Dukung Skrining Riwayat Kesehatan, BPJS Terbitkan SEB bagi KPU dan Bawaslu

BPJS Kesehatan siap mendukung penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024, melalui optimalisasi layanan skrining riwayat kesehatan bagi seluruh petugas pemilihan umum tahun 2024 nanti.


Hal ini, ditandai dengan diterbitkannya Surat Edaran Bersama (SEB) antara Kementerian Dalam Negeri, Komisi Pemilihan Umum, Badan Pengawas Pemilihan Umum dan BPJS Kesehatan yang dikoordinir oleh Kantor Staf Presiden (KSP), di Kantor Staf Kepresidenan, Senin (21/11/2023) di Jakarta.


SEB ini terkait pelaksanaan skrining riwayat kesehatan dan optimalisasi kepesertaan aktif program Jaminan Kesehatan Nasional (Jamkesmas) bagi petugas penyelenggara Pemilu dan Pilkada Tahun 2024.


Dalam SEB tersebut Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan mengkoordinir seluruh pemerintah daerah dalam hal ini Gubernur dan Bupati/Wali kota untuk memastikan agar KPU dan BAWASLU Provinsi/kabupaten/kota di wilayahnya masing-masing mengarahkan seluruh petugas penyelenggara Pemilu mengikuti Skrining Riwayat Kesehatan dari BPJS Kesehatan.


Begitu pula dangan KPU dan BAWASLU akan memastikan seluruh subordinat dibawahnya untuk melakukan Skrining Riwayat Kesehatan. 


SEB ini ditantangani oleh Mendagri Tito Karnavian, Ketua Komisi Pemilihan Umum Hasyim Asyari, Ketua Badan Pengawas Pemilu Rahmat Bagja dan Direktur Utama 

BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti dan disaksikan oleh Kepala Staf Kepresidenan RI 

Moeldoko.


Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti menyampaikan, skrining riwayat 

Kesehatan merupakan salah satu manfaat promotif dan preventif bagi peserta Program 

Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Skrining Riwayat Kesehatan dilakukan untuk mengetahui potensi risiko penyakit kronis sedini mungkin sehingga dapat ditindaklanjuti segera oleh FKTP agar tidak menjadi sakit. 


”Tentu kami berharap apabila petugas pemilu sudah melakukan Skrining Riwayat Kesehatan, kita dapat melakukan pemantauan terhadap risiko kesehatannya apakah masuk dalam 

kategori berisiko atau tidak berisiko penyakit.Selain itu, juga dapat ditemukan informasi tentang status kepesertaan JKN apakah aktif, tidak aktif atau belum terdaftar,” kata Ghufron.


Lanjut dijelaskan Ghufron, jika hasil skrining petugas masuk dalam kategori tidak berisiko 

penyakit, maka bisa dipastikan petugas bisa melanjutkan aktivitas dan tanggung jawabnya di Pemilihan umum. Namun, bagi petugas yang memiliki hasil berisiko dan status kepesertaan JKN-nya aktif, maka dapat melakukan pemeriksaan kesehatan lebih lanjut di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.


"Dipastikan hasil pengisian skrining riwayat kesehatan tidak berpengaruh terhadap status petugas sebagai petugas penyelenggara Pemilu dan Pilkada tahun 2024. Untuk perlindungan jaminan kesehatan melalui JKN, jika terdapat petugas pemilu yang belum menjadi peserta JKN, maka pemerintah daerah wajib mendorong petugas mendaftarkan dirinya sebagai peserta JKN pada segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU)/mandiri atau sebagai Pekerja Penerima Upah (PPU) jika petugas tersebut merupakan pekerja," jelasnya.


Bagi petugas penyelenggara pemilu yang belum terdaftar sebagai peserta segmen manapun. Maka Pemerintah daerah memastikan pengalokasian anggaran, membayarkan bantuan iuran dan membayar iuran Jaminan Kesehatan bagi petugas penyelenggara pemilu, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.


" Petugas yang sudah terdaftar menjadi peserta JKN tetapi status kepesertaannya tidak aktif, maka pemerintah daerah wajib memastikan petugas melakukan reaktivasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," jelas Ghufron.


Ditambahkan Ghufron, petugas pemilu dapat mengisi seluruh pertanyaan Skrining Riwayat 

Kesehatan melalui tautan https://webskriningpetugaspenyelenggarapemilu.bpjs￾kesehatan.go.id/. Dan BPJS Kesehatan akan menyiapkan sistem informasi (aplikasi) untuk pengisian Skrining Riwayat kesehatan petugas Pemilu ini, akan disiapkan oleh BPJS Kesehatan. Sistem ini juga akan terintegrasi dengan sistem informasi milik KPU dan BAWASLU.


BPJS Kesehatan juga akan menyiapkan dashboard pemantauan pelaksanaan Skrining Riwayat Kesehatan Petugas Pemilu. Hak akses dashboard tersebut akan dimiliki oleh KPU Pusat, BAWASLU Pusat, Kementerian Dalam Negeri, KSP, dan BPJS Kesehatan.


”Hasil Skrining Riwayat Kesehatan dapat dipantau bersama dan akan memberikan feedback kepada petugas maupun panitia penyelenggara pemilu. Dengan demikian panitia akan lebih dapat mengantisipasi risiko kondisi kesehatan para petugas serta dapat memastikan telah terlindungi oleh Program JKN yang dikelola BPJS Kesehatan,” tambahnya.


Sampai dengan November 2023, jumlah penduduk yang telah mendapatkan perlindungan kepesertaan Program JKN telah mencapai 265 juta jiwa atau 95,76% dari total penduduk semester I Tahun 2023. Sementara itu, jumlah peserta JKN yang telah melakukan skrining riwayat kesehatan sudah mencapai 32.950.537 peserta. 


Dalam kesempatan tersebut Kepala Staf Kepresidenan RI Moeldoko mengungkapkan ini adalah tindakan preventif dari pemerintah agar seluruh petugas pemilu terdeteksi sejak awal apabila ada dalam kondisi yang kurang baik/berisiko sakit dan sudah siap dengan 

penanganannya.


”Negara telah hadir dalam proses pemilihan umum. Memikirkan sejak awal dan menjaga 

kesehatan dan keselamatan petugas pemilu. Jangan sampai kita mengulang kejadian di 

tahun sebelumnya. Dengan adanya Skrining Riwakat Kesehatan kami berharap apabila 

terjadi kondisi yang kurang baik dapat lebih diantisipasi,” kata Moeldoko.


Sementara itu Ketua BAWASLU, Rahmat Bagja, mengungkapkan apresiasinya terhadap upaya Pemerintah dalam hal ini KSP, BPJS Kesehatan, Kementerian Dalam Negeri, dan KPU. Ini merupakan wujud kehadiran Negara dalam upaya mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan khususnya yang menyangkut keselamatan para petugas pemilu.


”Ini juga menepis isu hoax terkait pemilu. Kita ketahui kerja petugas pemilu ini cukup berat, 

hampir lebih dari 24 jam. Kita bayangkan pada hari pemilihan ada berapa banyak petugas 

yang bekerja. Dengan adanya SEB ini merupakan wujud dari pemenuhan hak para petugas pemilu untuk memperoleh perlindungan kesehatan saat menjalankan tugas,” kata Rahmat.


Senada dengan BAWASLU, Inspektur Utama Komisi Pemilihan Umum, Nanang Priyatna, 

mengungkapkan dukungan KSP, Kementerian Dalam Negeri, BAWASLU dan BPJS 

Kesehatan atas kepedulian Negara untuk melindungi petugas pemilu yang akan bekerja keras dalam proses demokrasi lima tahunan ini. 


”Hasil evaluasi penyelenggaraan pemilu ini memang diharapkan adanya peningkatan skrining riwayat kesehatan, akses layanan kesehatan, dan jaminan perlindungan kesehatan. Dengan SEB ini diharapkan menjadi langkat nyata dalam menyukseskan proses pemilu khususnya perlindungan bagi petugas Pemilu,"kata Nanang.


Direktur Kawasan, Perkotaan dan Batas Negara Kementerian Dalam Negeri RI, Amran, 

mengungkapkan dukungan terhadap SEB ini.


" Kemendagri melalui pemerintah daerah 

akan memastikan pelaksanaan Skrining riwayat kesehatan agar dapat berjalan di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Kabupaten Minahasa dibawah naungan BPJS Kesehatan Cabang Tondano, dalam memastikan kepesertaan JKN bagi petugas pemilu dalam keadaan aktif," tandasnya.(mei)

COMMENTS

Nama

.Demokrat Sulut,1,advetorial,375,Aldrin Christian,2,Ardiles Mewoh,3,balai wilayah sungai 1 sulut,1,Banteng Muda Indonesia,2,Bantuan Benih Ikan,1,Bapas,5,Bapas Manado,6,Bawaslu,2,Bawaslu Sulut,9,Baznas Boltim,1,Benny Mokoginta SP,1,berita,1,berita utama,3263,Berty Kapoyos,2,Billy Kaeng,1,Billy Lombok,2,bitung,967,BKMT,1,BKPSDM,1,bolmong,73,Bolmut,45,Bolsel,5,Boltim,15,BP2JK,1,BPJN,1,BPJN Sulut,1,BPJS Kesehatan,1,braien waworuntu,1,Brigjen TNI Wakyono,1,Budidaya Ikan Air Tawar,1,Bupati Sam Sachrul Mamonto,5,Camat Feine Sumual,1,Damkar Kota Manado,1,Danau Mooat,1,Dapur sehat lembaga pemasyarakatan lapas tondano di resmikan kakanwil kemenkumham sulut .minahasa,1,Demokrat Sulut,6,Desa Buyat,1,Desa Dodap,1,Devi Kumaat,1,Dinas Pertanian Boltim,1,Dispar Boltim,1,Disperik,1,DKPP,1,Donny Rumagit,1,DPM-PTSP,1,DPMD,1,DPMD Boltim,1,DPR RI,1,DPRD Sulut,25,Drs. Rusmin Mokoagow,1,ekonomi,388,Erwin Tandayu,2,Fabian Kaloh,1,felly estelita runtuwene,15,felly estita runtuwene,3,Ferry Liando,2,Firly Bahuri,1,Forward,1,Fraksi Partai Golkar,1,ganjar pranowo,1,Gerdal Fenomena El-Nino,1,Hendro Kartiko,1,Hendry Walukouw,3,Hotel Discovery Ancol Jakarta,1,hukrim,556,infrastruktur,221,Inggried J.N.N Sondakh,1,Irjen (Pol) Yudhiawan,1,jeane laluyan,1,jems tuuk,3,JKN KIS,1,kaesang pangarep,2,Kapolda Sulut,1,Karang Taruna Boltim,1,Kebakaran,1,Kemenkeu RI,1,Kemenkumham,3,Komisi 1,1,komisi 3,1,komisi III,1,Korem 131 Santiago,1,korupsi,1,Kotamobagu,12,KPK RI,3,kpu,1,KPU Minsel,1,KPU RI,1,KPU Sulut,10,Liwas,1,manado,1898,melky pangemanan,2,Meykin Modeog,1,Meykin Modeong,1,Mianahasa,4,minahasa,2388,Minahasa-,1,minsel,693,minut,746,mitra,941,MORR III,1,Motongkad,1,Muhammad Jabir,1,Munahasa,1,nasional,1283,Nawawi Pomolango,1,nusa utara,384,olahraga,324,Orari Sulut,1,P3K Tenaga Teknis,1,Panwas Manado,1,pariwisata,255,Partai Golkar,1,Partai Nasdem,3,Partai Nasdem Sulut,3,pdi perjuangan,1,Pegadaian Liga 2,11,Pemilu 2024,1,Pemkab Boltim,1,Pemprov,3,Pengucapan Syukur,1,pileg 2024,1,PJ Bupati minahasa Dr.Jemmy Kumendong trimah kunker bupati Semarang Hj.Basri,1,Polda Sulut,4,politi,1,politik,1728,Polri,1,Pondok Pesantren Tebuireng Ireng VII,1,prabowo,1,prabowo subianto,1,Pulau Bombuyanoi,1,Pusat Diving Center,1,q,5,Ranomuut,1,rasky mokodompit,2,Reses DPRD,2,Sam Sachrul Mamonto,4,Sandra Moniaga,1,Sekretariat DPRD Sulut,1,Seska Ervina Budiman S. Sos,1,Sosialisasi Izin Usaha,1,sulut,5606,Sulut United,15,Survei Penilaian Integritas,1,surya paloh,1,tomohon,353,totabuan,437,UNAR SULUT,1,v,2,video,1,WBK,2,William Billy Kaeng,3,yongkie limen,1,
ltr
item
KabarOk.com - Kabar dikabarkan: Dukung Skrining Riwayat Kesehatan, BPJS Terbitkan SEB bagi KPU dan Bawaslu
Dukung Skrining Riwayat Kesehatan, BPJS Terbitkan SEB bagi KPU dan Bawaslu
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj164i4ykK0dXTjVl-3U8l_couLahAQIxWQlS__bbTCPKyp5MdNANda4ZFbR_hjuPj8DgTTARqH9RiutsdjXWZlnjZ5HGs8CGiPjjQxAn5mtT-j5u5xRaVtg-21iKXFvuNLeD16I4oG5lc_I0OozxM2cEk8IaAjWD-AitwS_lBOnFK7dshe1t2pC_nrI1M/s320/IMG-20231121-WA0006.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj164i4ykK0dXTjVl-3U8l_couLahAQIxWQlS__bbTCPKyp5MdNANda4ZFbR_hjuPj8DgTTARqH9RiutsdjXWZlnjZ5HGs8CGiPjjQxAn5mtT-j5u5xRaVtg-21iKXFvuNLeD16I4oG5lc_I0OozxM2cEk8IaAjWD-AitwS_lBOnFK7dshe1t2pC_nrI1M/s72-c/IMG-20231121-WA0006.jpg
KabarOk.com - Kabar dikabarkan
https://www.kabarok.com/2023/11/dukung-skrining-riwayat-kesehatan-bpjs.html
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/
https://www.kabarok.com/2023/11/dukung-skrining-riwayat-kesehatan-bpjs.html
true
3875780352725475842
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU TAG ARCHIVE SEARCH SEMUA BERITA Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy