian sambung Idris, kapolsek telepon bertepatan ada salah satu kantor polisi kebakaran di wilayah Sulawesu Utara (Sulut) akan lebih mudah mmendatangkan tim labfor ke rumah korban kebakaran di Buha. Tapi kendalanya tidak ada uang untuk mendatangkan tim labfor ini.

"Kalau bisa setor akan uang akan satu juta dulu kata kapolsek, saya langsung antar uang satu juta di polsek mapanget. Sesampai di Polsek ada dua anggota yang duduk disitu, jadi Kapolsek katakan saksikan ya sebagai anggota kapolsek menerima uang ini dari saya dan istri dan tidak pakai kwitansi karena keikhlasan untuk uang makan," kata Idris.

Usai dari pertemua tersebut, berselang satu hari kapolsek telepon lagi, ada tiga orang tim labfor yang datang kurang uang makan satu juta yang diberikan kemarin, harus tambah satu juta lagi.

"Dari situ saya langsung ke Polsek untuk memberikan uang sajuta lagi yang diminta kapolsek," kata Idris.

Setelah dari situ, dapat telepon dari oknum kanit reskrim polsek mapanget untuk membelikan tiket kepada tiga orang tim labfor. Tapi sebelum itu kapolsek sempat telepon minta uang tiga juta untuk tiket tim labfor.

"Saya langsung kasih tiga juta ke kapolsek di ruang kapolsek. Tapi saya di telepon lagi oleh kapolsek, kata kapolsek tiket pesawat sudah satu jutaan. Jadi minta tambah uang lagi dan disuruh kapolsek untuk serahkan ke kanit saja. Meskipun saya tidak ada uang, saya dan istri langsung berusaha. Saya dan istri langsung inisiatif belikan tiket pesawat saja kepada tiga orang tim labfor. Lalu bayar hotel dan disuruh lagi untuk membelikan ole-ole kepada tiga orang itu," kata Idris.

Idris juga mengungkapkan, ada juga pada bulan april 2022 akhir, uang sepuluh juta yang diminta oleh kapolsek mapanget Yusi untuk mendatangkan tim buser dari polresta.

"Saya berikan uang sepuluh juta diruangan kapolsek mapanget pada jam istirahat makan siang dan berselang pertengahan bulan mei 2022 kapolsek minta tambahan tiga juta lagi, ini terakhir kata kapolsek dan saya kasih lagi uang tiga juta. pada 17 juni 2022 saya dan istri dipanggil ke polsek, disitu ada dua anggota buser dan kata tim buser kasus pak Idris sudah expired, sudah tidak bisa tangkap itu terduga," kata Idris seraya menambahkan, mendengar perkataan tim buser, istrinya langsung menangis.

"Dengan semua yang sudah saya lewati, mengeluarkan uang puluhan juta ke kapolsek mapanget YK, sampai saat ini kasus saya ini tidak ada penyelesaian," kata Idris.

Menariknya, saking kesalnya Idris mengatakan bahwa saat dirinya sudah tidak lagi percaya pada polisi. "Percuma lapor Polisi,"ujarnya tegas

Perlu diketahui, terkait kasus korban Idris Takainginang yang rumah dibakar, Pelaksanaan sidang disiplin SIE Porpam Polres Minut, mantan kapolsek mapanget Yusi Kristiana digelar di Airmadidi pada Senin (06/02/2023). Menariknya menurut info dari Idris Takainginang dalam sidang putusan kemarin oknum Polisi YK hanya dikenakanan sanksi teguran dan disiplin.

Sementara itu Oknum Kapolsek YK saat dikkofirmasi mengenai pengakuan Idris Takainginang mengatakan apa yang dikatakan Idris Takainginang semuanya tidak benar.
"Tidak benar semua yang dikatakan Idtis Takainginang, perkaranya sudah ditangani di Polresta Manado,"ujar Yusi singkat lewat pesan Whatssapp messenger.
(*/Oby)

COMMENTS

Nama

.Demokrat Sulut,1,advetorial,382,AJI Manado,1,Aldrin Christian,2,AMIK Manado Makassar,1,amir liputo,3,Ardiles Mewoh,8,balai wilayah sungai 1 sulut,2,Banteng Muda Indonesia,2,Bantuan Benih Ikan,1,Bapas,5,Bapas Manado,29,Bawaslu,2,Bawaslu RI,1,Bawaslu Sulut,19,Baznas Boltim,1,Benny Mokoginta SP,1,berita,2,berita utama,3318,Berty Kapoyos,4,Billy Kaeng,1,Billy Lombok,6,bitung,975,BKMT,1,BKPSDM,1,bolmong,112,Bolmut,82,Bolsel,5,Boltim,15,BP2JK,1,BPJN,1,BPJN Sulut,2,BPJS Kesehatan,1,BPK RI,2,braien waworuntu,1,Brigjen TNI Wakyono,1,Budidaya Ikan Air Tawar,1,Bupati Sam Sachrul Mamonto,5,Camat Feine Sumual,1,Damkar Kota Manado,1,Danau Mooat,1,Dapur sehat lembaga pemasyarakatan lapas tondano di resmikan kakanwil kemenkumham sulut .minahasa,1,Demokrat Sulut,10,Desa Buyat,1,Desa Dodap,1,Devi Kumaat,1,Dinas Pertanian Boltim,1,Dispar Boltim,1,Disperik,1,DKPP,1,Donny Rumagit,1,DPM-PTSP,1,DPMD,1,DPMD Boltim,1,DPR RI,4,DPRD Kota Manado,1,DPRD Sulut,64,DPW PKB Sulut,1,dr FA Silangen,3,Dr Ferry Liando SIp,2,Dr Wempi Potale,1,Drs. Rusmin Mokoagow,1,ekonomi,388,Elly Lasut,4,Erupsi Gunung Ruang,1,Erwin Tandayu,2,Fabian Kaloh,3,felly estelita runtuwene,19,felly estita runtuwene,3,Ferry Liando,2,Firly Bahuri,1,Forward,1,Fraksi Partai Golkar,1,Fransiskus Talokon,1,ganjar pranowo,1,Gerdal Fenomena El-Nino,1,Hendro Kartiko,1,hendro satrio,2,Hendry Walukouw,5,Hotel Discovery Ancol Jakarta,1,hukrim,556,infrastruktur,221,Inggried J.N.N Sondakh,1,Irjen (Pol) Yudhiawan,1,jeane laluyan,1,jems tuuk,7,Jilly Philips Makarawung,1,Jimmy Rimba Rogi,1,JKN KIS,1,kaesang pangarep,3,Kanwil Kemenkumham Sulut,1,Kapolda Sulut,1,Karang Taruna Boltim,1,Kebakaran,1,Kemenkeu RI,1,Kemenkumham,3,Komisi 1,1,komisi 3,1,komisi III,1,Korem 131 Santiago,1,korupsi,1,Kotamobafu,1,Kotamobagu,110,kpid,1,KPID Sulut,1,KPK RI,3,kpu,1,KPU Kota Kotamobagu,1,KPU Manado,1,KPU Minsel,1,KPU RI,2,KPU Sulut,17,Liwas,1,Lomba Masamper,1,manado,1943,manafo,1,Maurits Mantiri,1,melky pangemanan,4,Meykin Modeog,1,Meykin Modeong,1,Mianahasa,6,minahasa,2510,Minahasa-,1,minsel,706,minut,746,mitra,941,MORR III,1,Motongkad,1,MSi,1,Muhammad Jabir,1,Munahasa,1,nasional,1283,Nawawi Pomolango,1,Niklas Silangen,2,nusa utara,385,olahraga,324,Orari Sulut,1,P3K Tenaga Teknis,1,Pansus Ranperda Kebudayaan,1,Panwas Manado,1,pariwisata,255,Partai Demokrat,1,Partai Golkar,1,Partai Nasdem,7,Partai Nasdem Sulut,3,pdi perjuangan,1,Pegadaian Liga 2,11,Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur 2024,1,Pemilihan Kepala Daerah,1,pemilihan Umum 2024,1,Pemilu 2024,3,Pemkab Boltim,1,Pemkot Manado,1,Pemprov,3,Pendidikan,1,Pengucapan Syukur,1,Penyerahan LHP,1,Peradilan Anak,1,pileg 2024,2,Pilgub Sulut,1,Pilkada 2024,1,Pilkada Minut,1,Pilkada Sitaro,1,Pilkada Sulut,3,Pilkada Sulut 2024,1,Pilwako Manado,1,PJ Bupati minahasa Dr.Jemmy Kumendong trimah kunker bupati Semarang Hj.Basri,1,Polda Sulut,4,politi,1,politik,1788,Polri,1,Poltik,1,Pondok Pesantren Tebuireng Ireng VII,1,prabowo,1,prabowo subianto,1,PSI Sulut,1,Pulau Bombuyanoi,1,Pusat Diving Center,1,Putusan MK,1,PWI Sulut,1,q,5,Rahmat Bagja,1,Ranomuut,1,rasky mokodompit,2,Reidy Sumual,1,Reklamasi pantai,1,Remaja GMIM,2,Remaja Teladan,2,Reses DPRD,2,Sam Sachrul Mamonto,4,Sandra Moniaga,1,Sandra Rondonuwu,1,Sekretariat DPRD Sulut,8,Seska Ervina Budiman S. Sos,1,Sosialisasi Izin Usaha,1,Steffen Linu,1,sulut,5760,Sulut United,15,sulutt,1,Survei Penilaian Integritas,1,surya paloh,1,THL,1,tomohon,369,toni supit,2,totabuan,437,UNAR SULUT,1,v,2,video,1,Viktor Mailangkay,1,Vocke Lontaan,1,WBK,2,William Billy Kaeng,3,yongkie limen,3,Yusra Alhabsy,1,
ltr
item
KabarOk.com - Kabar dikabarkan: Rumah Diduga Sengaja Dibakar, Laporan "Menggantung" Oknum Kapolsek Diduga Memeras Pelapor
Rumah Diduga Sengaja Dibakar, Laporan "Menggantung" Oknum Kapolsek Diduga Memeras Pelapor
Rumah Diduga Sengaja Dibakar, Laporan Menggantung, Oknum Kapolsek Diduga Memeras Pelapor
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgFiWcdOfVHqAfEv26EykbovhHZ2Cz-onv522eou1rYPI7-ay79ISE1tyg5LywlCZg-gLi_Fo1NMx_zK6ryq-NkPnR3jvFq9dhAcwzFl2K_ST0NreRWdLsX-8QZ4qtBkOcVyddHWck6YAxPYbmHUbiA9xlYyVcwiixM5d07c6guCPqCq6X_Yx-htDI6/s320/IMG-20230207-WA0041.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgFiWcdOfVHqAfEv26EykbovhHZ2Cz-onv522eou1rYPI7-ay79ISE1tyg5LywlCZg-gLi_Fo1NMx_zK6ryq-NkPnR3jvFq9dhAcwzFl2K_ST0NreRWdLsX-8QZ4qtBkOcVyddHWck6YAxPYbmHUbiA9xlYyVcwiixM5d07c6guCPqCq6X_Yx-htDI6/s72-c/IMG-20230207-WA0041.jpg
KabarOk.com - Kabar dikabarkan
https://www.kabarok.com/2023/02/rumahnya-diduga-sengaja-dibakar.html
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/2023/02/rumahnya-diduga-sengaja-dibakar.html
true
3875780352725475842
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU TAG ARCHIVE SEARCH SEMUA BERITA Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy